Cara Merawat Furniture dari Kayu

Post On: 20 May 2016
By:
January 5, 2020

Cara Merawat Furniture Dari Kayu

Furniture dari kayu selalu bisa memberikan karakter yang khas dan kuat pada interior rumah kita. Keunggulan furniture dari kayu adalah, tampilan dari serat yang indah juga warna yang natural. Kayu juga merupakan material yang mudah dibentuk sesuai keinginan, sehingga bisa diterapkan keberbagai konsep design. Dari konsep design modern sampai yang berbau vintage dan tradisional. Itulah beberapa alasan yang membuat furniture kayu menjadi pilihan untuk beberapa design interior.

 

Namun keunggulan kayu tersebut bukan berarti tanpa kelemahan. Pori-pori pada serat kayu sering membuat material ini rentan terhadap kelembaban udara dan air, yang sering memunculkan masalah berikutnya, seperti jamur dan lapuk. Selain itu, material ini memiliki musuh alami, yaitu serangga.

cara merawat furniture dari kayu

Dengan beberapa resiko tersebut maka furniture kayu membutuhkan perhatian khusus, agar furniture kayu bisa terhindar dari masalah-masalah tersebut. Berikut adalah cara merawat furniture kayu agar lebih awet dan tahan lama.

  1. Hindari penempatan furniture kayu pada ruang-ruang yang lembab yang berpontensi menimbulkan tumbuhnya jamur dan mengundang serangga (rayap). Hindari juga terpaan sinar matahari langsung dengan intensitas tinggi (kecuali untuk furniture yang memang didesain untuk kebutuhan outdoor).
  2. Bersihkan furniture secara rutin, untuk menghilangkan debu yang menempel pada permukaan furniture kayu kita. Cara pembersihannya adalah dengan lap kering (microfiber) atau pada bagian bertekstur bisa dengan penyedot debu.
  3. Untuk noda membandel sebaiknya gunakan pembersih khusus untuk furniture kayu, namun hindari pembersih furniture yang mengandung aceton, metanol, toluen dan berbagai bahan solvent lainnya, karena berpontesi merusak lapisan top coating. Bisa juga menggunakan air bersih dengan sedikit detergent. Jika furniture terkena kotoran seperti minyak, sisa makanan, cat, dll. Sebaiknya segera bersihkan, agar kotoran tersebut tidak meresap pada pori-pori kayu yang mengakibatkan kotoran susah untuk dibersihkan.
  4. Untuk mempertahankan warna dan keindahan permukaan furniture kayu, kita bisa menggunakan furniture polish. Pengaplikasian furniture polish biasanya adalah dengan menyemprotkan cairan polish ini kepermukaan furniture atau lap (microfiber), lalu gosok furniture dengan lap (microfiber) tersebut. Hasil dari penggunaan furniture polish ini adalah furniture selalu tampak baru dan biasanya memberi kesan mengkilap pada permukaan furniture.
  5. Hindari kontak langsung permukaan furniture kayu dengan material-material yang berpotensi membuat goresan pada permukaan furniture, seperti benda tajam. Untuk meletakan benda-benda yang berpontensi menggores di atas furniture kayu sebaiknya gunakan alas seperti kain. Misalnya seperti penggunaan tatakan atau taplak meja. Untuk memindahkan benda yang berat, hindari menggeser, lebih baik diangkat.

furniture dari kayu

Itulah beberapa cara merawat furniture kayu. Dengan langkah-langkah di atas, furniture kayu kita akan lebih awet, tahan lama dan memiliki usia yang lebih panjang. Furniture kayu yang memiliki usia yang lebih panjang tentunya memberi kelebihan tersendiri. Karena seperti sifat khusus kayu, semakin tua usianya, maka akan semakin terlihat karakternya khasnya.

Tags: , , , , ,

Related to Cara Merawat Furniture dari Kayu