Menata Halaman Depan Rumah

Post On: 1 April 2016
By:
January 5, 2018

Cara Menata Halaman Depan Rumah Agar Terlihat Menarik

Ketika seseorang melihat sebuah rumah, hal pertama yang dilihatnya adalah halaman depan. Bisa dibilang, halaman depan merupakan kesan pertama dari sebuah rumah. Karena itu, Anda perlu memperhatikan cara menata halaman depan rumah agar terlihat menarik.
Namun, hal itu tentu bukan sesuatu yang mudah untuk dikerjakan. Anda perlu memperhitungkan banyak hal agar landscape halaman depan tampak sempurna dan sesuai dengan model rumah. Nah, bila Anda masih bingung dengan cara mendesign halaman depan rumah agar terlihat menarik, sebaiknya simak tips berikut ini.
Membuatnya jadi lebih personal
Ingat, halaman depan bisa menjadi semacam identitas bagi pemilik rumah. Ruang itu tidak hanya membingkai keindahan rumah, tapi juga dapat membantu mengekspresikan selera dan juga kepribadian Anda.

Cara Menata Halaman Depan Rumah Agar Terlihat Menarik

Oleh karenanya, ketika memilih tanaman hias, sebaiknya sesuaikan dengan desain dan gaya arsitektur rumah.
Mengukur luas halaman depan
Pikirkan halaman depan sebagai kerah, sementara rumah sebagai kemeja. Agar landscape halaman depan tampak sempurna, Anda tentu harus memperhatikan proporsinya. Bayangkan jika Anda menanam tanaman atau pohon yang terlalu besar atau tinggi, sementara luas halaman depan Anda tidak seberapa. Maka, itu dapat membuat bagian depan rumah terlihat tidak seimbang.
Menata Halaman Depan Rumah Agar Terlihat Menarik
Jadi, pastikan bahwa landscape harus sesuai dengan skala rumah. Dan jika Anda ingin memberi privasi lebih atau menutupi bagian depan rumah, Anda bisa menggunakan pohon hias seperti cemara. Jenis tanaman itu bisa difungsikan sebagai “topeng” untuk halaman depan rumah. Setidaknya, itu akan terlihat lebih bergaya dan indah, ketimbang Anda meninggikan pagar atau dinding rumah.
Jadi lebih berani
Saat menata halaman depan rumah, jadilah lebih berani dalam bereksperimen. Anda bisa menghias landscape halaman depan dengan bunga yang beraneka warna. Jadi, tidak ada batasan untuk jumlah warna yang dapat Anda gunakan di halaman depan rumah.
Menata Halaman Depan Rumah
Jika Anda memiliki jalan utama yang mengarah ke pintu depan, buatlah garis di sisi jalan dengan menanam bunga-bunga berwarna terang. Ini akan terlihat jauh lebih indah ketimbang Anda menaruh pagar kayu atau besi.
Halaman berumput menuntut perawatan ekstra
Menutup halaman depan dengan rumput hias mungkin akan membuatnya tampak indah dan rapi. Namun, jika Anda termasuk orang yang sibuk dan jarang sekali mengurus taman, sebaiknya gunakan cara lain untuk menghias halaman depan.
Cara Menata Halaman Depan Rumah
Seperti misalnya, Anda bisa menaruh kerikil atau batu untuk menutupi area yang masih kosong di halaman depan. Sisanya bisa Anda hias dengan tanaman bunga yang memiliki warna-warna indah. Setidaknya, cara itu tidak akan menyulitkan Anda, terutama jika Anda tidak memiliki orang untuk mengurus halaman rumah.
Jalan masuk harus mudah terlihat
Ketika menata halaman depan rumah, sebaiknya perhatikan pula akses jalan masuknya. Pastikan bahwa jalan masuk menuju rumah mudah terlihat. Jika aksen semak atau pohon yang Anda tanam justru menghalangi pandangan, lebih baik itu dihapus demi kenyamanan tamu yang datang.

apartemen mewah di jakarta selatan

beli apartemen dapat mercedes banz?? klik aja

Sedikit tips tambahan untuk Anda. Agar pintu depan rumah terlihat lebih bergaya, Anda bisa mencoba meletakkan tiang lampu, aksen semak, teralis, atau pot bunga geranium teralis untuk memblokir hujan dan angin.
Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang cara menata halaman depan rumah agar terlihat menarik yang akan dibuat? Jadi, jangan pernah bosan untuk mencari referensi tentang desain rumah yang nyaman dan cantik. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk Anda!

Rumah bernuansa resort bali?? : kasamara

investasi terbaik jakarta selatan
gudang siap huni di dadap

Tags: , , , , , ,

Related to Menata Halaman Depan Rumah