Danau Kelimutu Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

Post On: 6 April 2016
By:
January 5, 2020

Danau Kelimutu Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

 Yang satu ini sudah sangat terkenal dengan keindahannya, Danau Kelimutu. Merupakan salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang wajib anda kunjungi ketika anda berada di Pulau Flores. Berada di puncak Gunung Kelimutu, danau yang dikenal juga sebagai danau tiga warna ini siap menyuguhkan penorama alam yang tidak akan bisa anda temukan di tempat lain.

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Dikenal dengan Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda yang selalu berubah seiring dengan waktu. Yang menarik dari tempat wisata ini bukan hanya panoramanya tetapi juga kepercayaan masyarakat yang melatar belakangi danau ini.

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu memiliki tiga warna berbeda yang dipercaya merupakan tempat berkumpulnya jiwa – jiwa yang telah meninggal. Danau yang berwarna biru yang juga disebut “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” dipercaya menjadi tempat berkumpulnya jiwa para muda mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang yang meninggal yang semasa hidupnya selalu melakukan kejahatan sementara danau yang berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa – jiwa orang tua yang telah meninggal. Para penduduk percaya bahwa ketika danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah yang telah meninggal. Sungguh merupakan tradisi yang unik yang patut untuk dihormati.

Untuk mencapai lokasi ini, bagi anda yang berada di luar pulau, bisa terlebih dahulu menuju Kabupaten Ende di Pulau Flores. Kabupaten ini bisa dijangkau melalui jalur udara menuju Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman – Ende atau menggunakan jalur laut dengan KM.Wilis atau KM.Awu. Selanjutnya anda bisa langsung menuju Taman Nasional Kelimutu dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Tempat wisata ini sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas pendukung seperti pendopo, kantin serta toilet yang akan memudahkan wisata anda.

danau kelimutu Tempat Wisata Nusa Tenggara Timur

Untuk menikmati keindahan Danau Kelimutu juga telah disediakan tempat pengamatan yang sangat strategis untuk menikmati panorama mengagumkan Danau Kelimutu. Bagi anda yang ingin menginap dekat dengan lokasi ini, juga telah disediakan home stay atau berbagai hotel yang bisa anda pilih dengan harga yang terjangkau.

 

Ruko Bernuansa jepang pertama di indonesia

Info lengkap klik disni

Setelah menikmati keindahan Danau Kelimutu , anda bisa mengunjungi objek wisata lain seperti sumber air panas di kelurahan Detuseko, air terjun di desa Moni serta menikmati berbagai suguhan seni budaya seperti rumah adat dan atraksi tarian tradisional yang digelar secara berkala di lokasi wisata ini. Semuanya masih menjadi satu kawasan wisata yang bisa anda nikmati di Taman Nasional Kelimutu. Satu paket wisata lengkap untuk menikmati keindahan alam dan keunikan budaya di Pulau Flores.

Penasaran dengan keindahan ini, cobalah untuk sesekali meluangkan waktu liburan anda untuk menikmati keindahan pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Bunga ini. Danau Kelimutu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur

 

gudang di tigaraksa

butuh gudang di tangerang? klik

Baca juga :
rumah murah ga pake ribet
rumah 300jutaan free ac tiap kamar tidur

Tags: , , , , , , ,

Related to Danau Kelimutu Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur