Membuat Teras Yang Nyaman

Post On: 24 May 2016
By:
January 28, 2018

Membuat Teras Yang Nyaman

Bagi kita yang tinggal pada lingkungan dengan iklim tropis, keberadaan teras merupakan hal yang penting. Teras yang merupakan ruang semi outdoor, dengan tidak dibatasi oleh dinding dan memiliki bukaan, Pada awalnya teras hanya berada pada depan pintu masuk rumah, namun sekarang teras bisa diletakan pada sisi-sisi bangunan yang lain, sehingga teras bisa terkesan lebih personal. Sebagai salah ruang yang fungsinya adalah untuk berkumpul dan berinteraksi maka kenyamanan sebuah teras tidak bisa diabaikan. Berikut adalah beberapa tips dan trik membuat teras yang nyaman.

membuat teras yang nyaman

  1. Penempatan Teras

Teras pada umumnya diletakan di depan, namun sekarang kita juga bisa menempatkan teras pada samping bangunan, belakang atau bahkan pada roof top. Tentukan tujuan pengadaan teras tersebut, agar sesuai dengan kebutuhan ruang kita.

  1. Menentukan Tampilan Desain Yang Menarik

Teras adalah bagian dari bangunan yang kemungkinan dilihat orang lain sangat besar, maka tampilan teras bisa menentukan indahnya sebuah bangunan. Kita bisa memanfaatkan beberapa elemen yang biasa digunakan pada beranda mulai dari kolom, atap, dinding, lantai dan railing untuk bisa membentuk tampilan teras yang menarik.

  1. Gunakan Material Yang Tepat

Karena teras adalah ruang yang semi outdoor, maka material-material yang digunakan juga bisa memberi kesan cocok untuk transisi dari outdoor ke indoor atau sebaliknya. agar dapat membuat teras yang nyaman Kita bisa memadupadankan material seperti keramik, kayu, semen,logam dan sebagainya, pada lantai, kolom dinding railing, dll. Sesuaikan dengan tema desain kita.

  1. Perhatikan Arah Cahaya Matahari

Teras berpotensi untuk terpapar langsung sinar matahari, jadi menentukan lokasi teras agar bisa menentukan orientasi arah matahari adalah sesuatu hal yang penting. Sinar matahari pagi ke siang tentu lebih baik dari pada sinar matahari dari siang ke sore hari. Penggunaan screen atau tirai bisa diterapkan untuk teras yang bukaannya menghadap ke arah matahari terbenam.

dengan kejeliannya Melihat Peluang, Investor ini Memborong apartemen Kairaku Residence

Info lengkap klik disni

  1. Mengatasi percikan air hujan.

Untuk iklim tropis, intensitas hujan pasti sangat tinggi. Rencanakan desain atap atau kanopi teras yang lebih bisa mengalirkan air hujan dengan lancar. Percikan air akibat jatuhan air hujan dari atap sebaiknya juga diatasi, bisa dengan instalasi talang, atau jika ingin membuat jatuh air dari atap terlihat alami bisa dengan menempatkan screen atau railing yang kedap air di sisi teras, sehingga bisa melindungi teras dari percikan air hujan.

  1. Pemilihan Furniture Yang Tepat.

Penempatan furniture pada teras akan membuat fungsi teras lebih maksimal. Sesuaikan desain furniture dengan tema hunian kita. Untuk tipe-tipe furniture, bisa gunakan furniture berjenis lounge (lounge chair dan coffee table) untuk membuat teras terasa lebih nyaman. Untuk teras berukuran mungil pilih furniture yang tidak terlalu besar atau kita bisa menggunakan bench tanpa sandaran yang diletakan menempel pada dinding.

  1. Pencahayaan

Untuk teras, pencahayaan bukan hanya berfungsi untuk penerangan ruangan namun juga menentukan sisi estetika tersendiri. Pemilihan lampu dan peletakan yang tepat akan membuat teras kita menjadi lebih indah. Diantaranya : Pemanfaatan lampu gantung untuk ornamen, Lampu dinding yang menempel pada dinding atau kolom, lampu sorot yang tertanam di lantai dan cahayanya mengarah ke kolom atau dinding bisa menjadi pilihan.

  1. Penambahan Aksesoris Dan Ornamen

Kita bisa menambahkan beberapa art work pada teras untuk membuat teras semakin berkesan. Guji atau patung-patung pada sudut teras, tanaman pada pot, art work dan lukisan yang digantung pada dinding.

  1. Digabung dengan taman dan kolam

Penempatan taman dan kolam yang terhubung dengan teras akan membuat suasana teras lebih asri. Kita juga bisa membuat sisi taman atau kolam seolah menyatu dengan teras. Penempatan kolam yang membuat teras seolah-olah berada diatas kolam juga bisa dijadikan pilihan.

teras yang nyaman

  1. Sirkulasi yang cair dengan ruang lain.

Jika teras kita berhubungan dengan ruang lain seperti ruang keluarga, ruang makan, atau bahkan ruang tamu, kita bisa menerapakan dinding pembatas/penyekat antara teras dan ruang lainnya tersebut lebih cair ataupun bisa dibuka tutup secara total, sehingga antara teras dan ruang lainnya tersebut terkesan menyatu.

Demikian sedikit informasi membuat teras yang nyaman, mungkin bisa membuat inspirasi untuk anda yang menginginkan suasana nyaman dan asri pada hunian anda.

 

Baca juga :
Kolam Renan Didepan Rumah
Lukisan ruang kerja

Tags: , , , , , ,

Related to Membuat Teras Yang Nyaman