Kepulauan Wakatobi Tempat Wisata Terindah di Daerah Sulawesi Tenggara

Post On: 1 March 2016
By:
December 25, 2017

Kepulauan Wakatobi Tempat Wisata Terindah di Daerah Sulawesi Tenggara

Kepulauan Wakatobi yang terletak di Sulawesi Tenggara merupakan Kepulauan Raja Ampat kedua dan menyimpan potensi yang hampir sama, yaitu sama-sama mengandalkan keindahan pantai, terumbu karang, serta biota lautnya. Terdapat empat pulau besar di Kepulauan ini, yaitu Pulau Wangiwangi, Pulau Tomia, Pulau Kalidupa, dan Pulau Binongko. Nama kepulauan Wakatobi juga diambil dari potongan nama depan keempat pulau tersebut, yaitu Wa-Ka-To-Bi.

dijual gudang di tangerang

gudang siap huni kondisi terawat klik here

Kepulauan ini secara administratif berada di wilayah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada tahun 1996, kawasan kepulauan dinobatkan sebagai kawasan Taman Nasional Wakatobi yang memiliki luas area sekitar 1,39 juta hektar, meliputi wilayah darat dan laut. Sebagai kawasan taman nasional, kepulauan ini layak dijuluki tempat wisata terindah di daerah Sulawesi Tenggara. Kepulauan ini sangat subur, di mana di keempat pulaunya tumbuh berbagai jenis vegetasi tumbuhan, dan di pinggir pantai terdapat hutan mangrove.

Sebenarnya sejak belum diresmikan sebagai kawasan Taman Nasional, kepulauan ini telah lama menjadi tujuan wisata bagi masyarakat domestik maupun mancanegara. Kepulauan Wakatobi memang sangat layak jika menjadi tujuan wisata favorit, bahkan kepulauan ini sering dimasukkan oleh beberapa agen wisata dalam daftar destinasinya.

kepualauan wakatobi, Tempat Terindah di Sulawesi Tenggara

Sebagai kawasan yang mengandalkan produk wisata bahari, daya tarik utama kawasan ini adalah pada laut dan sumber daya lautnya. Umumnya para wisatawan menghabiskan waktu mereka di pantai-pantai dan di kedalaman laut. Para wisatawan begitu senang bergumul dengan hamparan pasir putih di tepian pantai-pantai Kepulauan Wakatobi. Setelah merasa puas, mereka akan turun ke laut untuk mengekspolrasi alam bawah laut, berenang bersama ratusan jenis ikan berwarna-warni dan bersnorkeling untuk menyaksikan keindahan terumbu karangnya yang sangat terkenal.

Di sepanjang area bawah laut kawasan kepulauan juga terdapat berbagai jenis karang yang tentunya menambah nilai keindahan alam Wakatobi, seperti flat, slop, atoll, drop-off, dan underwater cave. Beberapa jenis karang yang terdapat di Wakatobi ini termasuk jenis karang yang unik dan langka karena warnanya yang bermacam-macam. Beberapa wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini sering dibuat terkagum-kagum dengan tampilannya, bahkan ada yang rela untuk berfoto di bawah laut.

 

The next Rest area terbesar

Info lengkap klik disni

Selain itu masih ada keindahan lain yang bisa Anda saksikan, yaitu kekayaan biota lautnya. Di Kepulauan Wakatobi terdapat ratusan jenis spesies ikan, dan 93 spesies diantaranya tergolong spesies ikan langka, antara lain Napoleon (Cheilinus undulatus) Cephalopholus argus, Takhasang (Naso unicornis), Pogo-pogo (Balistoides viridescens), Baronang (Siganus guttatus), Ikan merah (Lutjanus biguttatus), Chaetodon specullum, Amphiprion melanopus, Caesio caerularea, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, dan lain sebagainya.

Berwisata ke Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Tenggara seakan menjelajahi surga dunia. Keindahannya seakan tiada habisnya dan membuat para wisatawan selalu ketagihan dan ingin kembali ke sana. Bagaimana dengan Anda? Ayo berkunjung ke Wakatobi!

Baca juga :
Apartemen bernuansa resort di bali

Tags: , , , , ,

Related to Kepulauan Wakatobi Tempat Wisata Terindah di Daerah Sulawesi Tenggara