Taman Kering Di Dalam Rumah

Post On: 19 May 2016
By:
January 27, 2018

Taman Kering Di Dalam Rumah

Memiliki taman di dalam rumah bisa menambah suasana hunian menjadi lebih asri. Dengan adanya taman di dalam rumah, hunian jadi memiliki bagian yang membuat tampilan interior rumah menjadi tidak monoton dan kaku. Taman di dalam rumah juga bisa menjadi alternatif jika kita tidak memiliki lahan tersisa di luar rumah untuk membuat taman. Namun tidak semua jenis taman dapat diaplikasikan di dalam rumah. Taman kering adalah jenis taman yang sangat cocok untuk diaplikasikan di dalam rumah,Namun bagaimana membuat taman kering di dalam rumah, sehingga bisa memenuhi kebutuhan taman yang sesuai dengan hunian kita. Pada artikel berikut ini kita akan membahas beberapa ide, tips dan trik untuk membuat taman kering di dalam rumah.

taman kering dalam rumah

Menentukan Lokasi / Area Taman

Taman sebaiknya tidak mengganggu fungsi sebuah ruangan, atau sirkulasi antar ruangan. Pilihlah area atau sisa ruang (space) yang tidak tidak terpakai. Seperti sudut ruangan, bawah tangga, atau beberapa ruang yang tersisa lainnya. Kita juga bisa merencanakan taman kering ini dari sejak rumah sebelum dibangun. Misal menempatkan taman pada area transisi juga bisa menjadi pilihan.

Design Taman

Sesuaikan desain taman dengan design interior rumah kita. Jika rumah kita minimalis buatlah taman yang berkesan bersih dan tidak terlalu banyak ornamen yang bertentangan dengan konsep minimalis interior rumah kita. misal dengan tidak terlalu menggunakan beragam jenis tanaman.

Daerah ini potensial untuk berinvestasi karena memiliki UMK terbesar di Indonesia

Info lengkap klik disni

Membuat Struktur Taman

Jika kita memilih taman kering dengan beragam tanaman sintetis mungkin kita tidak terlalu pusing dengan tahap ini. tetapi jika kita menginginkan taman dengan tanaman alami, mungkin yang harus diperhatikan adalah media tanam yang memadai. Tempat untuk tanah, saluran air bersih dan kotor. Perlu diperhatikan juga untuk memperhitungkan sirkulasi udara (bukaan) ruang agar ruangan tidak menjadi lembab dengan keberadaan taman kering ini.

Pemilihan Material Dan Isi Taman

Untuk taman kering kita bisa menggunakan pot-pot untuk menempatkan tanaman. Kita bisa memilih tanaman yang memang spesifikasinya cocok untuk di dalam ruangan. Untuk membuat tanaman yang seolah-olah tertanam pada lantai taman, bisa kita buat media tanam terlebih dahulu (atau bisa dengan trik, pot yang ditanam), sebaiknya hindari tanaman yang mempunyai akar yang berkembang dan tumbuh kuat yang berpotensi merusak pot. Kita juga bisa membuat area yang kemudian ditutup dengan batu-batuan taman yang bisa dipadukan dengan beberapa balok semen, lantai kayu dan material-material lain. Kita juga bisa menambahkan batang atau dahan kayu kering untuk menampilkan kesan natural. Untuk tampilan lebih hijau kita bisa menambahkan rumput sintetis, atau jika ingin menggunakan rumput asli, perhatikan untuk media tanamnya terlebih dahulu, dan gunakan rumput yang tidak memerlukan pemotongan, misal rumput gajah, yang daunnya hanya melebar dan menempel di tanah. Bisa juga ditambahkan kolam kecil untuk sekedar membuat suasana lebih asri.

tanam kering di dalam rumah

Sarana Pendukung Taman

Untuk membuat taman kering di dalam rumah kita menjadi lebih hidup, kita bisa menambahkan beberapa ide berikut ini.

  • Tata cahaya : Lampu sorot yang mengarah ke tanaman, pancuran kolam kecil, dan beberapa bagian taman. Kita juga bisa membuat skylight pada atap yang berada tepat di atas taman.
  • Hiasan Dinding : Pada dinding di mana taman kering berada, kita bisa tambahkan ornamen, seperti batu alam, lukisan mural, atau bisa tanaman rambat atau tanaman dalam pot yang disusun vertikal
  • Pancuran Air : Pancuran yang terhubung dengan kolam kecil. Bisa juga membuat pancuran melebar yang melewati batu alam pada dinding.

 

Baca juga :
apartemen pertama di jakarta bernuansa resort bali

Investasi terbaik di lombok

Tags: , , , , , ,

Related to Taman Kering Di Dalam Rumah