Macam-macam Lantai Rumah

Post On: 17 April 2016
By:
January 12, 2018

Macam-macam Lantai Rumah

Dari waktu ke waktu, perkembangan dunia konstruksi membuat kita menemukan berbagai material yang bisa digunakan untuk lantai rumah. Sebetulnya ada dua jenis material lantai yang sering digunakan untuk lantai rumah. Yang pertama adalah lantai rumah yang berbahan dasar dari alam (alami) dan yang kedua adalah material lantai yang berbahan dasar buatan (olahan/sintetis). Dari kedua bahan dasar tersebutlah, lahir berbagai jenis material lantai rumah yang bisa kita pilih untuk dijadikan lantai rumah. Berikut macam-macam lantai rumah.

Shophouses bernuansa jepang ada di kerawang

Info lengkap klik disni

  1. plester

Lantai plester adalah lantai yang terbuat dari campuran semen portland dan pasir. Pada pengaplikasiannya hampir sama dengan proses plester dan aci pada permukaan dinding, tetapi diikuti dengan pemolesan khusus untuk menambahkan kesan mengkilat. Lantai jenis ini walaupun sudah jarang digunakan, tetapi seiring dengan boomingnya arsitektur bergaya natural dan industrialis, akhir-akhir ini lantai plester mulai banyak menarik minat beberapa kalangan.

lantai plester

 

  1. Tegel/Ubin.

Hampir sama dengan lantai plester, tegel terbuat dari campuran semen portlan dan pasir. Yang membedakan adalah tegel di cetak terlebih dahulu. Dan untuk pengaplikasiannya ditata pada permukaan lantai dengan lem mortal/semen. Dulu tegel hanya berwarna semen, tetapi sekarang sudah berkembang. Kesan vintage yang dihadirkan lantai tegel ini membuatnya mulai populer kembali.

lantai ubin

3. Keramik

Di dalam negeri material yang terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar ini sangat populer saat ini. Berbagai motif bisa ditampilkan oleh keramik dari mulai motif batu, kayu, bunga dan masih banyak lagi. Disamping itu, harga yang relatif terjangkau dan perawatan yang mudah membuat lantai keramik sangat digemari.

lantai keramik

 

  1. Parket

Pada jaman dahulu beberapa suku di nusantara menggunakan bahan kayu untuk material lantai rumah mereka. Terutama rumah adat yang berbentuk panggung. Tetapi biasanya kayu yang digunakan hanya berupa papan. Sekarang pemakaian kayu untuk lantai sudah berkembang, parket contohnya. Parket adalah material lantai berbahan dasar kayu yang sudah dilengkapi dengan sistem aplikasi (alur dan lidah). Tetapi karena kayu yang berkualitas semakin langka makanya parket tergolong lantai rumah yang mahal. Ada tiga jenis lantai parket : Parket Solid, Parket Engineering dan Parket Laminate. Untuk pengaplikasiannya adalah, menyusun potongan-potongan kayu sudah dibentuk terlebih dahulu pada permukaan lantai. Biasanya sudah ada alur dan lidah untuk mengunci satu dengan yang lain.

lantai parket

  1. Marmer

Terbuat batuan yang terbentuk dari kristalisasi kapur akibat panas dan tekanan selama ratusan tahun. Tergolong pada jenis lantai berbahan dasar alami karena dibuat dengan cara memotong dan membelah batu, kemudian menghaluskannya. Karena bahan yang semakin langka ini, membuat harga marmer cenderung mahal. Pada pengaplikasiannya sama dengan keramik dan tegel, direkatkan pada permukaan lantai dengan mortal.

lantai marmer

  1. Granit

Hampir sama dengan marmer, cuma yang membedakan adalah, granit terbentuk dari cairan magma yang dingin dan mengeras yang berumur ratusan tahun. Biasanya jika dibandingkan dengan marmer, warna granit lebih gelap.

lantai granit

7. Vinyl

Tergolong lantai yang berbahan sintetis (PVC). Dengan adanya vinyl kita bisa memiliki lantai bercorak kayu, batu yang harganya rata-rata mahal menjadi lebih murah. Biasanya berbentuk lembaran dalam rol. Namun juga banyak yang berbentuk sesuai dengan standar bahan yang ditirunya, seperti parket. Cara pengaplikasiannya adalah direkatkan dengan lem. Teknologi vinyl terus berkembang sehingga semakin hari, pemasangannya semakin mudah. Bahkan ada beberapa lantai vinyl yang pada pemasangannya cukup ditaruh seperti karpet. Seiring berkembangnya gaya hidup urban, lantai vinyl semakin digemari.

lantai vinyl

8.Karpet

Bahan yang terakhir ini sangat umum digunakan khususnya di daerah timur tengah. Namun di beberapa ball room, hall hotel dan rumah ibadah umat muslim, karpet sangat umum digunakan. Pengaplikasiannya termasuk yang paling mudah diantara jenis lantai yang lain namun perawatannya tergolong sulit. Ada dua jenis karpet, yang pertama karpet berbahan dasar alami: wol, kapas, sisal, jute, rami, bambu, dsb. Yang kedua karpet yang berbahan dasar sintetis: viscose, rayon, nylon, acrylic, dsb.

lantai karpet

Itulah macam-macam lantai rumah yang bisa kita gunakan. Tentunya antara satu dan lainya memiliki karakter yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetap sesuaikan dengan selera, kebutuhan dan tentunya pertimbangkan juga faktor-faktor lain seperti harga yang sesuai kemampuan anda. Semoga bermanfaat.

 

rumah dijual di cluster crystal terrace modernland tangerang

dijual rumah di pusat kota tangerang dekat mall modernland dan tangcity

Tags: , , , , , , , , , ,

Related to Macam-macam Lantai Rumah