Tips Dan Trik Mempercantik Fasad Rumah

Post On: 29 May 2016
By:
January 30, 2018

Tips Dan Trik Mempercantik Fasad Rumah

Pada era sekarang ini, dengan berkembangnya gaya desain dan arsitektur, maka semakin banyak tampilan fasad rumah yang memiliki gaya-gaya desain yang berbeda-beda. Kita tinggal menentukan ingin konsep yang seperti apa, dari yang klasik sampai dengan yang modern.facade

Fasad ibaratnya adalah wajah sebuah bangunan, tampilan fasad yang menarik tentunya akan memberikan presentasi yang baik bagi sebuah bangunan, terlebih rumah tinggal. Fasad pada rumah juga bisa menggambarkan karakter yang ingin ditampilkan oleh penghuninya, tentunya karakter yang ingin ditampilkan oleh penghuni sebuah rumah adalah kesan yang baik.

Namun setiap konsep biasanya memiliki ciri-ciri yang sama, sehingga jika kita ingin lebih memberikan kesan yang lebih personal pada desain tampilan rumah kita, maka kita perlu bermain dengan beragam komponen-komponen fasad, agar bisa sesuai dengan karakter kita dan sekaligus mempercantik tampilannya. Berikut adalah tips dan trik mempercantik fasad rumah.

Inilah kota berteknologi yang akan ada di timurnya jakarta

Info lengkap klik disni

Permainan Komponen Fasad Bangunan

  1. Bantuk atap biasanya membentuk tampilan bangunan, kita bisa memanfaatkan bentuk atap sebagai penguat karakter fasad kita. berbagai bentuk bisa kita rencanakan saat pembangunan, dari mulai atap miring, atap segitiga, atap datar, dan beberapa bentuk atap lainnya. Bentuk atap pada teras, kanopi juga bisa menambah tampilan fasad rumah kita.
  2. Jika rumah kita memiliki kolom-kolom dengan ukuran yang lumayan besar, kita bisa mengeksposnya (menonjolkannya keluar) untuk membuat ornamen dalam bentik garis pada permukaan fasad. Kolom-kolom pada teras juga bisa dimanfaatkan.
  3. Pintu dan jendela juga bisa memberi kesan pada fasad kita. Pemilihan bentuk jendela atau pintu yang tepat bisa mempercantik fasad rumah kita. Jika jendela kita memiliki teritisan, bentuk desain dari teritisan juga bisa disesuaikan.

mempercantik facad rumah

Material Dan Finishing

  1. Beragam material dengan berbagai karakteristiknya bisa kita manfaatkan, dari mulai semen sampai batu alam. Penggabungan beberapa material juga bisa membuat fasad tidak monoton dan terkesan kaku, misal tembok semen yang di beberapa bagian ditempel batu alam di padu dengan jendela dari kayu.
  2. Finishing yang baik dan sesuai dengan tema desain rumah akan membuat fasad rumah kita menjadi lebih cantik, beberapa finishing fasad berikut misalnya.
  • Cat : Permainan warna yang sesuai.
  • Ekspose Material : Menerapkan berbagai teknik ekspos material yang tepat dan padu padan material yang sesuai.
  • Cladding : Kayu, Batu Alam, Vinyl, dsb

fasad rumah

Ornamen Dan Faktor Pendukung

  1. Membuat Ornamen Pada Setiap Komponen Fasade

Sepeti membuat modul-modul pada dinding atau kolom. Ornamen bisa memanfaatkan penggabungan material atau teknik finishing pada komponen fasad.

  1. Screen

Penambahan screen pada fasad juga bisa jadi pilihan, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan cladding yang menyisakan ruang (berjarak dengan dinding), atau juga bisa menggukan berbagai jenis roster yang disusun menjadi dinding secondary.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan akan memberikan efek dramatis pada tampilan fasad kita, penempatan titik lampu yang tepat akan membuat cahaya yang ada akan membuat fasad rumah kita semakin menawan. Selain itu desain bentuk lampu (seperti lampu dinding) bisa memberi ornamen tersendiri.

  1. Tanaman Dan Taman Vertikal

Memanfaatkan tanaman untuk menghias fasad rumah kita juga sebuah ide yang bagus, misalnya memanfaatkan tanaman rambat, atau kita siapkan sebuat media tanam pada dinding dengan ketinggian tertentu untuk menempatkan tanaman sejenis bunga atau tanaman hias lainnya. Menyusun pot-pot yang berisi tanaman secara vertikal, baik menempel pada dinding atau dibuat semacam screen juga bisa diterapkan.

APARTEMEN B RESIDENCE

Miliki Apartemen yang dikelilingi oleh AEON Mall, ICE, Atmajaya Dan PRASETYA MULYA di BSD CITY KLIK

Baca juga :
Apartemen mewah bernuansa resort bali
Dijual Cepat Apartemen Mediterania Ancol
Dijual Gudang Siap pakai di komplek Pergudangan 8

Tags: , , , , , ,

Related to Tips Dan Trik Mempercantik Fasad Rumah