Jenis Material Lantai Carport

Post On: 1 June 2016
By:
January 31, 2018

Jenis Material Lantai Carport

Sekarang keberadaan carport merupakan suatu hal yang penting pada hunian kita. Jika kita merencanakan memiliki carport, satu hal yang perlu diperhatikan adalah lantai carport tersebut. Kebanyakan carport pada rumah adalah outdoor, jadi pemilihan material lantai yang tahan terhadap cuaca adalah penting. Carport yang fungsinya adalah untuk tempat parkir mobil pastinya juga akan menahan beban berat di atasnya.

Carport juga tidak boleh licin,sehingga tidak mengganggu daya cengkeram ban kendaraan. Selain itu carport biasanya berada pada halaman depan, artinya carport akan menjadi tampilan rumah kita, pemilihan material dan desain yang tepat tentunya akan memperindah hunian kita. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas beragam jenis material lantai carport yang bisa kita terapkan untuk lantai carport kita, berikut adalah ragam jenisya.

condotel amarsvati di lombok

investasi dan berlibur di lombok..disinilah tempatnya the next bali…klik here

Lombok akan menjadi the next bali

Plesteran Semen

Lantai carport yang pertama adalah lantai plesteran semen. Sama dengan plesteran-plesteran lain terbuat dari campuran pasir dan semen, namun tidak membutuhkan acian agar lantai tidak licin. Permukaan lantai semua diplester, atau bisa juga membuat bagian-bagian dan pola-pola tertentu, biasanya untuk semua permukaan yang diplester, kemudian dibuat garis-garis yang membentuk pola pada lantai.

carport plesteran semen

Semen Cetak

Lantai semen yang dicetak secara lansung pada lokasi atau dibuat terlebih dulu diluar lokasi bisa menjadi pilihan. Berbahan dasar campuran semen dan pasir, bisa dicetak dalam bentuk lempengan dengan ketebalan 3 – 5cm, dengan ukuran panjang dan lebar yang bisa kita sesuaikan dengan tampilan yang kita inginkan.

semen cetak

Beton Cetak (Paving/Grass Block)

Beton cetak yang pertama biasanya berbentuk segi enam, persegi panjang dan kotak, namun juga banyak dengan beberapa bentuk lainnya, yang disebut paving block. Beton cetak yang kedua berbentuk hampir sama, namun yang membedakan adalah, ada lubang pada tengah beton cetak. Beton cetak ini disebut grass block, karena pada tengah beton cetak bisa diisi tanah dan ditanami rumput, sehingga membuat carport terlihat lebih segar.

grass block

Koral Sikat

Lantai carport yang berikutnya adalah koral sikat, lantai ini sama dengan semen cetak namun dengan tambahan lapisan batu koral pada permukaannya. Batu koral tersebut membuat lantai tidak licin sekaligus memberi dekorasi yang membuat lantai carport ini lebih indah. Disebut koral sikat karena pada pembuatannya, permukaan semen cetak yang ditaburi baru koral, dan ketika setengah kering, permukaan koral disikat dengan sikat baja.

koral sikat

Batu Alam

Pemakaian batu alam ini tentunya adalah batu alam yang tidak memiliki tekstur licin, biasanya yang digunakan adalah batuan andesit atau batu kali lempengan. Jenis lantai ini memberi tampilan yang natural, serta permukaan tekstur batu alam, membuat permukaan lantai carport tidak menjadi licin.

carport batu alam

Ubin / Keramik

Pemakaian jenis tegel ini juga bisa dijadikan pilihan, tentunya hindari pemakaian permukaan keramik yang halus, karena akan membuat lantai menjadi licin dan tidak nyaman untuk roda kendaraan. Pilihlah keramik dengan tekstur yang kasar atau berpola, agar bisa memberikan daya cengkeram pada roda kendaraan.

carport keramik

 

apartemen mewah di jakarta selatan

beli apartemen dapat mercedes banz?? klik aja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga :
Memasang keramik yang benar
mengapa lantai keramik terangkat

Tags: , , , , , ,

Related to Jenis Material Lantai Carport