Dataran Tinggi Dieng Tempat wisata Romantis di Daerah Jawa Tengah

Post On: 9 February 2016
By:
March 9, 2018

Dataran Tinggi Dieng Tempat wisata Romantis di Daerah Jawa Tengah

     Dataran Tinggi Dieng atau sering disebut Dieng Plateau berada kurang lebih 30 km dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Terletak pada ketinggian 2000 meter dpl maka kawasan wisata ini memiliki hawa yang dingin, dengan suhu rata-rata antara 10-15 derajat Celcius. Untuk menuju ke lokasi, terdapat banyak jalan alternatif. Jika Anda datang dari kota Semarang, silakan untuk meneruskan perjalanan ke arah selatan, yaitu ke arah Ungaran, lalu Bawen, hingga Ambarawa.
Dari sini Anda meneruskan perjalanan ke Secang, Temanggung, Parakan hingga ke Wonosobo. Nah, dari sini Anda akan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam menuju Dataran Tinggi Dieng. Dan apabila Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta, silakan menuju ke arah utara yaitu menuju kota Magelang, diteruskan ke Temanggung, lalu Parakan dan akhirnya tiba di Wonosobo. Waktu yang Anda butuhkan kira-kira 3 jam. Dari sini Anda bisa langsung menuju ke Dataran Tinggi Dieng.

dieng pletaeu

     Kawasan wisata ini kurang lebih 12 spot wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi, yaitu Bukit Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Telaga Cebong, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Pendakian Gunung Prau, Dieng Plateau Theater, Batu Ratapan Angin, Gardu Pandang, dan Sumur Jalatunda yang masing-masing mempunyai pesona tersendiri. Beberapa spot bahkan sering dijadikan lokasi foto pre-wedding pasangan pengantin, maka tepatlah jika kawasan ini disebut salah satu tempat romantis di daerah Jawa Tengah.

Kota dimana para penghuni dapat mengakses fasilitas kota hanya dengan Handphone

Info lengkap klik disni

     Salah satu spot andalan di sini adalah Bukit Sikunir. Bukit ini menyuguhkan panorama alam yang menawan, salah satunya adalah keindahan sunrise. Untuk itu datanglah pada bulan Juli-Agustus di saat musim kemarau tiba yang mana sunrise akan terlihat dengan jelas. Demi menikmati keindahan sunrise umumnya para wisatawan akan menginap di beberapa tempat penginapan di sekitar area ini agar bisa datang pada pagi buta.

     Spot terkenal lainnya adalah Telaga Warna yang merupakan salah satu telaga yang ada di kawasan Dieng. Telaga ini selain indah juga tergolong unik karena warna airnya bisa berubah, terkadang merah, biru, hijau, lembayung, dan putih. Secara ilmiah perubahan warna ini dikarenakan kandungan sulfur yang terdapat pada air telaga yang diyakini bisa mengubah warna air saat terkena sinar matahari.

    dieng plateu

     Ada pula telaga lain yang letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna, yaitu Telaga Pengilon. Telaga yang satu ini tak kalah indahnya dengan Telaga Warna., namun karakternya berlainan dengan Telaga Warna. Warna air di Telaga Pengilon jernih dan tidak berubah warna seperti pada Telaga Warna. Ada lagi telaga yang cantik dan unik, yaitu Telaga Cebong yang terletak di dekat Bukit Sikunir. Karena berada di ketinggian maka telaga ini dijuluki Telaga di atas awan.

     Di telaga ini Anda bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian, sambil menyaksikan panorama telaga yang dikelilingi lahan pertanian yang subur. Di beberapa telaga inilah sering terlihat beberapa pasangan yang melakukan foto pre-wedding atau sekedar pemotretan biasa. Selain beberapa telaga yang menawan, masih terdapat beberapa spot lainnya dengan pesona dan keunikan masing-masing yang tentunya sangat menarik wisatawan untuk mengunjungi kawasan ini. Mari berkunjunglah ke Dieng Plateau dan temukan suasana indah nan romantis!

pollux technopolis kerawang

CBD kerawang coming soon

 

Baca juga :
investasi terbaik di lombok
Dijual gudang siap pakai di tangerang

Tags: , , , , ,

Related to Dataran Tinggi Dieng Tempat wisata Romantis di Daerah Jawa Tengah