Cara Mengecat Tembok Yang Benar

Post On: 19 April 2016
By:
January 12, 2018

Cara Mengecat Tembok Yang Benar

Kita tentu berharap tembok atau dinding rumah kita selalu kelihatan menarik, bersih, berkarakter dan dapat memberikan nuansa tersendiri terhadap penampilan rumah kita. Salah satu cara untuk memenuhi harapan kita itu, adalah dengan cara mengecat tembok tersebut. Karena sentuhan warna bisa menggambarkan karakter penghuninya, tentunya jika dengan pengaplikasian cat yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengecat tembok yang benar.

cara mengecat yang benar

Persiapan

  1. Siapkan bahan dan alat :
  • Cat Tembok. Pastikan sudah melakukan riset atau perencanaan terlebih dahulu untuk pemilihan warna yang sesuai dengan konsep yang kita inginkan (Tips: gunakan cat tembok siap pakai, atau baca aturan pemakaian pada kemasan cat). Filler. Untuk mengisi lubang sisa paku pada tembok.
  • Peralatan: Sikat, Kape (scrapper), Amplas, Kain Lap, Tang, Lakban, Cutter, Kuas, Roller, Tempat Cat dan Tangga.
  • Peralatan keamanan: Sarung Tangan, Masker, Kaca Mata.
  1. Untuk permukaan tembok baru.
  • Pastikan permukaan tembok sudah benar-benar kering. Beri waktu kurang lebih sebulan setelah proses pengacian.
  • Pastikan kadar air dan kelembaban tembok. Untuk mengukur kadar air pada tembok bisa menggunakan alat protimeter, dengan cara menempelkan plastik 3cmx3cm pada permukaan tembok selama 24 jam, lalu tusukan jarum potrimeter pada plastik tersebut. Jika protimeter menampilkan data pada area warna kuning dan hijau, menandakan tembok sudah kering (kadar air dibawah 18%) . Atau jika tidak ada protimeter bisa juga dengan cara yang sangat sederhana, dengan menempelkan telapak tangan untuk merasakan masih dingin atau basah. Atau melihat warna semen, jika abu-abu gelap berarti semen masih basah, jika abu-abu muda (lebih terang) semen sudah kering.
  • Periksa juga kadar alkali tembok. Dengan cara menempelkan kertas lakmus (pH indikator papaer neuralit) selebar 2-3cm pada permukaan tembok yang sudah dibasahi dengan air. Jika warna kertas berubah biru maka tembok belum layak untuk dicat. Jika warna kertas lakmus berubah menjadi hijau maka tembok layak untuk dicat.
  • Jika ada permukaan tembok yang tidak rata, bisa dilapisi plamir untuk meratakan permukaan (tidak disarankan melapis seluruh permukaan, cukup hanya permukaan yang cekung saja supaya permukaan tembok lebih rata).
  • Bersihkan permukaan tembok dari noda kotoran debu, pengapuran semen, minyak, dll, dengan menggunakan amplas dan sikat, basuh dengan air bersih.
  • Untuk hasil yang lebih sempurna bisa mencuci tembok dengan cara membasuhkan larutan klorida dengan kuas. Biarkan 2-3 jam, lalu bilas dengan air.

The next Rest area terbesar di timurnya jakarta

Info lengkap klik disni

 

