Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu

Post On: 7 May 2016
By:
January 5, 2020

Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu

Ruang tamu adalah area yang secara tidak langsung  merupakan wajah sebuah rumah, tentunya hal inilah yang membuat penampilan ruang tamu tidak bisa diabaikan. Salah satu elemen penting pada ruang tamu adalah keberadaan jendela. Fungsi jendela pada ruang tamu antara lain, sebagai pembuat view, sebagai pencahayaan, untuk sirkulasi udara. Dengan fungsi di atas, material utama yang sangat cocok untuk jendela ruang tamu pastilah kaca. Berikut adalah beberapa jenis jendela kaca ruang tamu.

inilah area yang akan menjadi CBDnya kerawang…the best area

Info lengkap klik disni

French Window

Dengan menggunakan jendela jenis ini kita bisa membuat ruang tamu yang lebih hangat untuk tamu. Karena jendela yang menapak di lantai dan bergabung dengan daun ayun yang berfungsi juga sebagai pintu keluar masuk. Untuk penampilan fasad depan rumah kita, french window juga bisa memberkan unsur dekotarif yang menarik sehingga tampak bangunan tidak terkesan kaku.

jendela kaca ruang tamu

Fixed Window

Dengan jendela kaca yang tidak bisa dibuka, tentunya fungsi utama jendela jenis ini adalah hanya untuk pencahayaan. Kita bisa menerapkan jenis jendela ini pada ruang tamu. Tetapi tentunya tetap harus dipikirkan sirkulasi udaranya, mungkin dengan penambahan lubang angin. Karena tidak ada daun jendela, maka jendela ini memiliki keunggulan tidak mengganggu luas ruangan, cocok untuk ruang tamu yang tidak terlalu luas.

Fixed Window

Slidding Window

Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu dengan daun jendela geser, bisa digunakan untuk ruang tamu. Keunggulan jendela jenis ini hampir sama  dengan jendela fix window, tetapi jendela jenis ini masih memliki keunggulan lain yaitu memungkinkan untuk sirkulasi udara karena bisa dibuka dengan menggeser daun jendelanya. Konstruksi geser pada jendela jenis ini juga bisa memberi nuansa tersendiri untuk ruang tamu

Slidding Window

Single Hung & Double Hung Window

Dengan daun jendela yang bisa bergeser (satu daun jendela untuk single hung dan dua daun jendela untuk double hung) selain bisa memberikan sirkulasi udara untuk ruangan, juga bisa memberikan tampilan dekoratif pada ruang tamu dari setiap frame yang bergeser.

Double Hung Window

Casement Window

Penggunaan jendela dengan daun jendela yang bisa dibuka dengan cara daun jendelanya berayun kesamping, bisa juga diterapkan untuk ruang tamu. Untuk memberi kesan yang dekoratif kita bisa menjajar beberapa jendela. Untuk penggunaan Casement window umumnya adalah dengan bukaan daun jendela kearah luar sehingga tidak mengganggu ruangan di dalam.

Casement Window

Awning And Hopper

Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu berikutnya adalah jendela dengan daun jendela yang bisa membuka dengan ayunan keatas atau kebawah. Untuk ruang tamu lebih sering menggunakan yang bertipe Awning (Engsel Ayun terletak pada frame bagian atas), tetapi bisa juga menggunakan yang bertipe Hooper, hanya perlu diperhatikan untuk ruang tamu yang sempit sebaiknya tidak menggunakan jendela bertipe Hopper.

Awning And Hopper

Pivote Window

Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu dengan daun jendela yang engselnya tepat berada di tengah ini juga bisa digunakan untuk ruang tamu kita, tetapi perlu diperhatikan, ayunan daun jendela yang 90˚ – 180˚ memerlukan ruang tersendiri, jadi tidak cocok dengan ruang tamu yang sempit. Keunggulan jendela jenis ini selain bukaan adalah daun jendela dapat membantu aliran sirkulasi udara yang lebih baik. Kita tinggal menyesuaikan dengan memilih ayunan vertikal atau horisontal.

Pivote Window

Bay Window Dan Bow Window

Jika kita ingin tampilan yang indah diluar sekaligus penambahan kesan yang lebih luas didalam ruang tamu kita, kita bisa mengaplikasikan dua jenis jendela yang hampir sama yaitu Bay Window atau Bow Window. Untuk kesan yang tegas bisa menggunakan Bay Window yang orentasinya adalah garis lurus, dan untuk kesan yang lebih halus bisa menggunakan Bow Window yang melengkung.

Bay Window Dan Bow Window

Palladian Window

Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu pada rumah bergaya classic, pilihan tepat untuk jendelanya adalah Palladian Window. Jendela besar dengan lengkungan di atas ini bisa menambah kesan yang indah pada ruang tamu kita. Memadukannya dengan kaca patri atau ornamen-ornamen frame yang bermotif juga bisa mempertegas gaya classic ruang tamu kita.

Palladian Window

APARTEMEN B RESIDENCE

Miliki Apartemen yang dikelilingi oleh AEON Mall, ICE, Atmajaya Dan PRASETYA MULYA di BSD CITY KLIK

Baca juga :
Rumah mungil didepan mall modernland

Tags: , , , , , ,

Related to Jenis Jendela Kaca Ruang Tamu