Waduk Riam Kanan Tempat Romantis di Kalimantan

Post On: 20 February 2016
By:
January 5, 2020

Waduk Riam Kanan Tempat Romantis di Daerah Kalimantan Selatan

Waduk Riam Kanan merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia yang dibangun sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Lokasinya berada di Desa Aranio Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk menuju lokasi cukup mudah. Dari kota Banjarmasin bisa langsung menuju ke lokasi yang berjarak 30 km dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit. Selama melakukan perjalanan Anda akan menyaksikan pemandangan yang indah berupa hamparan persawahan yang subur, deretan perbukitan yang menghijau dan perkampungan penduduk lokal dengan bangunan tradisionalnya.

waduk riam kanan

     Sebelum tiba di Waduk Riam Kanan Anda akan tiba di sebuah bukit. Dari atas ketinggian bukit ini Anda bisa menyaksikan keindahan waduk dengan airnya yang hijau jernih. Nah, untuk masuk ke lokasi waduk Anda akan dikenai tarif sebesar 5000 rupiah saja. Tarif yang sangat murah jika dibandingkan dengan apa yang akan Anda dapatkan nanti. Waduk Riam Kanan bukan sekedar waduk, di tengahnya terdapat dua pulau nan indah yaitu Pulau Pinus. Karena berada di lokasi waduk maka masyarakat Kalimantan menyebutnya Pulau Pinus Waduk Riam Kanan. Seperti namanya di pulau-pulau tersebut memang banyak tumbuh pohon-pohon pinus, atau lebih tepatnya pulau tersebut merupakan hutan pinus.

mau tinggal di jakarta seperti suana resort bali?? :

     Pulau tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup favorit. Biasanya para wisatawan hanya berhenti di waduk saja, namun kini pulau tersebut sering dikunjungi oleh wisatawan yang rindu akan suasana alam yang masih asri. Apabila Anda ingin menuju ke Pulau Pinus, Anda bisa menumpang perahu klotok dengan biaya sewa sekitar 100 ribu rupiah. Perahu klotok juga bisa membawa Anda mengelilingi waduk sebelum menuju Pulau Pinus.

     Menyusuri waduk menuju Pulau Pinus merupakan sebuah perjalanan seru yang mengasyikkan. Menggunakan kapal tradisional di tengah suasana alam yang indah di sekitar waduk berpadu dengan panorama langit yang biru, dan dari kejauhan terlihat pula beberapa rumah terapung dengan latar belakang deretan pegunungan Meratus. Sungguh suasana yang indah tiada tara. Selain indah, waduk ini juga merupakan tempat wisata romantis di daerah Kalimantan Selatan.

Tempat Romantis di Kalimantan Selatan

     Dan saat tiba di lokasi, kebahagiaan semakin membuncah saat melihat suasana hutan pinus yang begitu indah dan alami, dimana pohon-pohon pinus begitu tinggi menjulang dan tampak sangat rimbun. Dan saat siang hari suasana terlihat gelap seperti malam hari karena sinar matahari tidak bisa menembus rapatnya pepohonan. Maka di sini juga terdengar suara serangga malam dan burung malam. Namun hal itu justru menghadirkan nuansa romantisme.

     Badan pun merasa lelah dan perut merasa keroncongan setelah seharian berkeliling. Jangan khawatir, Anda bisa beristirahat sambil mengisi perut. Ada beberapa warung makan yang terdapat di sini. Kuliner kawasan ini berupa ikan puyau yang diolah dengan cara dibakar atau digoreng. Perjalanan ini belum usai. Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju perkampungan di seberang Pulau Pinus melalui jembatan kayu yang panjang.

APARTEMEN B RESIDENCE

Apartemen yang dikelilingi berbagai fasilitas umum…

Dari atas jembatan, lagi-lagi mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang cantik yaitu deretan bukit yang hijau berpadu dengan jernihnya air waduk dan birunya langit. Dan saat tiba di perkampungan Anda bisa menyaksikan rumah-rumah asli Kalimantan Selatan dan berbagai budaya lokalnya. Mari berkunjung ke Waduk Riam Kanan!

Tags: , , , ,

Related to Waduk Riam Kanan Tempat Romantis di Kalimantan