Kepulauan Raja Ampat Tempat Wisata di Irian Jaya

Post On: 25 March 2016
By:
December 30, 2017

Kepulauan Raja Ampat Tempat Wisata di Irian Jaya

 Ini dia, ikon dan rajanya Kepulauan Indonesia, Raja Ampat. Keindahannya telah tersohor di seluruh dunia sebagai salah satu surga kekayaan alam bawah laut yang paling lengkap di Bumi. Berlokasi di ujung barat laut dari Bird’s Head Peninsula Pulau Papua dan menjadi bagian dari provinsi Papua Barat, Indonesia, Kepulauan Raja Ampat menjadi destinasi tempat wisata terindah di daerah Irian Jaya yang dirangkai oleh lebih dari 1.500 pulau – pulau kecil.

Nama Raja Ampat yang juga berarti Empat Raja diberikan untuk pulau – pulau indah ini. Nama ini berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud adalah pulau Waigeo, pulau Salawati, pulau Batanta dan pulau Misool yang keempatnya merupakan penghasil lukisan batu kuno. Daya tarik utama pulau ini, adalah pemandangan bawah lautnya yang mengagumkan semua orang yang melihatnya karena kaya akan ekosistem laut yang unik.

Raja Ampat

Wilayah kepulauan Raja Ampat terbentang seluas hampir 4.6 juta hektar tanah dan laut yang menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 jenis ikan serta 700 jenis moluska. Kekayaan ini menjadikan Kepulauan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut terkaya di dunia. Bahkan menurut data The Nature Conservancy and Conservation International, 75% spesies laut di bumi, tinggal di kepulauan ini, terbayang bukan, bagaimana keindahan laut kepulauan Raja Ampat ini.

Pemandangan laut Raja Ampat akan seperti mimpi bagi anda yang mengeksplorasinya dengan mata anda sendiri. Berbagai kuda laut kecil hingga ikan tuna, giant trevalies, snapper hingga barracuda akan menyambut anda ketika anda  bergabung dalam kerajaan bawah laut yang mempesona ini.

Untuk mengunjungi Raja Ampat anda harus terbang menuju Bandar Udara Dominique Edward Osok atau Sorong Airport yang terletak di ujung Papua. Berbagai maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air atau Xpress Air menawarkan rute penerbangan menuju Sorong dari berbagai wilayah seperti Jakarta, Manado atau Makassar. Untuk jalur laut, anda juga bisa menggunakan Kapal Pelni dari Manado, Ambon, Ternate atau Makassar. Setelah tiba di Sorong, perjalanan selanjutnya yang harus anda tempuh adalah dengan menggunakan kapal atau boat dari Pelabuhan Sorong menuju Waisai di Pulau Waigeo dengan jarak tempuh sekitar 1.5 hingga 2 jam.

Tempat Wisata Terindah di Irian Jaya

Eksplorasi Raja Ampat dilakukan dengan menggunakan kapal atau boat karena kawasan ini memang merupakan kawasan kepulauan tidak berpenghuni dan perairan. Untuk memudahkan tur wisata anda, anda bisa memilih untuk menggunakan jasa paket perjalanan yang biasanya akan melayani perjalanan eksplorasi kepulauan Raja Ampat dengan menggunakan smallboat atau diveboat. Dengan begitu akan lebih mudah bagi anda jika ingin menuju tempat – tempat tertentu untuk menyelam.

Saat ini terdapat beberapa resort termasuk resort tradisional. Meskipun tidak ramai, tetapi anda bisa menyewa hotel atau rumah sewaan di Saonek, Mansuar dan pulau – pulau Yenwaupnor. Jadi jangan berpikir panjang untuk menikmati surga Kepulauan Raja Ampat, setelah cukup dengan kerajaan bawah lautnya anda bisa menikmati aktivitas lain seperti mengunjungi burung cendrawasih, menikmati pulau – pulau karang, menjelajahi gua kelelawar, memancing tradisional atau trekking. Satu paket wisata lengkap menjelajah surga timur Indonesia.

villa dibali

liburan sambil berinvestasi di bali…klik here

 

Lihat videonya di sini

Baca juga :

mau berlibur di lombok gratis setahun 21 kali? klik infonya

Tags: , , ,

Related to Kepulauan Raja Ampat Tempat Wisata di Irian Jaya