Pulau Beras Basah Tempat Romantis di Daerah Kalimantan Timur

Post On: 21 February 2016
By:
January 11, 2020

Pulau Beras Basah Tempat Romantis di Daerah Kalimantan Timur

     Pulau Beras Basah merupakan salah satu kawasan wisata yang terdapat di Provinsi Kalimantan Timur. Pulau nan elok tersebut berada di Selat Makasar dan secara administratif termasuk dalam wilayah kota Bontang. Pulau ini kini menjadi destinasi favorit bagi pengunjung dan para penyelam.

Pulau Beras Basah
Asal nama Beras Basah menurut masyarakat setempat berasal dari cerita rakyat Kalimantan Timur. Konon berlayarlah sebuah kapal milik Kesultanan Kutai Kertanegara di Selat Makasar. Kapal tersebut membawa bahan makanan dan salah satunya adalah beras. Tiba-tiba terjadilah badai lalu kapal tersebut karam. Namun karena perairan di kawasan tersebut dangkal maka muatan kapal berupa beras tidak tenggelam seluruhnya melainkan muncul sebagian seperti gunung kecil. Gundukan beras tersebut akhirnya menjadi pulau yang berpasir putih menyerupai beras yang selalu basah oleh air laut.

Mau liburan gratis dibali?? bisa dengan

     Apabila ingin mengunjungi pulau tersebut sebaiknya datang bersama pasangan atau beberapa teman. Jika Anda membawa kendaraan pribadi bisa langsung menuju kota Bontang. Dari kota ini silakan melanjutkan perjalanan menuju ke dermaga. Anda bisa memulai perjalanan dari dermaga mana pun namun akses tercepat adalah dari dermaga Badak NGL. Anda bisa menyewa speed-boat dengan waktu perjalanan sekitar 15-20 menit. Jika Anda memulai perjalanan dari dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut menggunakan kapal kecil bermesin, maka perjalanan akan memakan waktu kurang lebih satu jam.

apartemen di kerawang

Next CBD kerawang….klik

Lama berada di perjalanan memang melelahkan namun rasa lelah tersebut tidak akan terasa karena di sepanjang perjalanan Anda akan menikmati pemandangan laut yang menghampar biru berpadu dengan birunya langit dengan hiasan awan yang bergumpal-gumpal. Saat kapal telah mendekati lokasi tujuan Anda akan disambut oleh sebuah mercusuar yang berdiri kokoh dan tinggi menjulang.
Tak lama kemudian kapal pun tiba di lokasi tujuan Anda. Pulau ini terbilang masih sepi pengunjung jadi Anda bisa bermain sepuasnya tanpa terganggu. Bagi Anda yang menghendaki privacy, di sinilah tempat yang cocok untuk Anda menenangkan diri sambil menikmati pemandangan pantai yang indah dan alami dengan hamparan pasir putihnya. Riak-riak gelombang kecil pun mulai menerpa kaki seakan mengajak Anda bermain. Sungguh sebuah tempat wisata romantis di daerah Kalimantan Timur.

Tempat wisata Romantis di Kalimantan Timur
Di sini Anda bisa bermain pasir, bersantai, berjemur, dan berenang. Anda juga bisa menyelam dan bersnorkeling untuk melihat panorama bawah laut Pulau Beras Basah dengan terumbu karangnya yang indah diantara beraneka jenis ikan dan biota lautnya. Benar-benar menyenangkan!
Saat petang datang menjelang saatnya untuk beristirahat. Di sini tidak terdapat tempat penginapan atau pun cottage, jadi Anda harus segera meninggalkan lokasi ini sebelum malam. Namun jika ingin merasakan nuansa malam di lokasi ini Anda bisa mendirikan tenda. Untuk itu Anda harus membawa perlengkapan dan perbekalan yang cukup dari rumah. Anda juga bisa membuat api unggun agar suasana semakin syahdu. Nah, berkunjunglah ke Pulau Beras Basah dan temukan nuansa romantisme di tengah-tengah alam yang masih asri.

Tags: , , ,

Related to Pulau Beras Basah Tempat Romantis di Daerah Kalimantan Timur