Macam macam Tangga

Post On: 21 May 2016
By:
January 28, 2018

Macam macam Tangga

Pada  artikel ini kita akan membahas macam macam tangga berdasarkan bentuk dasarnya. Beberapa bentuk bisa kita aplikasikan untuk berbagai macam kebutuhan rumah, sesuai dengan kondisi yang ada, dengan tampilan design yang kita inginkan.

Bagi kita yang memiliki rumah dengan beberapa lantai, keberadaan sebuah tangga pastilah sangat penting. Tanpa tangga sulit dibayangkan betapa sulitnya sirkulasi antara ruang yang tersusun vertikal tersebut. Karena memang fungsi utama sebuah tangga adalah sebagai penghubung sebuah ruang dengan ruangan lainnya yang tersusun secara vertikal.

lokasi pariwisata yang akan seperti bali (The next bali)

Info lengkap klik disni

Selain fungsi utamanya tersebut, tidak jarang tangga juga difungsikan sebagai unsur estetis dalam sebuah design bangunan. Karena itu beragam bentuk design tangga muncul. Faktor lain yang membuat tangga memiliki banyak model dan bentuk adalah faktor ketersediaan/luasan tempat untuk penempatan sebuah tangga.

Berikut adalah macam macam tangga tersebut.

Tangga Model I ( tangga berbentuk Lurus )

Tangga dengan model I adalah tangga berbentuk Lurus dari bawah ke atas. Tangga ini juga biasa disebut dengan wall stair atau artinya hanya mengikuti/menempel pada satu dinding. Dengan bentuknya yang lurus memanjang, tangga ini membutuhkan space ruang yang lebih panjang, cocok untuk rumah yang luas, memajang. Walaupun tangga ini membutuhkan luas ruangan yang panjang, namun juga bisa menyediakan sisa ruang yang lumayan luas pada bagian bawah tangga. Sisa ruang ini bisa kita fungsikan untuk berbagai kebutuhan, misalnya: penempatan lemari, gudang untuk menempatkan barang, kamar mandi, dsb.

tannga berbentuk lurus

Tangga Model L ( tangga Berbelok Arah )

Dinamakan tangga model L karena memang bentuk atau arahnya membentuk huruf L. Setelah ketinggian tangga mencapai tinggi tertentu (biasanya setengah dari ketinggian total tangga), terdapat bordes (area transisi), kemudian tangga berlanjut pada arah yang berbeda. Tangga model L ini sering diterapkan pada sudut-sudut ruangan untuk mensiasati luas ruangan. Walaupun tidak seluas Tangga Model I, namun sisa ruang pada bawah tangga masih bisa difungsikan untuk berbadai macam kebutuhan ruang.

tangga berbelok arah

Tangga Model U ( Tangga Berbalik Arah )

Tangga Model U ini seperti penggabungan dua tangga lurus yang disusun berjajar namun saling berseberangan arah, yang dihubungkan dengan sebuah bordes. Ketika kita melewati tangga model ini maka kita akan membentuk huruf U, oleh karena itu dinamakan model U. Tangga model ini membutuhkan space ruang tersendiri namun tidak terlalu luas, sehingga cocok untuk hunian-hunian modern. Sisa ruang dibawah tangga juga lebih luas, karena mengakomodasi dua lebar tangga. Sehingga sisa ruang tersebut bisa digunakan untuk ruangan yang lebih luas, seperti kamar mandi dan gudang.

tangga berbalik arah

Tangga Model Y atau T ( Tangga Bercabang )

Tangga ini, setelah ketinggian tertentu (separuh tinggi ruang) terdapat sebuah bordes yang terhubung dengan dua tangga selanjutnya, sehingga terkesan tangga memiliki cabang. Biasanya tangga yang bawah memiliki lebar yang lebih luas dari 2 tangga berikutnya dan posisinya berada tepat pada tengah ruangan. Tangga bercabang ini juga sering difungsikan sebagai center of view untuk memberikan kesan mewah pada sebuah hunian. Tangga bercabang membutuhkan area yang luas, sehingga sangat cocok untuk rumah-rumah dengan ukuran yang besar, dengan desain yang mewah dan elegan.

tangga bercabang

Tangga Model Spiral ( Tangga Melingkar )

Tangga Model Spiral adalah tangga yang setiap anak tangganya bertumpu pada sebuah tiang penyangga sehingga membentuk lingkaran atau spiral dari bawah ke atas. Tangga ini tergolong yang paling hemat area, karena bisa diterapkan pada area dengan luas 1,5m persegi, sehingga sangat cocok untuk rumah-rumah dengan luas lahan yang terbatas. Walaupun pada awalnya tangga ini lebih sering disembunyikan lokasinya, tetapi dengan perkembangan desainnya, sekarang banyak tangga spiral difungsikan sebagai penambah estetika sebuah desain hunian.

tangga melingkar

Tangga Model Arch ( Tangga Melengkung )

Tangga ini berbentuk melengkung dari lantai bawah sampai ke lantai atasnya. Dengan bentuk yang melengkung tersebut, tangga Model Arch ini memiliki nilai artistik yang tinggi sehingga sering diterapkan pada hunian-hunian yang menonjolkan keindahan desain. Tangga Model Arch membutuhkan area yang luas, sehingga cocok untuk rumah dengan luas lahan yang cukup besar. Karena memang bentuk tangga untuk menampilkan sisi estetika, maka pada area bawah tangga sering dibiarkan terbuka untuk mengekspos tampilan tangga.

tangga melengkung

Dengan mengetahui macam macam tangga baik dari bentuk ataupun tampilannya kita dapat menyesuaikan dan mengaplikasikannya sesuai dengan tipe rumah idola kita, semoga rumah idola kita menjadi lebih menarik dan cantik

dijual ruko di kerawang

apartemen harga perdana lokasi pusat industri

Baca juga :
Rumah yang akan menjadi Iconnya BSD
Gudang siap pakai di pergudangan 8

Tags: , , , , , ,

Related to Macam macam Tangga