Bagaimana Cara Mengaci Dan Plester Dinding

Post On: 24 April 2016
By:
April 24, 2016

Bagaimana Cara Mengaci Dan Plester Dinding

Finishing adalah bagian penting dalam pengerjaan sebuah bangunan. Tampilah yang indah dan sempurna tentunya membuat sebuah bangunan menjadi lebih bernilai. Bagian bangunan yang tergolong wajib untuk difinishing adalah dinding. Ada beberapa macam finishing untuk dinding. Tapi pada artikel kali ini kita akan membahas Bagaimana Cara Mengaci Dan Plester Dinding.

Plester dan acian adalah finishing dinding yang menghasilkan dinding dalam golongan concrete wall dengan tampilan yang rata, halus dan solid. Bahan yang digunakan untuk sistem finishing ini adalah semen (portland cement) dan pasir. Sistem finifhing ini bisa diaplikasikan untuk dinding berbahan dasar beton, batu bata merah, batako, bata ringan.

Perbedaan Mengaci Dan Plester

Plester adalah melapis dinding (beton, batu bata merah, batako, bata ringan) dengan lapisan pasir yang dicampur dengan semen. Sementara mengaci adalah melapis plester yang sudah menempel pada dinding dengan semen untuk tujuan memperhalus permukaan.

 

cara plester dinding

Cara Plester Dinding

  1. Pastikan pemasangan dinding (batu bata merah, batako, bata ringan) sudah selesai, atau jika dinding beton, pastikan kematangan beton sudah cukup.
  2. Pastikan terlebih dahulu posisi instalasi, jika ada jalur instalasi (Instalasi saluran air, Instalasi listrik, dsb).
  3. Siapkan bahan dan alat : Pasir, Semen, Air, Alat aduk dan tempat untuk mencampur pasir dan semen, Benang, Paku, Palu, Meteran, Ember, Roskam/Trowel, Jidar, Triplek, Kertas Semen.
  4. Bersihkan permukaan dinding (untuk dinding beton dan bata ringan yang permukaannya cenderung halus, buat permukaan kasar dengan membuat goresan-goresan)
  5. Siram dinding dengan air secukupnya.
  6. Buatlah panduan ketebalan dan pembatas ruang kerja dengan menggunakan benang yang dipasang secara vertikal (Pasang paku di atas dan diikat lalu pada ujung yang dibawah diberi pemberat). Jarak benang berulang setiap 1 -1,5m.
  7. Buat bahan plester dengan mencampur semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 3 – 1: 5. Pastikan campuran bebas dari kotoran atau kandungan tanah serta pastikan pencampurannya benar-benar homogen. Untuk lebih praktis juga bisa menggunakan bahan plester instan.
  8. Buat sample ketebalan atau kepala plesteran sesuai garis panduan. Ketebalan plester 1,5cm – 3cm. Biarkan sample/kepala plesteran beberapa saat sehingga lebih mengeras(disarankan, untuk pekerja yang menggunakan tangan kanan maka kepala plesteran berada di sebelah kiri dinding, untuk yang menggunakan tangan kiri, kepala plesteran berada di sebelah kanan dinding)
  9. Mulai plesteran dengan cara menempel atau melemparkan adukan bahan plesteran yang sudah kita buat ke dinding dengan sistem tumpang lapis. Bila ditemukan cekungan maka bisa dilapis lagi dengan campuran yang lebih encer. Ratakan dengan mistar kayu. Usahakan untuk memplester bagian dinding yang tidak sedang terkena matahari, karena sifat plesteran yang cepat kering.
  10. Lakukan penyiraman pada permukaan plester selama kurang lebih 7 hari, supaya penyusutan massa plesteran berlangsung bertahap dan membuat plesteran terhindar dari keretakan.

cara mengaci dinding

 

Cara Mengaci dinding

  1. Pastikan dinding benar-benar telah kering. Usia ideal plester siap untuk diaci adalah 2 – 3 minggu.
  2. Siapkan bahan dan alat : Semen (portland cement), Air, Trowel khusus untuk acian (Roskam Baja dan Kayu).
  3. Bersihkan permukaan plesteran dari kotoran, debu dan minyak.
  4. Basahi plesteran dengan air secukupnya.
  5. Campur semen dan air sehingga menghasilkan adonan yang encer namun dengan kekentalan yang cukup.
  6. Lakukan pengacian dengan cara melapiskan semen yang sudah dicampur air dengan roskam baja, dan berikan tekanan agar merekat sempurna. Lakukan sampai mencapai lebar tertentu, lalu ratakan dengan roskam kayu dengan gerakan melingkar.
  7. Ketebalan acian yang baik adalah 1mm – 3mm
  8. Perhalus permukaan acian dengan cara menggosok permukaan acian dengan roskam baja searah.
  9. Lakukan pekerjaan sampai selesai pada tiap bidang dinding agar tidak menampilkan sambungan.

 

Demikian Bagaimana Cara Mengaci Dan Plester Dinding, semoga uraian singkat tersebut diatas dapat bermanfaat

 

amarsvati condotel


Baca juga :
cara mengatasi dinding retak rambut
Penyebab cat tembok mengelupas

Tags: , , , , , ,

Related to Bagaimana Cara Mengaci Dan Plester Dinding