Jenis Tanaman untuk Menghiasi Tembok Rumah

Post On: 8 March 2016
By:
December 24, 2017

Jenis Tanaman untuk Menghiasi tembok Rumah

Apa yang Anda lakukan untuk mempercantik dinding rumah? Memasang batuan unik atau menambahkan lukisan dan ukiran? Kalau Anda menginginkan tembok yang indah sekaligus bisa menambahkan keasrian hunian, pilihlah tanaman untuk menghias tembok rumah. Ya, banyak sekali jenis tanaman rambat ataupun gantung yang pas diletakkan di dinding rumah Anda.
Dari sekian banyak jenis tanaman untuk menghiasi tembok rumah, yang berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi Anda:

Investasi dan berlibur dibali…ini tempatnya

klik disni

Anggrek
Siapa yang tak kenal dengan tanaman hias satu ini? Anggrek merupakan salah satu bunga favorit yang selalu dihadirkan untuk mempercantik rumah ataupun halaman. Selain bisa tumbuh di dalam pot dan digantung, bunga ini juga dapat tumbuh secara epifit dengan menempel pada media lain. Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk menempelkan anggrek pada dinding rumah, misalnya saja arang kayu, potongan pakis, atau sabut kelapa.

anggrek
Selain bentuknya yang sangat indah, anggrek juga memiliki beragam warna tergantung pada jenisnya. Anda bisa memilih beberapa jenis anggrek seperti Cattleya, yang memiliki bunga besar, Dendrobium, Grammatophylum, Oncidium, Spathyphyllum, dan juga anggrek Vanda. Pastikan untuk menyiram tanaman anggrek secara teratur dan memberikan pupuk yang bisa memaksimalkan pertumbuhannya.
Alamanda
Ada lagi jenis tanaman untuk menghiasi tembok rumah yang tak kalah indahnya dengan anggrek, yaitu alamanda. Bunga satu ini sering juga disebut dengan bunga terompet, memiliki kelopak bunga berwarna kuning cerah yang sangat indah. Meski cukup jarang, ada juga alamanda dengan warna lain seperti ungu atau merah muda. Dibanding anggrek, alamanda lebih mudah dipelihara dan bisa tumbuh dengan lebat asalkan memiliki media tanam yang kuat.

Jenis Tanaman untuk Menghiasi Tembok Rumah
Karena selalu tumbuh sepanjang tahun, Anda harus sering memotong cabang-cabang alamanda yang tidak beraturan. Selain membuatnya lebih rapi, pemotongan ini akan membuat bunga lebih cepat tumbuh lagi. Pastikan juga untuk selalu membersihkan daun dan bunga yang rontok di sela-sela batang. Jika tidak dibersihkan, bisa membusuk dan membuat tanaman alamanda mati.

APARTEMEN B RESIDENCE

Miliki Apartemen yang dikelilingi oleh AEON Mall, ICE, Atmajaya Dan PRASETYA MULYA di BSD CITY KLIK

Tanaman Dolar (Dollar Plant)
Kalau Anda ingin memiliki tembok yang dilapisi dedaunan hijau menyegarkan, tanaman dengan nama ilmiah Ficus pumila ini cocok dijadikan pilihan. Dengan daun kecil-kecil berwarna hijau tua, dollar plant akan tumbuh melapisi tembok tanpa meninggalkan bidang kosong sedikit pun. Tanaman ini cukup mudah dikembangbiakkan dan mudah tumbuh baik di musim hujan atau kemarau.

dollar plant
Selain itu, tanaman ini akan memberikan kesan teduh dan asri pada hunian Anda. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan jika memilih dollar plant untuk menghiasi tembok rumah. Pastikan Anda rajin memangkas dan mengatur arah tumbuhnya tanaman. Sebab, tumbuhan merambat ini memiliki akar yang sangat kuat sehingga bisa menggerogoti dan merobohkan tembok apabila pertumbuhannya tidak dikontrol.
Petunia
Bagi penyuka bunga, tanaman hias gantung juga pas dijadikan penghias tembok. Salah satu tanaman hias gantung yang sangat cantik dan mudah ditanam adalah bunga petunia. Bunga satu ini memiliki kelopak berukuran kecil dengan warna-warna cerah seperti merah muda, ungu, putih, dan merah muda. Bahkan ada juga bunga petunia yang bermotif garis-garis.

petunia
Bunga ini cukup mudah ditanam, tinggal letakkan bibitnya di tanah yang gembur dan cukup pupuk. Petunia akan tumbuh subur di tempat yang terkena sinar matahari, namun lebih baik lagi jika Anda menanamnya di sudut yang cukup teduh.
Dengan sentuhan berbagai jenis tanaman hias untuk dinding rumah, hunian Anda akan tampak jauh lebih asri dan mempesona.

 

Baca juga :
tanaman hias belakang rumah

Tags: , , , , , ,

Related to Jenis Tanaman untuk Menghiasi Tembok Rumah