Macam macam Roster

Post On: 23 May 2016
By:
January 28, 2018

Macam macam Roster ( Lubang Angin Sekaligus Ornamen Dinding )

Sirkulasi udara pada sebuah ruangan, sangatlah penting dalam menentukan tingkat kenyamanan sebuah ruangan. Selain pintu dan jendela, kita juga bisa membuat lubang angin atau roster pada dinding rumah kita. Keberadaan Roster atau lubang angin pada dinding, selain fungsi utamanya adalah untuk membuat sirkulasi udara yang baik pada sebuah ruangan, juga bisa difungsikan sebagai ornamen pada dinding bangunan.

Roster juga bisa digunakan untuk membuat secondary skin pada bangunan, semacam dinding di luar dinding utama, sehingga membuat rumah menjadi terhindar dari terpaan matahari secara langsung tanpa menghalangi cahaya yang masuk.

Satu – satunya apartemen low rest pertama bernuansakan Resort Bali

Info lengkap klik disni

 

Sekarang ini roster sudah memiliki berbagai jenis, dari mulai bentuk sampai materialnya. Sehingga kita memiliki banyak pilihan untuk membuat lubang angin yang sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah kita. Berbagai jenis roster tersebut tentunya memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda antara satu jenis roster dengan roster lainya. Berikut ini adalah macam macam roster.

Roster Kayu

Roster yang pertama terbuat dari kayu, kayu yang biasa digunakan adalah kayu jati atau beberapa jenis kayu keras lainnya. Kelebihan roster kayu adalah tampilannya yang natural memberikan alami pada dinding. biasanya dengan profil-profil pada sisi sisinya dengan beberapa kayu yang membentuk ornamen silang atau tegak lurus ditengahnya. Ada juga yang menggunakan ukiran-ukiran pada ornamennya. Kekurangan roster kayu selain harganya yang cenderung mahal adalah tidak tahan terhadap udara lembab dan rawan terhadap lapuk dan rayap.

roster kayu

Roster Keramik

Roster berikutnya adalah roster yang terbuat dari keramik. Karena bahan tersebutlah, roster ini memiliki tampilan yang mengkilap dan juga tersedia berbagai pilihan warna dan motif. Dari mulai motif-motif bunga sampai dengan motif garis yang minimalis, dari warna yang cerah sampai dengan yang gelap. Kelebihan lainnya dari roster ini adalah mudah dalam perawatan.

roster keramik

Roster Terakota

Roster terakota adalah roster yang berbahan dasar tanah liat yang dibakar. Dengan bahan dan proses pembuatannya tersebut, roster terakota memiliki tampilan warna yang menyerupai warna batu bata. Dengan tampilan tersebut, roster terakota sangat cocok jika dipadukan dengan dinding semen yang diekspos untuk memberikan kesan yang natural pada dinding.

roster terakota

Roster Beton (Semen)

Roster beton terbuat dari campuran semen dan pasir. Roster ini juga memiliki banyak motif tetapi lebih banyak tampil dengan motif yang minimalis. Tampilannya pun seperti beton dengan warna abu-abu muda. Roster beton sangat cocok untuk rumah dengan desain minimalis atau rumah dengan konsep ekspos material. Roster benton juga memberikan kesan kokoh pada bangunan.

roster beton

Roster Batu Alam

Roster ini dibuat dari batu alam yang dipotong dan dibelah, kemudian untuk membentuk ornamennya adalah dengan dipahat. Batu alam yang digunakan untuk material roster mulai dari granit sampai marmer. Kelebihan roster ini adalah memberikan kesan mewah pada hunian. Hal itu selaras dengan kekurangannya yaitu harganya yang mahal.

roster batu alam

Roster Metal

Ada juga roster yang berbahan dasar metal, mulai dari besi, stainless steel, aluminium, kuningan, dll. Biasanya roster jenis ini tampil dengan desain yang minimalis dan modern. Namun untuk metal jenis kuningan biasanya tampil dengan desain klasik yang banyak motif ukiran.

roster metal

Roster GRC

Roster GRC terbuat dari bahan komposit glassfibre reinforce cement. Roster GRC biasanya memiliki motif yang sangat beragam dari mulai minimalis sampai dengan motif-motif yang rumit seperti kaligrafi. Roster GRC bisa diterapkan untuk hunian dengan desain minimalis ataupun klasik yang elegan. Keunggulan dari Roster GRC adalah bobotnya yang ringan.

roster grc

Itulah beberapa jenis roster yang bisa kita gunakan untuk membuat ventilasi udara sekaligus ornamen pada dinding rumah kita. kita juga bisa menggunakannya untuk membuat secondary skin atau screen pada fasade rumah kita.

Baca juga :
untung rugi memakai wallpaper dinding
Lantai keramik untuk kamar mandi

Tags: , , , , , ,

Related to Macam macam Roster