Gunung Rian Tempat Wisata Terindah di Daerah Kalimantan Utara

Post On: 23 February 2016
By:
December 22, 2017

Gunung Rian Tempat Wisata Terindah di Daerah Kalimantan Utara

Kalimantan Utara merupakan wilayah provinsi yang berada di ujung utara negara kita. Mungkin belum banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut karena letaknya yang sangat jauh, apalagi bagi wisatawan yang berasal dari kota-kota di luar Pulau Kalimantan. Padahal Kalimantan Utara memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan, mulai dari hutan wisata, pantai, hingga kebudayaan daerah yang unik dan menarik. Nah, mari kita menjelajah alam Kalimantan Utara tepatnya di Kota Tarakan di mana terdapat sebuah obyek wisata yang merupakan salah satu tempat wisata terindah di daerah Kalimantan Utara.

Tempat Terindah di Kalimantan Utara
Obyek wisata yang dimaksud adalah Gunung Rian, yang berada di Desa Safari Rian, Kecamatan Sasayap, Kabupaten Tana Tidung. Obyek wisata tersebut merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang sangat luas dengan berbagai spesies tumbuhan yang hidup di dalamnya. Selain itu juga terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Rian. Untuk menuju ke lokasi sebenarnya cukup mudah, namun kondisi jalanan yang belum beraspal mungkin akan membuat perjalanan Anda sedikit tersendat apalagi jika hujan tiba jalan menjadi berlumpur.
Anda bisa memulai perjalanan dari tiga titik, yaitu kota Tidung Pala (Kabupaten Tana Tidung), kota Malinau (Kabupaten Malinau), dan dari Sekatak (Kabupaten Bulungan) yang berjarak sekitar 50-an km dari Gunung Rian. Dari kota mana pun Anda memulai perjalanan, semuanya akan menjadi sebuah perjalanan wisata yang menarik. Jika memulai perjalanan dari Tidung Pala maka Anda bisa menyaksikan sekaligus mempelajari kebudayaan dan adat masyarakat Suku Dayak Tidung dan Dayak Brusu.

 

Mau liburan gratis dibali?? bisa koq

klik info lengkapnya disini

Jika Anda memilih melalui kota Malinau, Anda juga bisa membaur dengan masyarakat Suku Dayak Lundayeh dan Dayak Kenyah bersama tradisinya yang unik. Demikian pula jika Anda mulai dari Sekatak, Anda bisa melihat dari dekat kehidupan dan kebudayaan masyarakat Suku Dayak Brusu dan Dayak Punan. Dan untuk memudahkan perjalanan Anda sebaiknya ajaklah pemandu yang merupakan penduduk asli kota Tarakan yang mengetahui seluk-beluk wilayah Kalimantan Utara.

Gunung Rian, Tempat Terindah di Daerah Kalimantan Utara
Setelah menempuh perjalanan selama 1-2 jam, Anda akan segera tiba di obyek wisata Gunung Rian. Di kawasan hutan ini Anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dan alami di mana terdapat berbagai vegetasi hutan hujan tropis, sungai yang jernih airnya yang mengalir hingga ke lereng bukit, serta beberapa hewan hutan dan mamalia seperti beraneka jenis burung, monyet, orang utan, dan lain sebagainya. Nah, kini saatnya Anda tiba di lokasi air terjun yang terdapat dalam kawasan hutan. Air Terjun Rian memiliki ketinggian sekitar 800 m dan terdiri tujuh tingkatan.

Anda bisa naik bersama pengunjung lainnya ke tingkat satu atau tingkat dua. Semakin naik ke atas pemandangan akan lebih indah akan tetapi tentunya dibutuhkan stamina yang bagus. Tingkatan kedua adalah yang paling ramai dikunjungi, karena tempatnya lebih luas dan tidak terlalu tinggi. Di sini beberapa pengunjung terlihat bersama pasangan atau berkumpul bersama teman dan kerabat. Kebanyakan hanya duduk bersantai dan menikmati bekal makanan sambil menyaksikan indahnya alam sekitar.

dijual gudang di bizpoint

dijual gudang di daerah tiga raksa…klik here

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di Tempat Wisata Terindah di Daerah Kalimantan Utara dan tenang ini bisa bermalam bersama teman atau kerabat. Untuk itu Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan terutama tenda dan perbekalan yang cukup. Bermalam beramai-ramai di kawasan hutan lindung yang masih asri ditemani gemericik lembut air terjun akan menghadirkan nuansa keakraban yang terindah.

Baca juga :
tempat wisata romantis di daerah jakarta
tempat wisata romantis di daerah jawa tengah
tempat wisata romantis di daerah jawa timur

Tags: , , , , ,

Related to Gunung Rian Tempat Wisata Terindah di Daerah Kalimantan Utara