Memanfaatkan Material Bekas Untuk Rumah

Post On: 27 May 2016
By:
January 30, 2018

Memanfaatkan Material Bekas Untuk Rumah

Barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, bukan berarti barang tersebut tidak memiliki nilai atau tidak berharga lagi. Jika kita jeli, kita bisa Memanfaatkan Material Bekas atau Barang bekas untuk sesuatu yang lebih bernilai.

Dalam hal ini adalah pemanfaatan material bekas untuk keperluan rumah hunian kita. Dalam pemakaian material bekas atau juga sering disebut recycle untuk keperluan rumah tangga, antara lain bisa digunakan untuk material-material mulai dari, eksterior, interior, struktur, furniture, dsb.

 

Kota ini akan dapat di akses dengan hanya dengan handphone…WOW….

Info lengkap klik disni

Pemakaian material bekas memiliki beberapa keuntungan, antara lain, mengurangi sampah, memberi kesan tersendiri karena faktor karakteristik ataupun faktor historis sebuah material bekas.

Material bekas juga biasanya memiliki harga yang lebih murah dari pada material baru (walaupun dalam beberapa kasus ada yang lebih mahal, biasanya terjadi jika terkait dengan faktor historis ataupun kelangkaan).

Apa saja material bekas yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan rumah hunian kita, berikut adalah beberapa material bekas yang bisa kita gunakan.

dijual gudang di tangerang

gudang bersih siap huni kondisi terawat klik here

Material Bekas Bangunan Lama

Jika kita membongkar rumah lama kita kemudian mencoba membangun yang baru, beberapa bagian yang mungkin masih bisa digunakan. Antara lain, kusen-kusen jendela dan pintu, atap dan rangka, dan beberapa bagian lainnya. Rumah-rumah tua atau kuno bahkan tidak jarang menghasilkan material bekas yang berkualitas, mulai dari tiang, kusen kerangka atap kayu. Kita bisa menemukan material-material yang memberikan kesan vintage dan memiliki nilai historis tersendiri.

Material bekas dari rumah jenis ini biasanya bernilai tinggi (mahal). Kita bisa memfungsikan material bekas tersebut tetap sebagai fungsi awalnya atau bisa juga dirubah fungsinya, misal pintu-pintu kuno untuk meja makan dan sebagainya, tergantung ide kreatif kita.

Kayu Bekas Palet

Palet biasanya digunakan sebuah industri untuk pengemasan barang, baik untuk gudang atau pengiriman barang. Kayu yang biasa untuk palet adalah kayu pinus jati belanda. Tekstur kayu yang berwarna cerah dengan jalur-jalur serat memiliki daya tarik tersendiri. Pada bekas palet terkadang ada beberapa lubang paku dan beberapa cacat lainnya, tapi bukanlah sebuah kekurangan, tetapi bisa dimanfaatkan sebagai karakter dari material. Kayu bekas palet bisa kita manfaatkan sebagai beberapa material rumah kita. Umumnya material ini dibuat untuk kebutuhan furniture, tetapi juga bisa kita manfaatkan sebagai komponen lain misalnya ornamen bangunan, seperti screen atau devider ruangan.

kayu bekas palet

Kayu Bantalan Kereta Api

Bantalan rel kereta api pada jaman dahulu biasanya menggunakan kayu, yaitu kayu ulin yang bertekstur sangat keras. Namun sekarang bantalan rel kebanyakan telah diganti dengan beton. Jika kita memiliki kayu bekas bantalan kereta api, kita bisa memanfaatkannya untuk digunakan menjadi material rumah kita. Kayu ulin ini sangat cocok untuk eksterior, Misalnya digunakan untuk pagar, screen fasad, atau beberapa kegunaan yang lain.

kayu bantalan kereta api

Sampah Dan Barang Bekas Lainnya

Jika kita memiliki rongsokan dari barang-barang logam jangan dibuang begitu saja mungkin bisa digunakan untuk mempercantik rumah kita, misal botol-botol yang sudah tidak terpakai bisa kita gunakan untuk mempercantik dinding (misalnya dinding screen akan lebih cantik dengan menyusun botol). Ban mobil bekas bisa kita gunakan sebagai furniture dengan ditambahkan kaca pada top tablenya. Tong bekas juga bisa kita manfaatkan baik untuk furniture dan berbagai komponen taman. Barang-barang bekas dari berbagai aneka bahan bisa kita manfaatkan sebagai ornamen pada interior kita untuk lampu gantung tempat payung atau sekedar hiasan dinding.   

 

Demikian sedikit informasi Memanfaatkan Material Bekas Untuk Rumah, semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda 

 

Baca juga :
Bahan Bangunan untuk Dinding Rumah
Mengapa Keramik Lantai Terangkat dan menggelembung

Tags: , , , , , ,

Related to Memanfaatkan Material Bekas Untuk Rumah