Konsep Gaya design Interior Industrial

Post On: 18 May 2016
By:
January 26, 2018

Konsep Gaya design Interior Industrial

Mungkin kita pernah mendengar Gaya design Interior Industrial. Gaya design yang berkesan maskulin ini, mulai mencuri perhatian para pencinta desain interior akhir-akhir ini. Dengan tampilan yang alami, namun tetap terkesan modern dan  memiliki karakter yang begitu kuat. Kesan lain yang bisa kita rasakan dari konsep industrialist adalah kesan kuat dan bertenaga. Mulai diliriknya gaya design industrial ini mungkin disebabkan oleh kejenuhan pada gaya design yang beberapa tahun terakhir sangat menguasai, modern dan minimalist.

design interior rumah

Namun seperti apa sih sebenarnya konsep industrial pada design interior rumah itu? Untuk lebih mengenal dengan gaya industrial, maka pada artikel kali ini kita akan membahas satu persatu Konsep Gaya design Interior Industrial dengan segala ciri khas dan keunikannya.

Ekspos Struktur Bangunan

Ciri yang biasa diperlihatakan pada konsep desain ini adalah dengan mengekspos struktur bangunan. Kolom-kolom atau balok-balok (beton, kayu atau baja) atau struktur atap sering dibiarkan terlihat dengan jelas, beberapa ada yang di finish, namun ada juga yang dibiarkan unfinish. Beberapa contoh seperti, tangga baja, railing dari baja.

Ekspos Material Bangunan

Dalam interior industrial tampilan seperti semen, batu bata, beton, kayu, dll. Sering dengan sengaja diekspos. Karakter-karater dari setiap material sengaja ditonjolkan untuk memberikan ciri khusus yang lebih berkarakter. Beberapa contohnya adalah ekspos tampilan batu bata. Ada juga dengan menampilkan batu bata dengan tampilan yang dicat dengan warna cerah yang senada (biasanya warna-warna yang dipilih adalah putih dan keabu-abuan). Pemakaian lantai beton juga sering diterapkan untuk memberi kesan yang kuat. Material-material bekas (recycle) juga sering diterapkan untuk konsep ini.

Apartemen bernuansa bali dengan mini golf

Info lengkap klik disni
Info lengkap klik disni

Tampilan Instalasi

Pada konsep design lain, instalasi seperti pipa air, instalasi listrik, saluran ac, dll, sering kali disembunyikan. Namun pada konsep design industrialist, tampilan pipa air,  instalasi listrik, dll, justru dijadikan semacam ornamen. Tentunya pemasangan beberapa instalasi tersebut haruslah rapi dan teratur. Tampilan pipa air yang di cat dengan warna yang berani (misal merah atau biru) akan sangat mempertegas tampilan industrial jika digabungkan dengan dinding semen atau bata yang dicat abu-abu.

Furniture Industrialist dan Minimalist

Pemakaian furniture juga menentukan dalam pengaplikasian konsep ini. furniture – furniture yang modern dan minimalis membuat pembeda agar interior punya point yang tetap modern. Furniture dengan bahan kayu yang natural, metal dengan gaya yang modern juga sering ditambahkan.

Warna

Dengan beberapa material yang diekspos pemakaian warna biasanya diselaraskan untuk menciptakan effect monocrom pada interior. Namun di beberapa bagian (seperti ornamen, furniture, dll) sering menggunakan warna yang berani seperti pada konsep design minimalis.

Tata Cahaya

Secara pencahayaan konsep desain ini juga hampir sama dengan konsep – konsep design yang modern. Namun yang sering membedakan adalah penggunaan lampu-lampu yang berkesan industrial, dari neon sampai lampu gantung yang sering digunakan untuk pabrik.

Ornamen

Bentuk-bentuk ornamen pada design industrialist tidak jauh berbeda dengan apa yang diterapkan pada design modern dan minimalist, yaitu berupa garis-garis tegas dan tegak lurus. Hal inilah yang membuat design industrialist tetap berkesan modern, walaupun sering menampilkan beberapa material yang natural. Ornamen dari kawat anyam juga bisa dimanfaatkan untuk railing tangga, room devider, atau hiasan pada dinding yang bisa digunakan untuk menggantung sesuatu.

konsep design interior rumah

 

Semoga artikel Gaya design Interior Industrial ini bermanfaat bagi anda dan memberikan inspirasi yang dapat membuat anda lebih kreatif

 

 

Baca juga :
di jual rumah Di modernland Tangerang
Gudang Siap Pakai di pergudangan Dadap

Tags: , , , , , ,

Related to Konsep Gaya design Interior Industrial