Persiapan Dalam Membangun Rumah

Post On: 31 May 2016
By:
January 30, 2018

Persiapan Dalam Membangun Rumah

Persiapan Dalam membangun rumah harus melalui beberapa tahapan-tahapan penting, salah satu tahapan yang sangat penting dalam pembangunan rumah adalah persiapan, karena persiapan yang matang akan menentukan keberhasilan pembangunan rumah itu pada saat pelaksanaannya. Terutama bagi pembangunan rumah-rumah pada masa sekarang, melewati (mengabaikan) tahap persiapan pembangunan rumah adalah suatu hal yang tidak mungkin.

Dalam persiapan pembangunan rumah sendiri, memiliki beberapa tahapan atau hal-hal penting yang harus diperhatikan, yang pada akhirnya menghasilkan bangunan yang sesuai dengan rencana yang kita inginkan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa hal persiapan dalam pembangunan rumah. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam persiapan pembangunan rumah.

persiapan dalam membangun rumah

  1. Penentuan Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat, memberikan efek yang jangka panjang yang mempengaruhi kehidupan kita dan keluarga. Beberapa faktor seperti dekat dengan tempat kerja, sarana dan prasarana lingkungan yang memadai, serta kenyamanan lokasi, keamanan dan banyak faktor lainnya.

  1. Membuat Desain, Gambar, Dan Anggaran Biaya

Membuat gambar desain dan perencanaan akan membuat kita memiliki gambaran dengan jelas, seperti apa rumah yang kita bangun nantinya. Dalam tahap ini kita juga bisa menentukan beberapa hal penting seperti, kebutuhan ruang, model arsitektur bangunan, bahan-bahan yang akan kita gunakan sampai dengan kebutuhan biaya yang bisa kita sesuaikan dengan bugdet kita. Sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya salah pengerjaan bangunan atau pembengkakan biaya. Selain itu hal ini juga mempermudah kita untuk melakukan legalitas atas bangunan kita. Kita bisa menggunakan jasa profesional (konsultan perencana, arsitektur, desain interior, dll), dan memberikan ide-ide dan keinginan kita untuk bisa dijabarkan oleh mereka. Selain itu kita bahkan akan mendapatkan saran yang profesional, untuk menghasilkan bangunan rumah yang biasanya melebihi apa yang kita harapkan.

apartemen di kerawang

Next CBD kerawang….inilah investasi yang menguntungkan

  1. Mengajukan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Penting untuk tidak melanggar ketentuan hukum sebuah negara. Agar tidak terjadi masalah dikemudian hari (seperti penyegelan), maka kita harus mengajukan IMB sesuai dengan gambar rencana yang telah kita buat. Selain untuk mendapat persetujuan atas berdirinya bangunan kita, disini kita juga bisa mendapatkan arahan mengenai tata cara pembangunan rumah yang tidak melanggar peraturan. Karena biasanya sebuah daerah sudah memiliki tata kota, yang fungsinya adalah membuat setiap bagian lingkungan berfungsi dengan baik, dan tidak saling tumpang tindih yang mengakibatkan tidak nyamannya sebuah lingkungan.

persiapan pembangunan rumah

  1. Memilih Jasa Pengerjaan Pembangunan Rumah (Kontraktor Atau Tukang)

Untuk melihat sebuah jasa pembangunan rumah, mungkin kita bisa melihat portofolionya, pekerjaan-pekerjaan yang sudah mereka kerjaan. Biasanya setiap jasa pembangunan rumah juga memiliki spesifikasi sendiri-sendiri, kita bisa memilih yang lebih mendekati dengan spesifikasi rumah yang akan kita bangun. Pilih juga penyedia jasa yang kooperatif terhadap kita. Selain itu pada tahap ini, kita juga bisa melakukan seleksi penyedia jasa dari tinggi rendahnya biaya yang mereka pasang. Biasanya, saat kita melakukan tahap perencanaan (pembuatan desain, gambar dan RAB) konsultan perencanaan juga memberikan rekomendasi untuk penyedia jasa pembangunan rumah, atau terkadang memang sudah ada kerjasama, hal ini juga bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Investasi di bali memang lebih menjanjikan

Info lengkap klik disni

Itulah beberapa hal penting persiapan dalam Membangun rumah yang perlu kita perhatikan. Semua hal di atas akan membantu kita yang sedang merencanakan pembangunan rumah atau bangunan-bangunan lainnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Baca juga :
Beda HGB dan Strata Tittle
Apa Beda Apartemen Dengan Condotel

Tags: , , , , , ,

Related to Persiapan Dalam Membangun Rumah