Cara Memasang Nat Yang Benar

Post On: 12 April 2016
By:
January 5, 2020

Cara Memasang Nat Yang Benar

Dalam pemasangan keramik, ada sebuah komponen penting yang sangat menentukan baik dan buruknya diding atau lantai keramik kita. Baik dari segi tampilan ataupun kualitas dan ketahanan lantai atau dinding kermaik tersebut. Komponen itu adalah nat. Nat adalah jarak yang tercipta antara satu keramik dengan keramik yang lain, juga penentu pola pemasangan keramik.

Info lengkap klik disni

Untuk dinding atau lantai dengan pola lurus, pemasangan nat terkesan lebih mudah, tetapi karena biasanya ukuran antara keramik dengan keramik lainnya terdapat selisih beberapa mm, resiko tidak lurus pada garis alur nat akan sering terjadi dan memperburuk tampilan lantai atau dinding keramik. Belum lagi akibat lainnya jika pemasangan nat kurang begitu diperhatikan, seperti keramik melembung dan terangkat.Dalam artikel ini, kita akan membahas khusus tentang bagaimana cara memasang nat yang benar. Jadi silahkan baca langkah-langkahnya berikut ini.

cara memasang nat

  1. Pastikan bahwa keramik telah terpasang dengan benar dan sudah berumur tidak kurang dari satu hari setelah pemasangan.
  2. Bersihkan nat dari sisa semen dan kotoran yang ada di dalam alur nat, dengan menggunakan kape atau alat sejenis. Sisa semen atau kotoran yang menyumbat nat, bisa menyebabkan keramik melembung dan meledak (popping). Lakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan keramik gumpil atau bahkan terlepas.
  3. Siapkan bahan/material pengisi nat (grout sealer). Material pengisi yang digunakan harus material yang khusus untuk pengisi nat, jangan gunakan material seperti semen atau lainnya. Ikuti petunjuk persiapan bahan (pencampuran dengan air) sesuai dengan apa yang tertera pada kemasan produk pengisi nat. Biasanya pengisi nat yang baik, kekentalannya tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kering.
  4. Isi nat dengan material pengisi nat yang sudah kita siapkan dengan hati-hati. Gunakan Rubber Float untuk hasil yang lebih sempurna. Posisi yang baik saat mengoleskan material pengisi nat adalah, Rubber Float sejajar dengan jalur nat dan material pengisi nat dioleskan secara melintang berpotongan dengan alur nat. Oleskan secara berulang-ulang dengan sedikit tekanan, agar material pengisi nat benar-benar mengisi nat dengan sempurna. Bersihkan sisa-sisa material pengisi nat yang menempel pada permukaan keramik dengan spon atau kain basah.
  5. Setelah semua alur nat terisi, biarkan beberapa saat. Jika terjadi penurunan pada permukaan nat, berarti material tersebut masuk kedalam alur nat. Lakukan sekali lagi pengolesan material pengisi nat terhadap jalur nat-nat yang turun tersebut.cara memasang nat yang benar
  6. Selalu bersihkan sisa-sisa material pengisi nat yang mengenai keramik sebelum material pengisi nat itu kering.
  7. Biarkan nat-nat yang sudah terisi tadi sekurang-kurangnya 24 jam.
  8. Setelah nat-nat tersebut kering maka langkah selanjutnya bisa kita bersihkan dengan kain pel. Jika ada nat yang kurang rapi bisa kita gunakan amplas (no.400) untuk merapikannya, hati-hati saat melakukan perapian nat dengan cara ini, gunakan amplas dalam keadaan basah agar amplas tidak menggores keramik.
  9. Untuk hasil lebih baik, bisa digunakan alat atau mesin pemoles lantai atau dinding khusus keramik.
APARTEMEN B RESIDENCE

Miliki Apartemen yang dikelilingi oleh AEON Mall, ICE, Atmajaya Dan PRASETYA MULYA di BSD CITY KLIK

demikian artikel Cara Memasang Nat Yang Benar semoga bermanfaat

Tags: , , , , , ,

Related to Cara Memasang Nat Yang Benar