Apa Perbedaan Apartemen dan Condotel

Post On: 6 March 2016
By:
January 7, 2018

Apa Perbedaan Apartemen dan Condotel

    Ketika lahan untuk mendirikan tempat tinggal di daerah strategis, seperti perkotaan, sudah semakin sempit, maka banyak orang yang mulai berpikiran untuk tinggal di tempat hunian yang bertingkat, seperti rumah susun, apartemen atau juga condotel.Tentunya semua orang sudah paham akan arti dan fungsi dari rumah susun, namun bagaimana dengan apartemen dan condotel? apa perbedaan apartemen dan condotel ? Mari simak pembahasannya berikut.

 

Perbedaan Apartemen dan Condotel

Apartemen

Sekarang ini di Indonesia, apartemen bukan suatu hal yang aneh atau baru lagi karena di kota-kota besar di Tanah Air, bangunan seperti ini sudah banyak didirikan dan mulai menjamur. Akan tetapi pertanyaan yang muncul adalah “Apa itu apartemen?”

     Apartemen adalah suatu tempat hunian yang mirip seperti rumah namun terbagi menjadi beberapa lantai dan setiap lantainya berisikan unit-unit atau ruang untuk ditinggali. Ruang tinggal di dalam sebuah apartemen berisikan ruang tamu yang terkadang juga merangkap sebagai ruang keluarga dan ruang santai, kamar tidur, kamar mandi, dapur dan lain sebagainya.

Model tempat hunian seperti ini sangat marak di kota metropolitan seperti Jakarta dan banyak orang yang menyukainya karena terkesan elit juga modern. Tidak hanya itu saja, rata-rata bangunan apartemen didirikan di tempat-tempat strategis yang berdekatan dengan pusat perkantoran, industri atau bisnis, perbelanjaan, hiburan sampai dengan sekolah.

The next Rest area terbesar

Info lengkap klik disni

Selain sebagai tempat tinggal, apartemen juga dapat dijadikan lahan bisnis atau investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan harga apartemen selalu naik dari tahun ke tahun. Banyak dari pebisnis lokal atau luar negeri yang tidak membutuhkan waktu lama berada di Indonesia dan ingin melakukan aktivitas bisnisnya di suatu kota namun malas untuk tinggal di hotel, maka dapat menyewa sebuah apartemen.

Harga tiap unit dalam sebuah apartemen sangat beragam, tergantung dari developer yang menetapkan harganya. Tidak hanya itu saja, harga tersebut juga dipengaruhi oleh lokasi dan fasilitas yang ada.

Untuk memiliki satu unit atau lebih di dalam sebuah apartemen, maka Anda harus memiliki sertifikat Strata Title yang memiliki batas waktu sampai dengan 30 tahun dan dapat diperbarui ketika masa berlakunya sudah mendekati batas akhir.

 

APARTEMENT CHADSTONECondotel

Selain apartemen, ada satu lagi tempat hunian lux yang dikenal dengan istilah condotel. Apa itu condotel? Condotel adalah sebuah istilah yang disematkan kepada tempat hunian berupa condominium dan hotel yang kemudian keduanya digabung dan disingkat menjadi condotel.

Dikarenakan memiliki konsep hotel, maka di dalam condominium tersebut terdapat juga meja resepsionis atau lobi, jasa cleaning service sampai dengan fasilitas-fasilitas lain, layaknya sebuah hotel. Seperti halnya apartemen, sebuah unit condotel dapat dimiliki perorangan dan sang pemiliknya dapat menyewakan unit tersebut kepada pihak lain.

Tidak hanya itu saja, rata-rata condotel juga dibangun di atas lahan yang lokasinya sangat strategis. Sayangnya, dibandingkan dengan apartemen, jumlah condotel di Indonesia masih relatif sedikit karena memang harga tiap unitnya sangat mahal.

condotel amarsvati di lombok

Perbedaan condotel dan apartemen

apa perbedaan condotel dan apartemen? Secara umum, baik condotel atau juga apartemen memiliki persamaan, yaitu dikelola dan memiliki konsep mirip hotel dengan berbagai fasilitas juga layanan yang disediakan oleh pemilik bangunan untuk digunakan oleh para pemilik unit.

Namun apa perbedaan apartemen dan condotel dapat dilihat dari fungsi dan investasinya. Jika seseorang membeli sebuah unit di apartemen, maka dia berhak menghuni atau menempatinya sendiri atau disewakan kepada orang lain.

Sedangkan untuk condotel, seorang pemilik unit tidak bebas untuk menempatinya karena unit yang dimilikinya akan dikelola oleh manajemen hotel menjadi sebuah kamar. Akan tetapi, sang pemilik tetap dapat menikmati kenyamanan unitnya tersebut atau dengan istilah free stay dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pihak hotel.

Dari sisi income, condotel merupakan pendapatan pasif yang cukup menggiurkan, apalagi tempat atau lokasinya berada di pusat bisnis atau hiburan dan sang pemilik tidak perlu repot untuk mencari penyewa karena sistemnya sudah diatur oleh pihak hotel.

Sedangkan apartemen yang juga merupakan sumber pendapatan pasif, sang pemilik harus mencari sendiri penyewa dari unit yang dimilikinya atau juga dapat diserahkan kepada pihak developer dengan catatan ada fee khusus untuk jasa pencarian tersebut. demikian sekilas Apa Perbedaan Apartemen dan Condotel, semoga bermanfaat

menikmati nuansa resot bali di jakarta selatan

 

Baca juga :

condotel di lombok

Tags: , , , , ,

Related to Apa Perbedaan Apartemen dan Condotel