Macam Macam Cladding

Post On: 15 May 2016
By:
January 5, 2020

Macam Macam Cladding

Bagi kita yang sering berhubungan dengan dunia konstruksi, pasti kita sering mendengar istilah cladding. Namun bagi masyarakat umum, mungkin cladding masih merupakan sesuatu hal yang asing. Cladding adalah lapisan tambahan terluar dari sebuah bangunan, yang diaplikasikan untuk melindungi  sebuah bangunan, terutama dinding. Fungsi clading antara lain adalah melindungi bangunan dari terpaan langsung panas, hujan, angin dan juga untuk meredam kebisingan. Selain itu, cladding juga bisa difungsikan untuk membuat tampilan atau penentu estetika bentuk sebuah bangunan. Pada penggunaannya, cladding sering diterapkan untuk gedung, ruko, atau rukan. Namun rumah-rumah dengan gaya modern juga banyak menggunakan cladding untuk dijadikan finishing akhir dan tampilannya. Cladding sendiri ada bermacam-macam. Pada artikel kali ini kita akan membahas Macam Macam Cladding dengan mengelompokan berdasarkan materialnya. Berikut adalah macam-macam cladding.

Satu satunya apartemen low rise di jakarta selatan dengan fasilitas mini golf di atasnya

Info lengkap klik disni

EIFS (Exterior Insulation And Finish System)

EIFS adalah sistem cladding yang berbahan dasar plastik dan dilapisi dengan lapisan material sintetis. Selain itu EIFS juga memiliki lapisan insulasi berupa busa dan berfinish coating. Keunggulan EIFS adalah memiliki lapisan insulasi dan bobotnya ringan. Pertama kali digunakan di amerika utara, EIFS merupakan cladding yang paling populer dan sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan umum non residensial seperti, kantor, sekolah, rumah sakit, dan gedung-gedung komersial.

eifs

GRC Cladding

Terbuat dari panel GRC (Glassfibre Reinforced Cement). Cladding ini memiliki kelebihan mudah dibentuk sesuai keinginan sehingga lebih fleksibel dalam hal tampilan terutama tampilan ornamen. Sangat cocok untuk bangunan yang memerlukan ornamen, walapun tetap cocok diaplikasikan untuk hunian dengan konsep minimalis. GRC juga memiliki bobot yang ringan. Selain itu GRC cladding juga rendah perawatan. Sedikit kekurangan GRC Cladding adalah kemampuannya untuk menjaga kestabilan suhu ruangan kurang.

grc cladding

Metal Cladding

Metal Cladding adalah sistem pelapisan bangunan dengan menggunakan bahan-bahan dari metal, antara lain, aluminium composite panel dan corrugated steel. Metal Cladding pada umumnya diterapkan pada gedung dan bangunan-bangunan komersial, tetapi bukan berarti tidak memungkinkan untuk digunakan untuk bangunan tempat tinggal. Jika kita menginginkan tampilan yang modern, minimalist dan terkesan futuristik, kita bisa mengaplikasikan metal cladding pada hunian kita. Keunggulan metal cladding adalah tampilan yang modern dan mudah dalam perawatan. Disamping itu tahan terhadap cuaca, korosi, dan tidak mudah lapuk atau berkarat.

metal cladding

Stone Veneer

Cladding ini terbuat dari batuan alam yang diiris tipis. Pengaplikasiannya bisa dengan menyusun beberapa batuan atau clay pada dinding, struktur atau penyangga bangunan. Keunggulan dari cladding jenis ini adalah memberikan tampilan yang natural, serta mampu menjaga suhu ruangan lebih stabil. Disamping itu stone veneer juga mudah dalam perawatan karana tidak mempunyai resiko lapuk atau korosi. Kekuragan dari stone veneer adalah harganya cenderung mahal.

stone veneer

Vinyl Cladding

Cladding ini terbuat dari panel-panel berbahan dasar Polyvinyl Carbonat (PVC). Memiliki keunggulan antara lain harga yang relatif terjangakau, mudah dipotong sesuai dengan kebutuhan, sehingga memudahkan pemasangan. Vinyl Cladding juga memiliki beragam pilihan tekstur dan warna. Namun Vinyl Cladding memiliki kekurangan yaitu bahan dasarnya yang dari PVC tersebut memiliki kandungan racun yang dapat menyebar melalui udara, sehingga membayakan kesehatan. Walaupun sekarang Vinyl Cladding telah berkembang dan mengalami perubahan formulasi untuk meningkatakan kualitas, resistensi dampak, dan berbagai aspek lain seperti kemudahan penggunaan dan makin beragam pilihan warna dan tekstur.

vinyl cladding

Wood Cladding

Sesuai dengan namanya cladding ini terbuat dari kayu. Kayu yang sering digunakan untuk material wood cladding antara lain adalah, pinus, cedar, oak dan beragam kayu keras lainnya. Keunggulan dari wood cladding adalah tampilan yang natural dan cocok untuk bangunan dengan gaya kontomporer. Disamping itu juga bisa membuat suhu ruangan dalam sebuah bangunan lebih stabil. Sementara kekurangan dari Wood Cladding adalah, karena bahan dasarnya yang dari kayu, tentunya memiliki resiko lapuk dan rentan terhadap serangan serangga, oleh sebab itu perlu perawatan yang intensif, Selain itu juga cenderung memiliki harga yang mahal.

wood cladding

Demikian macam macam cladding yang dapat anda aplikasikan pada dinding rumah,kantor,ruko dan bangunan2 lainnya, semoga informasi ini bermanfaat

dijual gudang di tangerang

gudang bersih siap huni kondisi terawat klik here

Baca juga :
Rumah di depan Mall
rumah murah bebas bi checking
rumah 300jutaan di tangerang

Tags: , , , , , ,

Related to Macam Macam Cladding