Apa Keuntungan Dan Kerugiannya Memakai Wallpaper Dinding

Post On: 21 April 2016
By:
January 12, 2018

Apa Keuntungan Dan Kerugiannya Memakai Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding adalah material pelapis untuk finishing dinding. Fungsi utamanya sama dengan cat, namun dengan material dan cara pengaplikasian yang berbeda. Wallpaper berbentuk lembaran dan biasanya dijual dalam gulungan (roll) dengan ukuran tertentu. Jika dibedakan dari bahan dasarnya, wallpapaer ada beberapa jenis: paper, heavy duty paper, textile paper, fiberglass vawes, vinyl paper, flock, foil dan natural fiber. Lalu apa keuntungan dan kerugiannya memakai wallpaper dinding? Mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

wallpaper dinding

Keuntungan Wallpaper Dinding

  1. Beragamnya motif dan corak yang tersedia.

Wallpaper dijual sudah dengan cetakan motif, baik dengan cara sablon atau digital printing. Kita bisa menemukan banyak sekali motif yang bisa kita aplikasikan pada dinding kita. Dengan wallpaper dinding, kita bisa menampilkan beragam corak yang menarik, bahkan jika corak tersebut tidak bisa dihasilkan oleh material finishing dinding yang lain.

  1. Material Beragam.

Ada banya jenis material wallpaper, yaitu, paper, heavy duty paper, textile paper, fiberglass vawes, vinyl paper, flock, foil dan natural fiber. Sehingga kita bisa menentukan kualitas dan pemakainnya untuk disesuaikan dengan jenis kegunaan ruangan.

  1. Pemasangannya mudah.

Jika dibandingkan dengan material lain, apalagi untuk membuat tampilan dinding yang bermotif dan dekoratif, wallpaper adalah yang paling mudah dalam pemasangannya. Karena lembaran-lembaran wallpaper sudah dicetak dengan motif tertentu dan kita tinggal menempelkan pada dinding dengan bantuan lem. Bahkan kita bisa mengerjakannya sendiri proses pemasangannya, walaupun tenaga ahli tetap memberikan hasil yang lebih baik.

  1. Mampu menutup retak pada dinding dengan sempurna.

Karena wallpapar adalah lapisan yang mempunyai struktur tersendiri, sehingga jika ada keretakan tembok, maka wallpapaer tidak akan ikut retak dan bisa menutupi keretakan itu.

Dapat uang sambil gratis berlibur dibali??? kenapa tidak??

Info lengkap klik disni

  1. Bisa bongkar pasang.

Bagi yang mempunyai kecenderungan sering pindah rumah, lapisan dinding ini sangat berguna, karena bisa dilepas dan dipakai lagi. Ini jika menggunakan wallpaper yang lapisan dasarnya terbuat dari kain atau serat (fiber, woll, dll).

  1. Bisa digunakan untuk melapisi berbagai macam materal dinding, mulai dari dinding concrete/semen, kayu, plywood, dll. itulah keuntungan memakai wallpaper dingin

Kerugian Wallpaper Dinding

Agak sulit memang menemukan kerugian wallpaper dibandingkan menemukan keuntungannya. Ini karena sekarang kualitas wallpaper sudah benar-benar berkembang dan semakin baik.

  1. Harga wallpaper relatif mahal.

Dari segi harga, memang wallpaper relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan cat. Tetapi untuk cat dengan kualitas tinggi, bisa dikategorikan berimbang atau malah bisa lebih murah.

  1. Mudah robek dan mudah kotor

Ini terjadi jika kita menggunakan wallpaper berbahan dasar paper murni. Wallpaper berbahan dasar paper murni, juga tidak tahan terhadap cuaca lembab. Sehingga mudah berjamur, menggelembung dan mengelupas.

  1. Untuk wallpaper dengan motif bukan pengulangan, atau gambar dan warna penuh sesuai dengan lebar dinding, jika ada perbaikan pada instalasi di dalam dinding, maka wallpaper harus dibongkar total.
  2. Tidak cocok untuk ruangan-ruangan yang heavy duty seperti dapur dan kamar mandi. Jika ingin memaksakan, maka diperlukan wallpapaer dengan spek tertentu.
  3. Pada dasarnya wallpaper hanya untuk pelapis dinding interior, untuk eksterior sangat tidak disarankan.

cara memasang wallpaper dinding

Cara Memasang Wallpaper Dinding

  1. Peralatan dan bahan: spon, sikat, lap kain, pensil, penggaris, meteran, cuter, kuas, roller, lem, wallpaper, tangga, benang.
  2. Pastikan ukuran dinding yang akan kita pasang wallpaper Ini,untuk memudahkan kita dalam pembelian wallpaper. Berikan toleransi ukuran 5%-10%.
  3. Bersihkan permukaan dinding dari noda dan minyak dengan sikat, spon atau kain.
  4. Buat pola penempelan pada dinding untuk memandu proses penempelan supaya hasilnya lebih rapi.
  5. Potong wallpaper seusai ukuran lebar bidang dan pola, beri toleransi 1 – 1,5cm.
  6. Lumuri permukaan dinding dan bagian belakang wallpapaer dengan lem.
  7. Tempelkan wallpaper mengikuti pola, dari atas ke bawah, lakukan dengan hati-hati.
  8. Pada bagian sambungan perhatikan garis pola yang sudah kita buat dan pasang dengan lebih hati-hati.
  9. Untuk memastikan wallpaper menempel sempurna, gunakan roll untuk menekan wallpaper. Lakukan berulang dari atas kebawah, sampai yakin wallpaper menempel dengan sempurna.
  10. Setelah wallpaper sudah menutupi dinding. Periksa kembali kerapian wallpaper. Lakukan perapian pada bagian sisi, ujung-ujung dan sambungan wallpaper. Potong dengan cuter untuk wallpaper yang melebihi bidang dinding dan sambungan yang kurang rapi.
  11. Bersihkan sisa-sisa lem yang mungkin menempel pada permukaan wallpaper.

Itulah beberapa point mengenai keuntungan dan kerugian memakai wallpaper dinding dan cara pemasangan wallpaper dinding, semoga bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan untuk menjadikan wallpaper dinding sebagai pelapis dinding kita.

APARTEMEN B RESIDENCE

Miliki Apartemen yang dikelilingi oleh AEON Mall, ICE, Atmajaya Dan PRASETYA MULYA di BSD CITY KLIK

 

Baca juga :
cara memilih apartemen yg menguntungkan
apa perbedaan apartemen dan condotel
lukisan yang cocok untuk kamar tidur

Tags: , , , , , , ,

Related to Apa Keuntungan Dan Kerugiannya Memakai Wallpaper Dinding