Air Terjun Saluopa Tempat Wisata Romantis di Daerah Sulawesi Tengah

Post On: 27 February 2016
By:
December 17, 2017

Air Terjun Saluopa Tempat Wisata Romantis di Daerah Sulawesi Tengah

     Air Terjun Saluopa yang berada di Sulawesi Tengah merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Lokasinya berada di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso. Dari Kabupaten Poso air terjun ini berjarak sekitar 54 km, dan dari kota Tentena hanya sekitar 12 km saja. Untuk menuju lokasi sebaiknya Anda langsung menuju kota Tentena, selanjutnya bisa menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum menuju arah barat ke Desa Tonusu. Dari desa ini Anda cukup berjalan kaki sejauh 500 meter. Nah akhirnya tibalah Anda di lokasi air terjun yang merupakan salah satu tempat wisata romantis di daerah Sulawesi Tengah.

Air Terjun Saluopa
Air terjun cantik ini tersusun atas 12 tingkat dan setiap tingkatan akan membentuk sebuah kolam kecil. Ketinggian air terjun mencapai 25 meter dan berada di lingkungan hutan wisata dimana hidup beraneka jenis flora dan fauna endemik Sulawesi. Jadi pengunjung selain bisa menikmati panorama air terjun juga bisa menjelajah kawasan hutan untuk melihat beberapa vegetasi tumbuhan dan binatang hutan. Di sekitar air terjun terdapat beberapa batuan alam yang ikut mempercantik suasana.

chadstone

apartemen NO DP
klik

Airnya yang jernih jatuh dari bawah dan mengalir diantara bebatuan yang dilaluinya. Terlihat beberapa pengunjung yang segera menceburkan diri dalam kolam air di bawah air terjun, menikmati kesejukan air pegunungan sambil bermain dan berendam. Terkadang akan muncul pelangi diantara gemuruh suara air terjun. Momen seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang air terjun yang dihiasi pelangi yang indah. Sungguh romantis, apalagi jika berfoto bersama pasangan.
Terdapat tangga batu yang merupakan akses untuk menuju ke atas. Meskipun tangga batu selalu basah oleh air namun tidak terlalu licin sehingga pengunjung bisa naik dengan mudah menuju ke tingkat-tingkat air terjun. Beberapa pengunjung juga memanfaatkan tangga batu untuk area berfoto. Setelah berbasah-basahan di air terjun, mungkin Anda ingin bertualang ke dalam kawasan hutan. Anda bisa menyusuri jalan setapak yang memang telah disediakan bagi pengunjung yang ingin mengekspolarasi hutan.

Tempat Romantis di Daerah Sulawesi Tengah
Hutan ini tergolong sebagai hutan hujan tropis seperti kebanyakan hutan di wilayah Indonesia. Panoramanya indah dan masih asri sehingga Anda akan mendengar suara riuh burung penghuni hutan yang menambah semarak suasana. Udara yang berhembus terasa sejuk dan segar menerpa tubuh membuat siapa pun merasa betah dan ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

WOWWWWWWW KERENNNNNNN : Kerawang

Namun sayang sekali, bagi yang ingin berlama-lama di sini tidak dapat bermalam karena di kawasan air terjun belum ada tempat penginapan. Jadi jika ingin bermalam Anda harus mencari tempat penginapan (hotel) di kota Tentena dan barulah pada esok harinya kembali ke lokasi ini untuk melanjutkan berwisata di Air Terjun Saluopa yang indah dan romantis.

Baca juga :
Gudang Siap Huni Di Tangerang
Pasif income Terbaik Di lombok

Tags: , , , ,

Related to Air Terjun Saluopa Tempat Wisata Romantis di Daerah Sulawesi Tengah