Tempat Wisata Terindah di Jawa Timur

Post On: 11 February 2016
By:
January 5, 2020

Gunung Bromo Tempat Wisata Terindah di Jawa Timur

Meskipun tidak segagah dan setinggi gunung-gunung lain di Jawa Timur seperti Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, atau pun Gunung Anjasmoro, namun gunung yang ditinggali oleh masyarakat Suku Tengger ini memiliki daya tarik yang bisa memikat hati para pengunjung. Maka wajarlah jika kawasan ini termasuk salah satu tempat wisata terindah di Jawa Timur. Gunung Bromo termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) dan masyarakat Suku Tengger yang hidup di kawasan tersebut merupakan keturunan kerajaan Majapahit sehingga masih memegang ajaran agama Hindu dan memegang tradisi yang kental.

     Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Gunung berapi yang masih aktif ini berada berada di perbatasan antara 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2392 m dpl ini memang menyimpan sejuta pesona keindahan. Selain itu didukung dengan adanya beberapa spot wisata lain di sekitarnya maka tak mengherankan jika pada saat hari libur terlihat banyak wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut.

tempat wisata terindah di jawa timur

Kalau Anda ingin berkunjung ke Gunung Bromo, akan banyak alternatif jalan yang akan ditempuh tergantung dari mana Anda memulai perjalanan. Seandainya Anda berada di Lumajang, Anda bisa langsung menuju ke arah Kecamatan Senduro, lalu menuju Desa Ranu Pane. Dari sini Anda harus melalui bukit hingga tiba di kawasan Jemplang, dan akhirnya tiba di kawasan wisata Bromo. Jika Anda start dari kota Malang, silakan melanjutkan perjalanan ke arah Kecamatan Tumpang, lalu diteruskan ke Desa Bulak Klakah. Selanjutnya Anda akan tiba di kawasan Jemplang. Dari sini Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kawasan wisata Bromo melalui padang savana.

Daya tarik utama di kawasan Bromo adalah menikmati panorama matahari terbit (sunrise), dan itu bisa Anda saksikan di Puncak Penanjakan. Terdapat pula beberapa lokasi untuk melihat keindahan alam yang disebut view point, yaitu Pananjakan 1, Bukit Cinta, Sruni Point, Bukit KingKong dan Puncak B 29. Dari titik-titik lokasi tersebut Anda bisa menyaksikan hamparan pasir nan luas (pasir berbisik) dan padang savana yang hijau ( bukit teletubbies).

kawasan Gunung Bromo

     Selain menikmati panorama alam di tengah hawa sejuk, Anda bisa melakukan aktivitas berkuda di padang savana.
Selain keindahan alam, Anda juga bisa menyaksikan kawah Gunung Bromo yang yang sangat elok dan eksotis. Akan tampak pula pemandangan Pegunungan Tengger dan Gunung Batok yang berada di samping kawah Bromo dengan garis – garis terjal yang terlihat nyata. Keindahan juga tampak saat matahari mulai tenggelam di mana lautan pasir akan berubah warna menjadi jingga akibat pantulan sinar matahari. Benar-benar nuansa indah yang tiada duanya dan akan menjadi pengalaman wisata yang takkan terlupakan. tidak salah jika gunung bromo merupakan tempat wisata terindah di jawa timur

Baca juga :

rumah 300jutaan free ac tiap kamar tidur
rumah rumah murah ga pake ribet prosesnya
rumah di modernland tangerang

Tags: , , , ,

Related to Tempat Wisata Terindah di Jawa Timur