Lantai Keramik Untuk Kamar Mandi

Post On: 16 April 2016
By:
January 12, 2018

Lantai Keramik Untuk Kamar Mandi

Keramik adalah material yang umum digunakan untuk lantai. Banyaknya jenis keramik mulai dari model, ukuran dan corak, membuat kita mempunyai banyak pilihan. Banyaknya jenis-jenis lantai keramik yang ada di pasaran selain untuk kepentingan pilihan, juga ada maksud tertentu. Yaitu untuk memenuhi kebutuhan lantai keramik yang sesuai dengan fungsinya dan kali ini kita akan membahas lantai keramik untuk kamar mandi.

lantai keramik kamar mandi

Kamar mandi adalah kebutuhan utama setiap hunian disamping ruang-ruang yang lain. Dan kamar mandi yang bersih adalah impian setiap orang. Berhubung kamar mandi adalah ruangan yang langsung berhubungan dengan air dalam intensitas yang tinggi, tentunya perlakuan terhadapnya harus lebih ekstra, terutama bagian lantainya. Memilih material keramik untuk bahan lantainya adalah hal yang sangat tepat, mengingat karakter dari lantai jenis ini termasuk tahan terhadap air dalam intensitas tinggi.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika memilih lantai keramik untuk kamar mandi :

Pemilihan Lantai Keramik Untuk Kamar Mandi

  • Untuk faktor keamanan, dianjurkan untuk memilih keramik yang permukaannya berfinishing Hindari menggunakan kermaik yang permukaannya glossy. Keramik jenis ini cenderung licin bila terkena air, sangat berbahaya bagi pengguna kamar mandi, terlebih jika pengguna kamar mandinya adalah anak kecil yang cenderung aktif. Untuk tampilan yang mengkilap gunakan yang semi gloss saja. Bisa juga menggunakan keramik yang berfinish khusus, pada permukaannya terdapat butiran-butiran yang jika kita sentuh permukaan terasa kasar. Pilihan terbaik untuk faktor keamanan adalah keramik bertekstur. Disarankan juga untuk menggunakan keramik yang tidak terlalu lebar.
  • Pemilihan warna, disarankan untuk memilih warna-warna yang terang untuk membuat kamar mandi lebih nyaman, tetap sesuaikan dengan keinginan anda dan konsultasikan dengan designer interior profesional.
  • Untuk kamar mandi yang sempit bisa menggunakan keramik berbentuk persegi panjang untuk menambah kesan luas.
  • Menggunakan mozaik untuk juga sebuah ide yang bagus, selain utuk menambah kesan dekoratif, nat nya bisa membuat lantai tidak licin. Namun kekurangannya adalah, banyaknya membutuhkan perawatan yang lebih ekstra.

lantai kamar mandi

Pemasangan Lantai Keramik Untuk Kamar Mandi   

  • Perhatikan cara pemasangan keramik yang benar.
  • Mengingat lantai kamar mandi akan sering terkena air dalam intensitas tinggi gunakan pelapis kedap air sebelum pemasangan keramik agar tidak terjadi rembes atau bocor.
  • Permukaan yang lebih rendah dari pada level lantai sekitarnya.
  • Buat kemiringan 1% ke arah saluran pembuangan untuk membuat aliran air sempurna, tidak mengakibatkan ada endapan air, sehingga lantai lebih cepat kering.

lantai keramik untuk kamar mandi

Perawatan Lantai Keramik Untuk Kamar Mandi

  • Menjaga lantai keramik agar tetap kering jika sedang tidak digunakan atau sehabis pembersihan.
  • Hindari meletakkan benda-benda yang membuat lantai keramik kamar mandi lembab (seperti: kain basah) atau yang menyebabkan kotor (seperti: besi yang bisa berkarat).
  • Melakukan pembersihan secara berkala, dengan menggunakan cairan pembersih keramik, kaporit atau asam sitrat (ikuti petunjuk pemakasian pada kemasannya).
  • Dalam melakukan pembersihan gunakan sikat nylon yang kaku, hindari penggunaan sikat baja atau alat berbahan logam yang tajam agar permukaan lantai keramik tidak tergores.
  • Segera bilas dengan air bersih dan keringkan setelah melakukan pembersihan dengan menggunakan cairan pembersih, ini untuk menjaga agar nat keramik tidak cepat rusak akibat bahan kimia.

liburan dan berinvestasi??? ini tempatnya

Info lengkap klik disni

 

akhyana village

Villatel dibali AKHYANA, lokasi terbaik untuk investasi di jimbaran bali

Baca juga :
cara Menata halaman belakang rumah
wisata romantis di jawa barat

Tags: , , ,

Related to Lantai Keramik Untuk Kamar Mandi