  1. Untuk permukaan tembok lama
  • Jika ada bagian yang berjamur, cuci dengan detergent atau semprot dengan fungisida, diamkan minimal 24 jam. Lalu bersihkan dengan sikat atau kain berserat dengan guyuran air.
  • Untuk cat tembok lama yang terkelupas atau menggelembung, lebih baik lapisan cat lama dikelupas seluruhnya, dan diamplas hingga bersih, (hal ini berlaku juga untuk cat lama, yang sudah berlapis-lapis dan sudah sangat tebal lapisannya).
  • Jika ada noda yang membandel, atau jika ada bagian yang kasar cenderung menonjol bersihkan dengan amplas dan kape.
  • Jika ada lubang bekas paku atau retakan, sebaiknya ditutup dulu dengan menggunakan wall filler lalu amplas hingga rata.
  • Bersihkan tembok dengan sikat, spon atau lap kering, untuk menghilangkan kotoran seperti debu dan minyak.
  1. Singkirkan dan jauhkan benda-benda, seperti furniture, dari tembok yang akan dicat. Atau juga bisa ditutup dengan plastik, kertas atau koran bekas.
  2. Untuk area yang tidak dicat dan berhubungan langsung dengan tembok, seperti kusen pintu dan jendela, plafon dan lantai bisa ditutup dengan menggunakan kertas atau koran bekas. Dan sisi yang bersentuhan dengan sisi tembok hingga menciptakan garis, seperti sudut pertemuan dinding dengan plafon, pada permukaan yang tidak dicat tutup dengan lakban. Ini utuk keefesienan pengecatan tembok kita.
  3. Pelapisan cat dasar (alkali Sealer). Alkali Sealer adalah cat tembok berwarna putih berbahan dasar latek, 100% emulsy acrylic. Cara pengaplikasiannya dengan cara dikuaskan saja atau bisa menggunakan roll pada permukaan tembok yang sudah bersih. Tujuannya adalah agar tembok memiliki daya rekat yang tinggi terhadap cat. Selain itu juga bisa memberikan perlindungan terhadap resiko jamur. Biarkan sampai cat dasar benar-benar kering.
  4. Jika ingin menciptakan pola pada dinding, gunakan lakban untuk membuat pola tersebut.

mengecat tembok yang benar

cara mengecat Tembok yang benar

  1. Cat terlebih dahulu bagian-bagian yang berhubungan langsung dengan bagian yang tidak dicat, seperti sudut pertemuan dinding dengan plafon, dinding dengan tembok, atau pertemuan-pertemuan dengan kusen.
  2. Gunakan kuas yang kecil untuk poin di atas (abaikan jika kita sudah memasang pelindung seperti lakban untuk bagian yang tidak dicat)
  3. Untuk bagian yang lebih luas dan terbebas dari sudut atau benda yang tidak dicat, untuk hasil yang lebih cepat, lakukan dengan roll, dengan gerakan dari atas ke bawah dan sebaliknya berulang sampai cat menempel rata. (Jika tidak ada roll, lakukan teknik pengecatan zig-zag dari atas ke bawah dengan kuas yang lebih lebar).
  4. Untuk penggunaan roll, untuk memudahkan gunakan tempat cat khusus.
  5. Untuk cat berpola, pastikan lapisan cat pertama kering terlebih dahulu sebelum melepas lakban dan melakukan pengecatan pola berikutnya.
  6. Untuk beberapa bahan cat, mungkin perlu dilakukan secara bertahap dan pelapisan ulang untuk hasil yang lebih rata dan sempurna. Beri waktu selisih 2 jam sebelum pelapisan ulang.

pengecatan tembok

Penyelesaian Pengecatan

  1. Pastikan Cat benar-benar kering minimal 3 jam.
  2. Lepas semua pelindung lantai, plafon, kusen dan lakban.
  3. Bersihkan permukaan lantai atau permukaan lain yang mungkin tidak sengaja terkena cat.

Itulah cara mengecat tembok yang benar. Dengan pengecatan yang benar bukan hanya memberikan hasil dan kualitas yang baik untuk penampilan tembok kita. Tapi juga membuat cat di tembok/dinding kita, akan lebih awet dan tahan lama.  

 

universitas prasetya mulya

investasi dekat dengan univ prasetya mulya di jakarta selatan

Baca juga :
cara menata halaman depan rumah
menata halaman samping rumah
menata halaman belakang rumah

Tags: , , , ,

Related to Cara Mengecat Tembok Yang Benar