Macam Macam Jenis Tirai Jendela

Post On: 16 May 2016
By:
January 26, 2018

Macam Macam Jenis Tirai Jendela

tirai Jendela, jendela adalah bagian dari rumah yang selain fungsinya untuk pencahayaan dan sirkulasi udara, juga berfungsi untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih indah. Karena itu, mempercantik tampilan jendela rumah kita tentunya akan memperindah tampilan rumah kita. Jika dari luar rumah, kita bisa mempercantik tampilan jendela dengan menentukan bentuk desain, material, dan penambahan beberapa ornamen, maka untuk mempercantik tampilan jendela dari dalam ruangan bisa dengan cara menambahkan tirai Jendela

Ada bermacam-macam jenis dan model tirai jendela yang bisa kita terapkan untuk mempercantik jendela kita. Namun secara garis besar, tirai dibagi dalam dua golongan, yaitu curtain (gorden) dan blinds (kerai). Dari dua golongan tersebut, terdapat beberapa model. Setiap bentuk dan model tirai memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan selera kita, agar sesuai dengan desain interior rumah kita. Berikut adalah macam jenis tirai untuk mempercantik jendela rumah kita.

Curtain (Gorden)

Curtain ( gorden ) adalah tirai yang banyak digunakan pada rumah-rumah hunian. Curtain rata-rata terbuat dari kain, dengan cara pemasangannya digantung pada alat yang diletakan pada atas jendela. Berbagai cara pemasangan membuat curtain memiliki model yang beragam. Diantaranya adalah seperti berikut.

jenis tirai jendela

  1. Simple Curtain

Tirai ini tergolong tirai yang sederhana, dengan satu penggantung di atas yang juga berfungsi sebagai track agar tirai bisa dibuka tutup dengan cara digeser. Sesuai dengan namanya, secara tampilan tirai jenis ini berkesan simpel sehingga cocok untuk desain interior yang sederhana, casual, atau minimalis.

  1. Tab Curtain

Dari pemasangan, Tab Curtain tidak berbeda dan hampir mirip dengan Simple Curtain. Perbedaannya terletak pada terdapatnya Tie Back pada Tab Curtain yang berfungsi untuk mengikat kain sehingga tercipta lengkungan yang menambah keindahan tampilan tirai. Biasanya pada tirai jenis ini, beragam ornamen tampil lebih maksimal, sehingga cocok untuk desain interior yang bergaya mewah dan elegan.

inilah daerah yang akan menjadi bali selanjutnya

Info lengkap klik disni

  1. Double Rod Pocket Curtain

Tirai jenis Double Rod Pocket Curtain, memiliki dua track pada bagian atas dan bawah. Sehingga membuat kain tampil lebih rapi karena mempunyai dua penahan. Kesan rapi pada tirai jenis ini sangat cocok untuk interior bergaya modern dan minimalis.

Blinds (Kerai)

Ciri khusus tirai jenis Blinds (Kerai) adalah cara buka tutupnya yang vertikal, ke atas dan kebawah. Jika Curtain kebanyakan di buat dari bahan kain, makan bahan untuk Blinds (Kerai) lebih beragam dari mulai kain, kayu, plastik, vinyl, metal, kertas, dsb. Secara tampilan Blinds (Kerai) biasanya lebih terkesan simple dan rapi, selain itu juga biasanya berbentuk segmen-segmen, walaupun ada jenis blind yang tampil dengan kesan elegan. Berikut adalah beberapa jenis Blinds (Kerai).

macam macam tirai jendela

  1. Austrian Blinds

Terbuat dari kain, tirai jenis ini tampil dengan gaya klasik, romatis dan elegean. Ketika dibuka ke atas, akan tampak kerutan-kerutan dan lipatan kain yang berbentuk lengkungan. Karena itulah kerai ini cocok untuk interior bergaya mewah dan elegan.

  1. Horizontal Blinds

Terdiri dari bilah-bilah atau sirip-sirip yang disusun sejajar secara horisontal. Bilah-bilah tersebut biasanya terbuat dari kayu, plastik, vinyl atau metal. Masing-masing bilah biasanya bisa berputar sehingga bisa membuat celah yang bisa dilewati cahaya. Selain itu juga bisa dibuka secara total, sehingga bilah-bilah tersebut terkumpul pada bagian atas jendela. Efek garis dari bilah-bilah tersebut sangat cocok untuk jendela dengan tampilan kurus dan tinggi. Dan cocok untuk interior dengan konsep minimalis.

  1. Roller Blinds

Kerai jenis ini jika dibuka maka akan menggulung ke atas, Material yang digunakan biasanya sejenis kain yang memiliki kekakuan tertentu sehingga tidak mudah terlipat atau kusut. Roller Blinds kebanyakan memiliki tampilan yang bersih dan rapi sehingga sangat cocok untuk interior dengan konsep modern yang clean.

  1. Roman Blinds

Jika dibuka ke atas, Roman Blinds akan membentuk lipatan-lipatan horizontal yang menarik. Tampilannya tetap rapi meskipun tidak sekaku Roller Blinds. Sangat cocok untuk konsep interior modern, kontemporer, atau minimalis.

Itulah beberapa macam jenis tirai jendela. dengan menerapkan model tirai yang sesuai dengan model jendela dan gaya interior kita, tentunya akan membuat rumah kita menjadi lebih indah.

 

chadstone

apartemen NO DP
at cikarang
klik here

Baca juga :
Apartemen mewwah harga perdana nuansa resort bali
Rumah Murah Dijual Depan Maal Modernland

Tags: , , , , , ,

Related to Macam Macam Jenis Tirai Jendela