Perkebunan Teh Pengalengan Tempat Wisata Terindah di Daerah Jawa Barat

Post On: 13 February 2016
By:
October 20, 2017

Perkebunan Teh Pengalengan Tempat Wisata Terindah di Daerah Jawa Barat

     Berbicara mengenai destinasi wisata, perkebunan teh pengalengan tempat wisata terindah di daerah Jawa Barat tentu saja kota Bandung. Kota berhawa sejuk ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit karena di sana terdapat banyak pilihan lokasi yang memikat. Saat masa liburan tiba, seperti saat liburan sekolah atau libur hari raya bisa dipastikan para wisatawan domestik maupun manca negara akan tumpah ruah di kota kembang ini. Sebenarnya apa sih yang menarik di kota Bandung? Tentunya karena banyak tempat wisata alam yang indah, ditunjang dengan hawanya yang sejuk begitu kontras dengan suasana kota besar lainnya yang umumnya panas.

akhyana village

Villatel dibali AKHYANA, lokasi terbaik untuk investasi di jimbaran bali

Salah satu tempat terindah yang perlu Anda kunjungi adalah Perkebunan Teh Pengalengan. Jika Anda ke Bandung akan rugi rasanya jika tidak singgah ke kawasan tersebut. Pengalengan adalah sebuah kota kecil di ujung selatan kota Bandung, kra-kira berjarak 40 km. Untuk menuju lokasi, Anda bisa start dari kota Bandung mengendari kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Apabila Anda ingin naik kendaraan umum bisa naik dari terminal Leuwi Panjang. Perjalanan menuju Pengalengan akan memakan waktu kira-kira 1,5 jam.

Selama perjalanan menuju Pengalengan akan melalui Dayeuhkolot, Bale Endah, Banjaran, selanjutnya baru tiba di tujuan. Perjalanan akan sangat mengasyikan; dengan rute jalan yang berkelok-kelok dan suguhan pemandangan yang luar biasa eloknya. Di kiri kanan jalan terlihat hamparan persawahan nan hijau serta perbukitan yang masih asri. Jika Anda penggemar fotografi akan banyak momen indah yang perlu diabadikan untuk kenang-kenangan.
Kini saatnya Anda tiba di kawasan Perkebunan Teh Pengalengan. Di lokasi ini terdapat beberapa perkebunan, antara lain Kebun Teh Kertamanah dan Kebun Teh Malabar. Tujuan pertama adalah ke Kebun Teh Kertamanah. Dari Pasar Pengalengan, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju arah perkebunan. Saat tiba di pertigaan jalan, Anda mengambil jalur kiri menuju pintu gerbang. Nah, sampailah di area Kebun Teh Kertamanah. Sejauh mata memandang yang tampak hanyalah hijaunya tanaman teh. Hm, sungguh merupakan pemandangan yang menyejukkan mata. Untuk menyusuri perkebunan ini Anda bisa berjalan kaki, dan boleh juga jika ingin mengendarai motor atau mobil. Di perkebunan ini Anda juga bisa menyaksikan kepulan asap yang membumbung tinggi. Asap tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Geothermal.

perkebunan teh pengalengan
Perjalanan dilanjutkan ke Kebun Teh Malabar yang lokasinya tidak jauh dari Kebun Teh Kertamanah. Pemandangan di perkebunan teh ini juga sangat indah, tak jauh beda dengan Kebun Teh Kertamanah. Hanya saja di sini terdapat bangunan bersejarah, yaitu pabrik teh kuno. Konon selain merupakan pabrik teh zaman kolonial Belanda, tempat tersebut juga merupakan rumah bagi dua ilmuan Belanda, yaitu Boscha dan Junghun. Dan saat meninggal, keduanya juga dimakamkan di area ini.

Puas menikmati pemandangan di perkebunan teh, Anda bisa menuju Situ Cileunca yang lokasinya juga berada tak jauh dari perkebunan. Situ Cileunca merupakan danau kecil yang indah. Airnya biru jernih dan dihiasi kabut tipis yang turun perlahan. Di sini Anda bisa naik perahu untuk berkeliling sambil menikmati keindahan alam sekitar, berupa perbukitan serta dua gunung terkenal di Bandung yaitu Gunung Malabar dan Gunung Wayang.
Saat perut terasa keroncongan, Anda bisa menikmati lezatnya ikan bakar di warung-warung yang terdapat pinggir danau. Ketika hendak pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pengalengan berupa aneka olahan susu (roti susu, dodol susu, dan kerupuk susu) serta sayur-mayur nan segar. Nah, selamat berwisata ke Pengalengan!

 

Baca juga :
investasi terbaik di lombok

Tags: , , , , , ,

Related to Perkebunan Teh Pengalengan Tempat Wisata Terindah di Daerah Jawa Barat