Memilih Wallpaper Dinding

Post On: 22 April 2016
By:
January 15, 2018

Tips Dan Trik Memilih Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding yang memiliki corak, warna, tekstur, dan material yang sangat beragam, membuat kita mempunyai banyak pilihan untuk mempercantik tampilan dinding kita. Dari mulai motif abstrak, geometri, sampai bunga. Dari segi material, dengan berkembangnya teknologi sekarang wallpaper tidak hanya berbahan dasar kertas yang mudah robek dan tidak tahan air, tetapi beberapa wallpaper ada yang bisa dicuci dengan air. Di sisi lain, dengan banyaknya pilihan, tidak jarang malah membuat kita kebingungan untuk menentukan wallpaper jenis mana dan motif apa yang sesuai dengan keinginan kita. Pada artikel kali ini, semoga bisa membantu kita dalam memilih wallpaper dinding.

tips dan trik memilih wallpaper dinding

Macam-macam wallpaper dinding.

Sebelum kita memilih wallpaper dinding, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis wallpaper.

  1. Paper

Yang pertama ini adalah wallpaper dinding yang berbahan dasar murni dari kertas. Ini adalah jenis wallpaper yang pertama kali digunakan untuk melapis dinding. Kemudahan proses cetak motif, membuat wallpaper jenis ini mampu menghadirkan motif dengan ragam yang sangat berfariasi dan dengan detail tinggi. Harga wallpaper ini relatif murah dan pemasangannya mudah. Namun wallpaper ini memiliki kekurangan, yaitu, mudah robek, tidak tahan udara lembab, air dan api. Mudah kotor dan sulit untuk pembersihannya.

paper

  1. Heavy Duty Paper

Wallpaper dinding ini dibuat dari kertas berkualitas tinggi, sehingga wallpaper ini lebih kuat dan awet. Wallpaper ini juga bisa dicuci sehingga memudahkan perawatannya. Wallpaper ini lebih tebal dengan lapisan linen dibelakang/permukaan dasarnya. Pada beberapa motif, wallpaper ini tampil dengan permukaan yang timbul (embos). Ada juga yang menggunakan lapisan material bubur kayu dan katun. Wallpaper dinding jenis ini juga disebut dengan paintable wallpaper (karena bisa dicat), Licrusta dan Anaglypta.

Heavy Duty Paper

  1. Textile Paper (Fabric)

Material yang digunakan sebagai bahan dasar wallpaper dinding jenis ini adalah: kain,katun, linen, sutra, serat rami, tenunan bahan sintetis. Tampilan kain dengan berbagai macam corak membuat wallpaper ini memberikan nuansa hangat pada ruangan. Namun pemasangan wallpaper jenis ini tergolong sulit dan memerlukan tenaga ahli. Disamping itu wallpaper ini termasuk mudah kotor dan memerlukan ekstra perawatan.

Textile Paper (Fabric)

  1. Vinyl Paper

Wallpaper jenis ini menggunakan PVC sebagai bahan utamanya. Seperti vinyl pada umumnya, mempunyai daya tahan terhadap kelembapan yang tinggi, sehingga awet dan mudah dalam perawatannya, membuat wallpaper ini banyak diminati.

Vinyl Paper

  1. Flock

Wallpaper flock memiliki kesan yang menawan dan elegan, penampilan wallpaper ini terkesan seperti beludru yang dapat memantulkan warna yang menarik pada dinding kita. Motif-motif pada wallpaper flock kebanyakan adalah motif dari gaya victoria, retro dan kontemporer. Bahan yang digunakan untuk wallpaper dinding jenis flock ini adalah woll. Untuk memasang wallpaper flock diperlukan tenaga ahli.

Flock

  1. Fiberglass Wave

Bahan dasar dari wallpaper jenis ini adalah serat fiberglass yang ditenun hingga menjadi lembaran-lembaran seperti kain. Kelebihan dari wallpaper jenis ini adalah tahan terhadap api. Selain itu juga tahan terhadap kelembapan, sehingga wallpaper fiberglass wave tidak mudah terkena jamur.

Fiberglass Wave

  1. Foils

Material wallpaper dinding jenis foils adalah foil (kertas timah). Material foil inilah yang menghasilkan tampilan yang mengkilat pada permukaan wallpaper. Namun foils memiliki kelemahan yaitu mudah robek, terlebih pada saat proses pemasangannya. Sehingga untuk proses pemasangannya diperlukan tenaga ahli yang berpengalaman.

Foils

  1. Natural Fiber

Jika ingin menampilkan tampilan yang natural dan alami maka pilihannya bisa menggunakan Wallpaper Natural Fiber. Bahan dasarĀ  wallpaper ini adalah serat alami dari bambu, daun, serat kelapa pohon kelapa dan akar-akaran. Dengan material tersebut, wallpaper jenis ini tergolong sulit dalam pemasangan dan perawatan.

Natural Fiber

Cara Memilih Wallpaper Dinding

  1. Tentukan tema desain interior kita. Agar kita bisa fokus menentukan warna, motif dan jenis wallpaper yang akan kita pasang.
  2. Perhatikan fungsi ruang yang dindingnya akan kita lapisi dengan wallpaper, untuk menentukan wallpaper jenis apa yang akan kita pilih. Misal : untuk ruangan yang heavy duty (dapur dan kamar mandi) menggunakan wallpaper jenis fiberglass wave, vinyl atau foils.
  3. Perhatikan luas ruangan untuk menentukan warna dan motif wallpaper kita

Trik:

  • Untuk ruangan sempit :

Pilih warna-warna yang terang dengan motif simple dan tidak terlalu ramai untuk memberi kesan ruangan lebih luas.

  • Untuk ruangan yang luas :

Pilih warna-warna yang lebih gelap dan mainkan motif untuk memberi kesan ruangan yang lebih hangat dan nyaman.

  1. Hitung terlebih dahulu kebutuhan wallpaper. Hal ini untuk menghindari sisa wallpaper yang nantinya tidak terpakai.

ingin MemilikiRumah bernuansa resort bali?? dijakarta ada loq

Info lengkap klik disni

Perhitungan:

  • Rumus kebutuhan wallpaper / Roll = (P x L dinding) : 4
  • Hitung luas dinding (Panjang x Lebar)
  • Ukuran standar wallpaper : 10×0,5m/roll
  • Toleransi 10%

Contoh : Untuk dinding dengan panjang 3 meter dan lebar 2 meter

Panjang Dinding x Lebar Dinding : 4

3 x 2 : 4 = 1,5 roll

Kemudian ditambakan toleransi

1,5 x (1,5×10%) = 1,65 roll.

Trik : Hitung kebutuhan setiap dinding (untuk ukuran yang sama cukup ambil sample satu saja). Jika direncanakan memakai jenis wallpaper yang sama (baik motif dan materialnya) maka jumlahkan kebutuhan setiap dinding dengan wallpaper yang sama. Jika hasil jumlah roll tidak standar, bisa dibulatkan. Misal kebutuhan wallpaper 9,75 roll maka menjadi 10 roll.

  1. Pilih jenis wallpaper dinding yang sesuai dengan anggaran kita.

Trik: Untuk anggaran yang terbatas wallpaper jenis vinyl bisa jadi alternatif terbaik (dengan pertimbangan bisa mengurangi biaya pemasangan dan perawatan, selain itu juga ketahanan material wallpaper dinding).

 

apartemen mediterania ancol

ingin ke ancol hanya bbrp menit?? klik here…

Baca juga :
tanaman hias belakang rumah
jenis tanaman penghias tembok rumah

Tags: , , , , , , , , , , ,

Related to Memilih Wallpaper Dinding