Investasi yang Menguntungkan

Post On: 6 March 2016
By:
December 23, 2017

Mengapa Properti Merupakan Investasi yang Menguntungkan?

Ada beragam jenis usaha atau bisnis yang dapat dilakukan sekarang ini, mulai yang bermodal 0 sampai dengan miliaran Rupiah. Salah satu jenis usaha yang diyakini sangat prospek dan menguntungkan adalah berbisnis properti.
Jenis usaha properti disebut sebagai investasi yang menguntungkan karena selain tanah, bangunan memiliki harga yang terus naik dari waktu ke waktu atau setiap tahunnya. Jika Anda menggeluti bidang bisnis satu ini maka ada peluang mendapatkan kembalian keuntungan yang sangat besar, walaupun sifatnya pasif.
Selain itu, risiko yang dimiliki cenderung kecil karena setiap orang di Indonesia pastinya memerlukan tempat atau bangunan untuk tempat tinggal atau yang nantinya akan digunakan sebagai lahan usaha. Dan tentu saja, karena semua orang butuh tempat atau bangunan, maka secara cepat atau lambat, properti yang Anda miliki dapat terjual dan menghasilkan keuntungan berlipat.

investasi-yang-menguntungkan
Memulai bisnis properti dengan modal kecil
Untuk memulai berbisnis properti, tentu saja dibutuhkan modal yang sangat besar. Hal ini seperti yang disebutkan di awal karena harga tanah atau bangunan sekarang sudah sangat tinggi dan Anda harus memiliki dana cukup untuk dapat membelinya. Bahkan tidak sedikit dari pemilik tanah atau bangunan yang menggunakan konsep jual-beli emas, yaitu wait and buy/sell ketika harga sudah melonjak dari modal yang dikeluarkan.
Contohnya saja, ketika suatu tanah atau bangunan di pinggiran kota yang di tahun 2010 masih seharga Rp 100.000/meternya, kini sudah melonjak 2-3 kali lipat dari harga tersebut. Lantas, jika tidak memiliki modal besar, seseorang tidak dapat melakukan investasi dalam dunia properti, dong? Tentu saja tidak, masih ada banyak cara untuk mengakalinya.
Dengan modal yang pas-pasan atau kecil, Anda dapat memulai bisnis properti dengan menggandeng pihak lain atau bekerja sama dengan seseorang yang memiliki dana kuat untuk mengembangkan bisnis tersebut. Tentunya harus ada perjanjian hitam di atas putih agar di kemudian hari tidak muncul masalah.
Selain bekerja sama, Anda juga dapat meminjam modal di bank untuk memulai bisnis properti. Sayangnya, rata-rata pihak peminjam atau juga bank masih harus menganalisis segala hal tentang jenis usaha yang akan Anda lakukan karena mereka takut jika suatu waktu bisnis Anda macet, maka Anda tidak dapat mengembalikan pinjamannya. Oleh karenanya, terapkan berbagai strategi agar usaha Anda ini lancar.
Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menabung uang atau juga menabung lahan dalam bentuk kavling secara kredit. Dengan membeli jenis properti dalam bentuk kredit, maka beban yang Anda tanggung juga tidak akan terasa karena Anda dapat mengangsurnya dari bulan ke bulan. Kemudian, setelah lunas, maka properti tersebut dapat Anda mainkan sebagai sarana bisnis.

Mengapa Properti Merupakan Investasi yang Menguntungkan - A
Namun jika Anda memiliki kekuatan dana yang sangat besar, Anda dapat langsung memilih tanah atau bangunan di suatu tempat yang diproyeksikan dapat menghasilkan atau sangat propsek.
Kiat berbisnis properti

