Cara Merawat Lantai Parket Dan Vinyl

Post On: 14 April 2016
By:
January 11, 2018

Cara Merawat Lantai Parket Dan Vinyl

Dua jenis material lantai di atas, memang sering terlihat sama dalam segi tampilan (ini terjadi jika lantai vinyl menggunakan motif kayu). Tetapi pada dasarnya, material yang berbeda dari kedua jenis lantai ini, membuat cara merawat lantai parket dan vinyl menjadi sedikit berbeda.

cara merawat lantai parket

Cara Merawat Lantai Parket.

Lantai Parket yang notabene berbahan dasar kayu, membuat lantai jenis ini memerlukan perhatian khusus. Bahkan ada beberapa ahli mengibaratkan, merawat bangunan dengan material kayu seperti memiliki anak kedua. Berikut langkah-langah untuk merawat lantai parket kita supaya lebih awet.

  • Bersihkan debu yang menempel pada permukaan lantai parket setiap hari. Gunakan Sapu yang lembut atau vacum cleaner. Untuk hasil lebih baik bisa gunakan alat khusus pembersih parket yang sudah banyak dijual di toko perkakas rumah.
  • Hindari penggunaan air (pengepelan) untuk membersihkan lantai parket agar tidak memicu pembusukan. Cukup gunakan lap kain kering atau microfiber.
  • Jika terkena noda seperti sisa makanan dan minuman yang tidak sengaja tumpah, segera bersihkan dengan tisu kering dan lap kering, lalu bersihkan sisa nodanya dengan cairan khusus pembersih kayu.
  • Untuk noda membandel bersihkan dengan cairan pembersih khusus untuk parket dan keringkan dengan lap kering atau microfiber.
  • Hindari menggeser atau mendorong furnitur, agar kaki furnitur tidak menggores permukaan parket. Hindari juga material-material tajam dan berat, bersentuhan lansung dengan permukaan parket.
  • Tambahkan karpet untuk area dengan mobilitas tinggi. Gunakan karpet yang bagian bawahnya tidak licin sehingga tidak mudah tergeser.
  • Lakukan pemolesan dengan wax pengkilap kayu sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan.
  • Lakukan steam setiap enam bulan sekali, untuk menjaga kebersihan dan menghindari pudarnya warna lantai parket kita.
  • Lakukan pelapisan ulang pada finishing lantai parket kita (coating ulang) minimal dua tahun sekali.
  • Memberi anti rayap. (Biasanya dilakukan sebelum pemasangan, untuk parket yang belum diberikan anti rayap). Kebanyakan lantai parket yang berfinish biasanya sudah diberikan anti rayap.

 cara merawat lantai vinyl

Cara Merawat Lantai Vinyl.

Walaupun tidak serumit lantai parket, tetapi lantai vinyl tetap perlu perawatan khusus, ini untuk menjaga supaya lantai vinyl kita awet dan tidak cepat rusak.

  • Lakukan pembersihan setiap hari dengan sapu atau vacum cleaner untuk menghilangka debu yang menempel pada permukaan lantai vinyl.
  • Jika menemukan noda, semprotkan cairan pembersih kemudian bersihkan dengan lap kering atau microfiber.
  • Untuk pencucian atau pengepelan, gunakan dua ember. Satu ember untuk air bersih dan satu ember lagi untuk air yang dicampur cairan khusus pembersih vinyl. Pengepelan dengan cara, gunakan kain mop (berserat dan berdaya hisap air yang tinggi) yang dicelup ke air yang sudah dicampur dengan cairan khusus pembersih vinyl, basuhkan ke permukaan vinyl, lalu sikat bagian kotoran yang membandel dengan sikat nylon. Setelah semua kotoran terangkat, segera bilas dengan air bersih dari ember kedua, setelah itu baru keringkan dengan menggunakan floor sweeper, kain kering yang bersih atau microfiber.
  • Hindari menggeser atau mendorong saat memindahkan furnitur.
  • Untuk lantai vinyl yang terkelupas sebaiknya dilepas dan dibersihkan permukaan lantainya dan direkatkan vinyl yang baru.
  • Untuk menjaga agar permukaan vinyl tidak kusam, lakukan wax atau coating secara periodik.

Demikian cara merawat lantai parket dan vinyl. Dengan melakukan beberapa poin di atas, lantai parket kita akan lebih bersih, terjaga keindahannya, dan tentunya awet tahan lama. Semoga tips di atas bermanfaat.

The next Rest area terbesar @cikarang

Info lengkap klik disni

Baca juga :
menata halaman depan rumah minimalis
menata halaman belakang rumah

Tags: , , , , , ,

Related to Cara Merawat Lantai Parket Dan Vinyl