Taman Nasional Tanjung Puting Tempat Wisata Terindah di Kalimantan Tengah

Post On: 18 February 2016
By:
March 15, 2017

Taman Nasional Tanjung Puting Tempat Wisata Terindah di Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan sebuah taman nasional yang menjadi salah satu destinasi wisata terindah di Kalimantan Tengah. Kawasan dengan luas kurang lebih 415.040 hektar ini merupakan tempat penangkaran orang utan pertama di Indonesia. Berwisata di taman nasional ini selain menikmati panorama alam juga merupakan wisata sains. Taman Nasional Tanjung Puting secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Kumai, Kabupaten Kota Waringin Barat.

 

Taman nasional tanjung puting
Taman nasional ini terdiri dari beberapa tipe ekosistem yaitu hutan hujan tropis, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan pantai, hutan sekunder, hutan tanah kering dan dataran rendah. Jika ingin berkunjung ke taman nasional yang merupakan salah satu tempat wisata terindah di Kalimantan Tengah ini, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Pangkalan Bun lalu menuju ke Kumai yang berjarak kira-kira 8 km. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju taman nasional melalui Sungai Sekonyer menggunakan kapal klotok yang akan memakan waktu sekitar 2 jam. Atau jika Anda ingin tiba lebih cepat bisa dengan menggunakan speed boat.

Di sepanjang perjalanan Anda akan merasakan serunya bertualang membelah hutan Kalimantan yang masih alami. Anda bisa menyaksikan beberapa kera ekor panjang dan bekantan yang bergelantungan di pepohonan di sepanjang aliran sungai. Terkadang muncul pula biawak atau ular sungai. Ada pula jenis tumbuhan pemakan serangga yang unik, yaitu kantong semar. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam maka sampailah Anda ke lokasi tujuan. Anda bisa langsung menuju pintu masuk dan akan disambut oleh beberapa petugas.

Tempat Terindah di Daerah Kalimantan Tengah
Setelah lolos pemeriksaan silakan Anda masuk ke lokasi dan mulailah untuk menjelajah. Untuk itu sebaiknya Anda mengajak petugas yang akan memandu Anda. Anda akan diajak untuk menyaksikan kehidupan dan perilaku aneka jenis satwa yang hidup di Taman Nasional Tanjung Puting ini. Beberapa satwa yang dilindungi antara lain: orang utan (Pongo pygmaeus), owa kalimantan (Hylobates agilis), bekantan (Nasalis larvatus), dan beruang madu (Helarctos malayanus). Beberapa satwa lainnya adalah lutung merah, rusa sambar, pelanduk kancil, dan babi janggut. Secara keseluruhan terdapat 38 jenis satwa yang hidup di sini.

Terdapat pula 200 jenis burung yang hidup di kawasan taman nasional ini antara lain Sandang lawe (Ciconia stormi) yang merupakan jenis burung langka. Ada pula jenis burung Anhinga melanogaster, Ardea purpurea, dan Egretta alba. Selain itu hidup pula jenis reptil seperti buaya muara (Crocodilus porosus), dan buaya sinyulong(Tomistoma schlegeli), serta labi-labi (Trionyx cartilagineus).

Selain merupakan habitat bagi beraneka jenis satwa, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis tumbuhan, antara lain jenis paku-pakuan, kayu damar, cendana, kruing, meranti, dan lain sebagainya. Ayo jelajahi Taman Nasional Tanjung Puting dan rasakan serunya bertualang di hutan Kalimantan nan indah menawan!

Baca juga :
investasi terbaik di lombok
Dijual Condotel dgn letak strategis di lombok

Tags: , , ,

Related to Taman Nasional Tanjung Puting Tempat Wisata Terindah di Kalimantan Tengah