Macam-macam Kerangka Atap Rumah

Post On: 28 April 2016
By:
January 16, 2018

Macam-macam Kerangka Atap Rumah

Kerangka atap rumah adalah komponen bangunan yang posisinya berada di atas bangunan dan berada tepat di bawah atap. Fungsi dari kerangka tersebut adalah sebagai perkuatan (penahan beban) atau bisa juga disebut struktur untuk penempatan atap. Dulu kebanyakan rumah menggunakan material kayu untuk membuat kerangka atap, tetapi sekarang dengan tuntutan kebutuhan, dan berkurangnya kapasitas produksi kayu, membuat para penggiat konstruksi mulai mengeksplorasi material lain sebagai bahan dasar kerangka atap rumah. Dengan berkembangnya penggunaan material kerangka atap rumah tersebut, memberikan kita banyak pilihan untuk menggunakan material mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Investasi di bali,…disni

Info lengkap klik disni

  1. Kerangka Atap Rumah Kayu.

Kerangka atap rumah dari kayu merupakan kerangka atap rumah yang sudah lazim. Kemudahan proses pembentukan dan pengaplikasian membuat bahan kayu menjadi mayoritas pilihan. Sayangnya pada masa sekarang untuk menemukan kayu yang berkualitas semakin sulit, itu berimbas juga kepada harga material kayu. Secara kekuatan, kayu memiliki ketahanan terhadap beban yang bagus, baik secara tekan atau tarik. Tetapi kerangka atap rumah ini memerlukan perawatan yang instensif, karena jika tidak, ancaman dari kelembaban, jamur, rayap, serangga bisa membuat kayu lapuk dan berakibat pada kerusakan struktur kerangka atap rumah tersebut. Pada pengaplikasiannya, biasanya kayu dipotong dan dibelah dalam ukuran tertentu, kemudian dirangkai dengan konstruksi lubang dan pen, dengan pasak atau baut sebagai penguncinya. Dalam hal bentuk, material kayu bisa menghasilkan bentuk atap yang beragam, tetapi bentuk atap miring atau segitiga merupakan bentuk umum yang sering digunakan.

kerangka atap kayu

  1. Kerangka Atap Beton Bertulang.

Kelebihan beton adalah kemudahan untuk dibentuk menjadi beragam bentuk yang kita inginkan. Dengan kelebihan itu memungkinkan kita untuk memiliki tampilan atap yang beragam, mulai dari atap miring sampai datar ataupun kubah. Material yang digunakan untuk membuat kerangka baja ini adalah semen, pasir, batuan split, yang dicampur dengan air, kemudian dituang dalam cetakan yang sudah dipasang baja tulangan. Kekurangan kerangka atap beton adalah, berat, sehingga memberi beban yang berlebih untuk struktur dan pondasi dibawahnya. Untuk menggunakan material ini diperlukan perencanaan pondasi dan struktur yang matang. Pengerjaan kerangka atap beton tergolong rumit dan memerlukan banyak tahapan yang cenderung lama dan tidak praktis. Dari mulai pemasangan cetakan sampai dengan beton benar-benar kering.

kerangka atap beton

  1. Kerangka Atap Baja Ringan.

Terbuat dari campuran baja, zinc dan aluminium, yang dicetak dalam bentuk profil-profil yang hanya setebal beberapa mm, membuat material ini ringan, tetapi tahan terhadap cuaca lembab dan hama. Dalam pengaplikasiannya cukup dengan memotong dan merangkai profil dengan pengunci baut, skrup atau paku keling, sehingga bisa disebut cepat dan praktis. Dari segi bentuk atap, kerangka atap baja ringan tidak jauh berbeda dengan bentuk atap yang menggunakan kerangka atap kayu. Namun kerangka atap ini memiliki kekurangan yaitu kurang untuk tampilan karena banyaknya rangkaian, sehingga kurang menarik jika diekspos.

keuntungan kerangka baja ringan

  1. Kerangka Atap Baja.

Material baja memungkinkan untuk membuat bentangan yang panjang. Hal ini mustahil dilakukan untuk material berbahan dasar kayu. Dengan keunggulan daya tahan yang baik pada beban, membuat kerangka atap ini lebih sering digunakan untuk atap dengan bentangan lebar dan memiliki beban yang berlebih. Walaupun lebih sering digunakan untuk bangunan-bangunan seperti, gudang, pabrik dan bangunan besar sejenisnya. Tetapi jika kita memiliki rumah dengan bentakan atap lebar, kerangka atap baja bisa menjadi solusi yang tepat.

kerangka atap baja

  1. Kerangka Atap Bambu.

Sebenarnya pemakaian material bambu sudah sering digunakan pada jaman dahulu, termasuk juga sering dipadu padankan dengan material kayu. Tetapi sekarang ini dengan bermunculan kembali gaya natural pada arsitektur rumah, membuat kerangka atap bambu banyak kita jumpai. Terlebih sekarang dengan teknologi yang berkembang dalam hal pengawetan bambu, membuat bambu lebih tahan terhadap hama, rayap, pelapukan.

kerangka atap bambu

Itulah macam-macam kerangka atap rumah yang bisa kita aplikasikan pada rumah hunian kita. Dengan jenis-jenis kerangka atap diatas, membuat kita memiliki banyak alternatif untuk menentukan jenis kerangka atap mana yang sesuai dengan rumah kita.

 

apartemen mediterania marina ancol

apartemen siap huni di ancol fully furnished

Baca juga :
cermin dikamar tidur
cermin di kamar mandi

Tags: , , , , , ,

Related to Macam-macam Kerangka Atap Rumah