Compact House

Pada masa sekarang ini, untuk memiliki sebuah lahan atau pekarangan yang luas sudah sangat sulit. Terutama di wilayah perkotaan. Hasilnya adalah, ketika kita ingin membangun sebuah rumah hunian, terkadang terbentur dengan luas lahan yang terbatas tersebut. Dengan lahan yang tidak terlalu luas terkadang kita bingung bagaimana mengatur kebutuhan ruang pada hunian kita. Dari masalah tersebutlah, akhirnya muncul ide atau konsep design rumah yang bisa mengatasi sempitnya lahan tersebut, yaitu Compact House.

Compact House adalah rumah yang di design untuk luasan lahan yang terbatas (rumah dengan lahan sempit), namun masih bisa menghadirkan beragam fungsi yang tidak kalah dengan rumah dengan ukuran lebih besar (normal).

compact house

Dengan menerapkan konsep design compact house, kita bisa memiliki rumah pada lahan yang sempit namun dengan fungsi yang tidak kalah jauh rumah pada lahan yang lebih luas. Nah, apa saja yang bisa kita lakukan agar lahan sempit kita bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut adalah tip dan trik dalam membuat compact house.

Bagian Rumah Yang Multi Fungsi.

Hal yang pertama bisa kita lakukan adalah, membuat bagian rumah yang multi fungsi. Misalnya, ruang keluarga yang sekaligus bisa digunakan untuk menerima tamu. Ruang makan yang menjadi satu dengan dapur. Bukan hanya ruangan saja, kita juga bisa membuat furniture yang bisa digunakan untuk beberapa keperluan, misal sofa atau tempat tidur yang bawahnya terdapat laci yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang.

Pemanfaatan Maksimal Setiap Ruang Yang Tercipta.

Sebagai contoh pemanfaatan ruang yang maksimal adalah, membuat lemari atau ruangan pada area bawah tangga. Beberapa desain compact house ada yang meletakan toilet dan kamar mandi pada area ini. Contoh lainnya adalah, pembuatan lantai mezzanine (lantai tambahan di antara plafon dan lantai), yang bisa difungsikan sebagai kamar tidur atau ruang kerja.

hunian didekat danau alami yang asri

Info lengkap klik disni

Furniture Lipat

Dalam konsep Compact House pemakaian furniture memang sangat mempengaruhi keberhasilan konsep tersebut. Menggunakan furniture yang bisa diringkas sering dijadikan jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan atas konsep compact house. Sebagai contohnya adalah, kursi yang bisa dimasukan secara total ke dalam meja makan ketika tidak sedang digunakan. Tempat tidur yang bisa dilipat ke atas dan menjadi satu bagian dari desain tampilan sebuah lemari.

Pemanfaatan Effect Dari Sebuah Material.

Pemakaian kaca cermin pada dinding atau permukaan furniture yang tegak (seperti pintu lemari, kabinet, atau pintu sebuah ruangan), bisa memberikan kesan yang luas pada ruangan sempit. Sehingga pemanfaatan cermin sangat cocok dan sering diaplikasikan pada desain compact house.

Pemilihan Bentuk, Desain, Material Dan Finishing.

Karena luas ruang yang sangat terbatas tersebut, maka bentuk design yang cocok untuk konsep compact house adalah minimalist dengan permainan garis, tidak terlalu banyak detail yang bisa mengakibatkan kesan yang mempersempit ruang. Untuk material kita bisa menggunakan material yang kuat dan tergolong heavy duty, karena rata-rata setiap bagian ruangan yang multi fungsi mengakibatkan pemakaian ruangan akan tinggi intensitasnya. Beberapa material rendah perawatan seperti keramik, vinyl, stainless steel bisa jadi pilihan. Finishing dengan warna yang cerah lebih cocok untuk menambahkan kesan luas, kalaupun ingin menambahkan warna-warna gelap, mungkin hanya sebagai aksen saja.

konsep compact house

Itulah beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam menerapkan konsep compact house untuk mengatasi lahan yang sempit pada rumah kita. Dengan menerapkan beberapa tips dan trik di atas, kita bisa memaksimalkan lahan sempit kita, sehingga kita masih bisa memiliki rumah dengan fungsi yang selengkap rumah dengan lahan yang lebih luas. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Baca juga :
investasi yang menguntungkan
Perbedaan condotel dan apartemen

0 Komentar