macam macam jenis kursi

Post On: 14 May 2016
By:
January 25, 2018

Mengenal Macam Macam Jenis Kursi

Sebagai furniture macam macam jenis kursi yang berfungsi sebagai tempat duduk, keberadaan kursi di dalam rumah kita hampir dipastikan selalu ada dan tidak mungkin untuk ditiadakan keberadaannya. Dengan fungsinya yang sebagai tempat duduk tersebut, bukan berarti kursi memiliki bentuk yang monoton. Berbagai ragam model dan bentuk juga bisa diterapkan kepada furniture ini. Model dan bentuk ini biasanya berkaitan erat dengan fungsinya. Selain itu model dan bentuk yang beragam ini juga membuat kursi memiliki nama atau sebutan yang beragam sesuai dengan bentuk dan modelnya. Apa saja sebutan dari ragam jenis kursi tersebut? Berikut adalah macam macam jenis kursi berdasarkan model dan bentuknya.

 

mau berinvestasi dibali??? disini tempatnya

Info lengkap klik disni

  1. Side Chair

Kursi ini adalah kursi tunggal dengan sandaran belakang namun tidak memiliki sandaran tangan (arm). Side Chair ini bisa digunakan untuk beragam ruangan dan berbagai aktifitas, dari ruang kerja, teras, ruang makan dan lain sebagainya. Oleh karena kefleksibelannya itu, biasanya side chair itu rata-rata memiliki bobot yang tidak terlalu berat, sehingga mudah diangkat untuk dipindah-pindah tempatnya.

side chair

  1. Dinning Chair / kursi makan

Memiliki ciri fisik yang nyaris mirip dengan side chair. Namun dining chair memang lebih dikhususkan untuk ruang makan (biasanya dibuat satu set dengan meja makan). perbedaan yang paling terasa adalah, dining chair memiliki permukaan dudukan yang lebih datar juga sandaran belakang yang lebih tinggi dan tegak dibandingkan side chair.

kursi makan

  1. Arm Chair

Arm Chair adalah kursi tunggal yang memiliki sandaran tangan di kiri dan kanannya. Arm Chair juga memiliki fungsi yang beragam, dari mulai kursi kerja, kursi untuk membaca buku , dll. Kursi ini juga sangat cocok digunakan untuk kursi tamu. Dengan sandaran tangan membuat seseorang bisa duduk dengan nyaman sambil mengobrol.

arm chair

  1. Sofa

Adalah tempat duduk panjang yang biasanya memiliki sandaran belakang dan sandaran tangan di ujung kanan kirinya. Rata-rata sofa juga memiliki lapisan busa lembut yang tebal. Ada yang langsung menjadi satu dengan konstruksinya, ada juga yang terpisah (misal sofa dengan tampilan ekspos kayu atau logam). Lebar sofa rata-rata cukup untuk duduk 3 orang berjajar, sehingga sering ada sofa yang membuat segmen seolah-olah sofa tersebut adalah tiga bagian kursi yang disatukan. Dengan kapasitasnya tersebut, sofa sangat cocok untuk ruang keluarga (living room), untuk tempat keluarga berkumpul.

sofa

  1. Love Seat

Sebenarnya termasuk dalam golongan sofa, sehingga memiliki bentuk yang serupa dengan sofa, namun love seat didesain khusus lebih pendek dari sofa, dan hanya cukup untuk diduduki oleh dua orang, atau istilahnya sofa untuk dua orang.

love seat

  1. Footstool / Pouffe / Ottoman

Sebenarnya footstool bukanlah tergolong sebagai tempat duduk, tetapi hanya pelengkap. Biasanya memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dengan ketinggian yang sama atau lebih rendah dari dudukan kursi. Fungsi utamanya adalah untuk meletakkan kaki disaat kita duduk di kursi. Ketika kita duduk di sofa misalnya, kita bisa meluruskan kaki dengan meletakan kaki di atas furniture ini. Footstool/Pouffe/Ottoman ini biasanya juga dibuat satu set dengan sofa, arm chair atau longe chair.

footstool

  1. Sofa Bed

Sofa Bed adalah sofa yang sekaligus bisa difungsikan sebagai tempat tidur. Ada yang secara bentuk bisa berubah (bisa dilipat berbentuk sofa, lalu ketika akan digunakan sebagai tempat tidur, baru lipatannya dibuka sehingga berbentuk tempat tidur). Ada juga yang memiliki ukuran yang memang luas (biasanya ada juga dengan tambahan pada bagian depannya). Karena multi fungsi tersebut, sangat cocok bagi kita yang tidak memiliki kamar khusus untuk tamu.

sofa bed

  1. Corner Sofa ( Sofa Sudut )

corner sofa adalah Sofa yang terdiri dari beberapa bagian yang bisa ditata sehingga membentuk sudut. Sofa ini sangat cocok untuk ruang keluarga. Bisa ditempatkan di sudut ruangan, ataupun ditengah ruangan yang lumayan luas untuk memberi garis imaginer ruang.

corner sofa

  1. Lounge Chair

Bisa disebut juga dengan kursi santai. Dengan dudukan yang lebih rendah dan lebih panjang kebelakang, serta sandaran yang lebih miring kebelakang, sehingga memungkinkan untuk penggunanya duduk lebih rebah. Sesuai namanya Lounge Chair , sangat cocok untuk bersantai, lounge, teras yang berhadapan dengan taman atau view yang menarik.

lounge chair

  1. Bench

Bench atau bangku adalah tempat duduk panjang, ada yang menggunakan sandaran dan ada yang tidak menggunakan sandaran. Biasanya juga memiliki panjang yang memungkinkan untuk diduduki oleh beberapa orang. Bench sangat cocok untuk outdoor misalnya taman atau teras, tapi juga bisa untuk ruang makan jika kita memiliki konsep ruang makan yang lebih santai.

bench

  1. Bar Stool / kursi bar

Sesuai namanya, fungsi sebenarnya adalah untuk kursi bar. Bar stool biasanya satu paket dengan mejanya Bar Table. Dalam penggunaannya untuk perumahan adalah untuk dapur yang memiliki konsep dapur yang bisa digunakan untuk menerima tamu. Ciri khusus tempat duduk ini adalah ketinggian dudukan yang berkisar 80 – 90cm, serta memiliki pijakan kaki pada bagian bawahnya.

kursi bar

 

Demikian macam macam jenis kursi menurut bentuk dan fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda

gudang di tigaraksa

butuh gudang di tangerang? klik

Baca juga :
Taranaman hias samping rumah
Menata halaman belakang rumah

Tags: , , , , , , ,

Related to macam macam jenis kursi