Kayu Untuk Lantai Outdoor

Post On: 11 June 2016
By:
January 5, 2020

Kayu Untuk Lantai Outdoor

Jika kita memiliki tempat transisi atau area outdoor, misalnya seperti antara teras dan taman, taman dan kolam renang, pasti kita ingin mempercantik dan membuatnya terkesan lebih rapi dan elegan. Salah satu cara untuk membuat tempat terbuka ini menjadi lebih menarik adalah menambahkan penutup lantai yang bermaterial kayu. Penampilan Kayu Untuk Lantai Outdoor yang natural namun tetap bisa memberikan kesan minimalis dan modern, pastinya akan membuat area tersebut menjadi lebih elegan.

Namun, tentunya tidak sembarang kayu bisa digunakan untuk area outdoor, karena area outdoor sangat rawan dengan serangan cuaca. Terik panas matahari sampai air hujan tentunya akan menjadi masalah bagi kayu-kayu tersebut, terutama jika kayu tersebut tergolong kayu yang tidak tahan terhadap masalah ini.

inilah area yang akan menjadi kota berteknologi

Info lengkap klik disni

pollux technopolis kerawang

wow lokasi ini akan menjadi CBDnya kerawang loq

Kayu dengan karakteristik keras adalah kayu yang cocok untuk dijadikan penutup area outdoor. Lalu kayu apa saja yang cocok untuk digunakan sebagai penutup lantai area outdoor? Simak beberapa jenis kayu untuk digunakan untuk lantai outdoor berikut.

  1. Kayu Ulin

Kayu yang cocok untuk penutup lantai outdoor yang pertama adalah kayu ulin. Kayu ini juga sering disebut sebagai kayu besi. Kayu ini tergolong memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, bahkan mungkin terkeras dari semua jenis kayu keras lainnya. Pohonnya sendiri, kebanyakan tumbah di sekitar kalimantan, sulawesi dan sumatra bagian selatan. Pada setiap daerah biasanya terdapat perbedaan, seperti warnanya. Kayu ulin atau kayu besi kalimantan cenderung berwarna coklat gelap, sementara sulawesi cenderung hitam keungunan. Kayu ini memang sangat sering dimanfaatkan sebagai material bangunan, terutama yang memerlukan kekuatan, seperti struktur bangunan. Kayu ulin adalah kayu yang tahan terhadap air sehingga sangat cocok untuk digunakan pada area outdoor, terutama lantai tepi kolam renang. Namun sekarang kayu ulin mulai berkurang dan tergolong langka, sehingga berdampak pada harganya yang cenderung sangat mahal.

kayu ulin Kayu Untuk Lantai Outdoor

  1. Kayu Bengkirai

Kayu keras berikutnya adalah kayu bengkirai. Kayu ini juga berasal dari daerah kalimantan. Bengkirai ada yang memiliki tekstur halus dan beberapa juga ada yang bertekstur kasar. Warna kayu bengkirai biasanya kuning kecoklatan, itulah kenapa kayu bengkirai juga disebut yellow balau. Batang pohon bengkirai sendiri bisa mencapai diameter 120cm dengan tinggi pohon mencapai 40meter. Jika dibandingkan dengan kayu Besi, harga kayu bengkirai cenderung lebih murah. Namun ketahanan terhadap air kayu bengkirai tidak sebaik kayu Besi. Walaupun begitu kayu bengkirai tetap tergolong kayu yang tahan terhadap serangan rayap. Pada pemanfaatannya kayu bengkirai memang cocok untuk keperluan outdoor atau keperluan konstruksi.

kayu Bengkirai kayu untuk lantai outdoor

  1. Kayu Merbau

Kayu keras berikutnya yang bisa digunakan untuk material lantai outdoor adalah kayu yang berasal dari daerah maluku dan papua, yaitu kayu merbau. Kayu merbau memiliki ciri-ciri berwarna cokelat sampai kehitaman dengan pori-pori yang membentuk garis-garis halus pendek berwarna kuning. Batang pohon merbau bisa tumbuh sampai diameter 150cm dengan ketinggian 15meter. Harga kayu merbau sendiri tergolong mahal, karena itu sering dugunakan untuk keperluan produk-produk mewah seperti lantai parket. Sesuai dengan kekerasannya, menyebabkan kayu ini anti rayap dan cuaca, sehingga cocok untuk lantai outdoor.

kayu untuk lantai outdoor kayu merbau

Itulah Kayu Untuk Lantai Outdoor, kayu keras yang bisa kita gunakan untuk penutup lantai (deck) pada area outdoor. Walaupun memiliki kelebihan tersebut, perawatan tetap diperlukan agar kayu-kayu tersebut lebih awet dan tahan lama.

Tags: , , , , , ,

Related to Kayu Untuk Lantai Outdoor