Faktor Lingkungan Dalam Membangun Rumah

Post On: 28 May 2016
By:
April 30, 2019

Mencermati Faktor Lingkungan Dalam Membangun Rumah

Memiliki rumah sendiri adalah suatu hal yang sangat diidamkan bagi semua orang. Terutama bagi yang sudah berkeluarga, rumah adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari lagi. Memiliki sebuah rumah bisa dengan jalan membeli (rumah sudah jadi) ataupun membeli lahan kemudian kita membuat bangunan di atasnya. Dari kedua hal tersebut muncul beberapa faktor yang bisa membuat pertimbangan, seperti dana, model rumah, dan sebagainya. Namun ada faktor yang sangat penting, yaitu lingkungan. Lingkungan adalah sebuah faktor yang harus benar-benar kita cermati dalam membangun rumah. Untuk mencermati faktor lingkungan dalam membangun rumah, berikut ada beberapa poin yang bisa kita jadikan acuan.

menentukan lokasi rumah

  1. Pemilihan Lokasi rumah

Penentuan dan pemilihan lokasi dapat dengan cara mengamati sebuah lingkungan baik secara makro ataupun mikro:

  • Makro : Jaringan Jalan, Listrik, air, Lintasan Jalur Kereta, Jalur Sutet, Aliran Sungai Dan Rencana pengembangan sebuah kota
  • Mikro : Orientasi bangunan, Desain tampilan, Akses Jalan, Akses Saluran Air, Dsb
  1. Legalitas

Memeriksa kelegalan sebuah lahan adalah hal yang penting, karena itu menentukan keamanan lahan dan bangunan kita dari hal-hal yang berhubungan dengan hukum, seperti jual beli, ganti rugi jika ada penggusuran, dan masih banyak hal lagi.

inilah area yang akan menjadi CBDnya kerawang…the best area

Info lengkap klik disni

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa lahan yang kita beli spesifikasinya adalah untuk hunian rumah tinggal.
  • Jika kita membeli sebidang tanah entah kepada perseorangan atau developer, baik dalam bentuk kapling atau bukan, hal yang perlu kita cermati adalah kelegalan lahan itu, apakah berjenis SHGB atau SHM. Sebaiknya dalam memeriksa dokumen tersebut melibatkan beberapa aparat atau pejabat yang terkait.
  • Untuk lokasi perumahan yang sedang atau sudah dibangun periksa secara teliti AMB, PHTB, SHM/SHGB dan juga IMB nya.
  1. Fasilitas perumahan (Sarana Dan Prasarana)

Hal yang penting untuk menentukan lokasi hunian adalah terdapatnya fasilitas umum yang memadai pada lingkungan rumah kita.

  • Jalan : Akses jalan yang baik tentunya akan mempermudah aktifitas kita.
  • Saluran Drainase : Banjir, Selokan mampet yang mengakibatkan bau, adalah beberapa contoh kecil akibat buruknya saluran drainase.
  • Fasilitas air bersih, baik sumur (kualitas air tanah), mata air, atau jaringan air bersih.
  • Jaringan listrik dan telepon, biasanya ini juga mempengaruhi penerangan jalan.
  • Tersedianya fasilitas sosial dan komersial. Misal, sekolah, tempat hiburan, rumah ibadah, areal terbuka (taman atau lapangan), posko keamanan, dsb.

Menentukan lokasi rumah

  1. Prospek Perkembangan Lingkungan

Perkembangan sebuah lingkungan biasanya diindikasikan dengan perkembangan ekonomi sebuah daerah, bertambah baiknya beberapa fasilitas seperti poin di atas bisa dijadikan patokan. Indikasi lainnya adalah jika sebuah lingkungan tersebut tidak terlalu jauh dengan daerah yang sudah berkembang pesat. Karena jika sebuah daerah telah menjadi satelit bagi daerah yang sudah maju, kemungkinan dalam waktu dekat maka lingkungan itupun akan menjadi berkembang seperti daerah yang sudah berkembang tersebut. Hal ini sangat penting jika kita juga memasukan faktor investasi pada rumah kita.

  1. Antisipasi Terhadap Bencana

Semenarik apapun sebuah lokasi tetapi jika rawan terhadap bencana, pastilah tidak akan memberikan manfaat yang baik untuk kita dan keluarga kita. Memastikan sebuah lokasi memiliki keamanan terhadap potensi bencana adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Cara termudah untuk mengetahui sebuah potensi bencana pada sebuah lingkunganĀ  adalah dengan mencari informasi dari dinas tata kota.

Itulah beberapa poin yang bisa kita jadikan acuan untuk mencermati faktor lingkungan dalam membangun rumah. Dengan mencermati hal-hal tersebut akan meminimalisir beberapa kerugian yang mungkin terjadi pada diri kita.

rumah dijual di cluster crystal terrace modernland tangerang

dijual rumah di pusat kota tangerang dekat mall modernland dan tangcity

Baca juga :
Mau rumah dekat mall? klik
Apartemen dijakarta bernuansa resort dibali
Apartemen Di ancol

Tags: , , , , , ,

Related to Faktor Lingkungan Dalam Membangun Rumah