Feng Shui Kamar Mandi

Post On: 6 March 2016
By:
January 5, 2020

Feng Shui Kamar Mandi

Dalam ilmu feng shui, setiap posisi ruangan harus diperhitungkan dengan matang untuk menentukan energi yang dihasilkan. Tidak hanya itu saja, peletakan pintu, jendela, dan semua benda-benda di dalamnya juga harus diperhitungkan dengan matang.
Apabila segala sesuatunya diatur dengan tepat sesuai ilmu feng shui, maka akan lebih banyak energi positif yang dialirkan di dalam ruangan. Hal ini berpengaruh pada kesehatan, keberuntungan, dan juga rezeki seluruh penghuni rumah.
Salah satu ruangan yang juga harus diperhatikan dengan baik pengaturan posisi serta desainnya adalah kamar mandi. Feng shui kamar mandi meliputi banyak hal, mulai dari letakknya di dalam rumah hingga bagaimana harus mengatur barang-barang di dalamnya. Kalau Anda ingin membangun kamar mandi menurut feng shui, coba simak dulu beberapa hal berikut ini:

Kamar Mandi menurut Feng Shui
Hindari memposisikan kamar mandi di depan dapur
Seiring dengan semakin populernya desain minimalis, penempatan kamar mandi seringkali berdekatan dengan ruangan-ruangan penting misalnya saja dapur. Secara logika, menempatkan kamar mandi di depan dapur tidak terlalu baik karena dapur tempat untuk memasak makanan sedangkan kamar mandi tempat untuk membuang kotoran. Ternyata, hal ini tidak jauh berbeda dalam ilmu feng shui.
Menurut feng shui, dapur melambangkan mata pencaharian seseorang yang disimbolkan dengan api. Sementara itu, kamar mandi disimbolkan dengan air. Karena itulah, kamar mandi yang terletak di depan dapur dianggap bisa mematikan unsur apinya dan menyebabkan ketidakberuntungan dalam mata pencaharian seseorang.

Anda juga tidak seharusnya memposisikan kamar mandi bersebelahan dengan kamar tidur, apalagi jika temboknya berdempetan. Hal ini dipercaya akan mengganggu kesehatan penghuni rumah.
Jangan menempatkan kamar mandi di tengah rumah
Dalam ilmu feng shui, bagian tengah rumah disebut dengan Tian Xin atau Jantung Langit yang menyimbolkan keakraban dan persatuan keluarga. Apabila ada kamar mandi yang terletak tepat di tengah rumah, dikhawatirkan akan menimbulkan perpecahan dam memicu pertengkaran dalam keluarga. Solusinya, pindahkan kamar mandi ke bagian lain rumah.
Apabila ingin menempatkan kamar mandi di lantai atas, pastikan tidak berada tepat di atas dapur dan juga kamar tidur. Jika terpaksa, pastikan plafon lantai bawah memilikitinggi lebih dari 3,5 m. Hal ini akan meminimalisir efek buruk karena adanya kamar mandi di atas dapur atau kamar tidur.

Kamar Mandi
Cermati dekorasi bagian dalam kamar mandi
Untuk bagian dalam kamar mandi, pastikan lantainya tidak lebih tinggi dari bagian lain di rumah. Selain itu, hindari meletakkan cermin di dalam kamar mandi karena bisa memantulkan energi negatif kepada pemakainya. Lebih baik meletakkan cermin di bagian luar kamar mandi, misalnya saja di sebelah kanan atau kiri pintu kamar mandi.
Selain itu, pastikan pintu kamar mandi tidak terlihat dari pintu depan rumah Anda. Apabila posisinya sudah terlanjur tidak bisa diubah, pastikan Anda memasang tirai atau pun partisi untuk menghalangi pandangan langsung ke kamar mandi. Menggunakan rak atau juga lemari sebagai penghalang juga bisa dilakukan agar pintu kamar mandi tidak terlihat dari area depan rumah.

Demikian artikel Feng Shui Kamar Mandi, semoga dapat bermanfaat

Tags: , , , , ,

Related to Feng Shui Kamar Mandi