  1. Prinsip ekonomi
    Jika sudah berhasil menjual bangunan yang Anda miliki, maka jangan terlalu jumawa dan membelanjakan semua keuntungan untuk hal yang tidak berarti. Berpegang pada prinsip ekonomi yang menganjurkan seseorang itu tidak besar pasak daripada tiang atau lebih besar pengeluaran daripada penghasilan, keuntungan yang Anda peroleh tersebut dapat Anda tabung sebagai modal. Ingat! Segala hasil penjualan merupakan modal yang dapat Anda gunakan lagi untuk pembelian properti selanjutnya.
    Selain prinsip ekonomi tersebut, Anda juga dapat menggunakan istilah “Tidak meletakkan semua telur dalam satu keranjang” karena jika suatu saat terjadi masalah dan bisnis properti Anda berkendala, Anda tidak sampai mengalami kerugian.
  2. Tanamkan mindset kuat
    Tentu saja, segala hal yang tidak disertai dengan niat kuat, tidaklah mudah berhasil. Oleh karenanya, tanamkan niat dan mindset untuk terus maju, walaupun banyak halangan atau rintangan menghadang. Selain itu, dengan niat, tekad dan mindset yang kuat, hal tersebut dapat menjadi pemacu diri Anda untuk dapat berjuang terus mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang Anda geluti ini.
  3. Cermat dalam analisis wilayah
    Bisnis properti sangat terkait erat dengan letak atau posisi suatu daerah. Contohnya saja, jika Anda membeli tanah atau bangunan di tempat yang sepi atau jarang ada peminatnya, walaupun masih ada kemungkinan nantinya daerah tersebut ramai, akan tetapi dibutuhkan waktu bertahun-tahun agar hal tersebut tercipta.
    Oleh karenanya, dianjurkan untuk dapat lebih cermat dalam melihat dan menganalisis suatu wilayah sebelum membeli tanah atau bangunan. Dengan langkah ini, maka risiko balik modal lama akan terlewati.
    Selain itu, Anda juga wajib mengetahui harga pasaran bangunan dan tanah di daerah tempat properti Anda berada agar uang yang Anda keluarkan termasuk dalam investasi yang aman. Tanyakan kepada agen properti setempat dan buatlah daftar untuk setiap harganya sebagai acuan Anda dalam bernegosiasi dengan calon pembeli nantinya.
  4. Membeli dengan harga murah
    Selain cermat dalam analisis tempat, Anda juga wajib untuk mahir dalam bernegosiasi. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan harga bangunan yang lebih murah dan dapat Anda jual kembali dengan harga yang tinggi atau ‘disimpan’ untuk dijual ketika harga pasar sudah melambung. Oleh karenanya, jangan terburu-buru dalam membeli bangunan yang sudah Anda incar.
APARTEMEN B RESIDENCE

Miliki Apartemen yang dikelilingi oleh AEON Mall, ICE, Atmajaya Dan PRASETYA MULYA di BSD CITY KLIK

Jenis bangunan yang dapat Anda gunakan sebagai obyek investasi yang menguntungkan

Rumah lelang
Rumah jenis ini dapat Anda ketahui keberadaannya dari bank-bank setempat. Pada umumnya, seseorang yang meminjam uang di bank akan menyerahkan sertifikat tanah dan bangunan mereka sebagai jaminan. Dan ketika mereka tidak dapat membayarnya sesuai dengan jatuh tempo atau persyaratan yang ditentukan, pihak bank akan menyita aset mereka tersebut.
Setelah menyita aset tersebut, bank akan mengumumkannya sebagai obyek lelang yang dapat Anda menangkan atau beli dengan harga yang cukup terjangkau.

Bangunan pinggir kota

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk membeli bangunan atau rumah yang terletak di pinggir kota karena rata-rata tempat tersebut memiliki harga yang miring dibandingkan dengan di perkotaan. Namun, Anda masih harus mengerti dan menganalisis prospek ke depannya, jangan asal membelinya jika tidak tahu nantinya daerah tersebut akan ramai atau tidak.
Usahakan untuk mencari bangunan atau rumah yang memiliki akses mudah ke mana saja, dekat dengan tempat hiburan, sarana pendidikan atau pabrik.

Rumah atau bangunan tua
Walaupun terlihat kumuh, tua dan tak terawat, justru rumah atau bangunan seperti ini yang harus Anda pertimbangkan untuk dibeli, karena harganya juga terkadang sangat murah. Ketika rumah atau bangunan tersebut sudah terbeli, Anda hanya perlu memolesnya atau merenovasinya agar terlihat baru kembali.
Apartemen atau condotel
Apartemen atau condotel juga termasuk salah satu bisnis properti yang menggiurkan karena dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Keduanya dapat dikatakan sebagai sarana investasi yang menguntungkan dan terbaik di era maju dan berkembang seperti sekarang ini. Apalagi jika letaknya berada di pusat bisnis, hiburan, perbelanjaan sampai dengan pendidikan.
Ketika memiliki satu unit di sebuah apartemen, Anda dapat menyewakannya kepada pihak lain atau jika Anda mempunyai satu unit di sebuah condotel, maka Anda tidak perlu repot memikirkan banyak hal karena segalanya sudah diatur dan dijalankan oleh pihak hotel selaku pengelola condotel.

Demikian sekilas artikel tentang Investasi yang Menguntungkan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk memulai dan mencoba sesuatu yang baru bagi anda, Tertarik untuk menggeluti Investasi yang Menguntungkan seperti di atas?

condotel amarsvati di lombok

Lihat videonya disini yang mana disetiap sisinya memiliki pemandangan yang sangat indah

 

Tags: , , , , , ,

Related to Investasi yang Menguntungkan