Air Terjun Indo Ranuang Tempat Wisata Romantis di Daerah Sulawesi Barat

Post On: 25 February 2016
By:
December 7, 2016

Air Terjun Indo Ranuang Tempat Wisata Romantis di Daerah Sulawesi Barat

Provinsi Sulawesi Barat memiliki banyak potensi wisata alam yang cukup menjanjikan. Selain pantai yang indah, terdapat sebuah obyek wisata alam yang sangat memikat hati, yaitu Air Terjun Indo Ranuang. Mata air dari air terjun ini bersumber dari pegunungan dan mengalir ke Sungai Limbong Sitodo. Jadi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi selain bisa menikmati keindahan air terjun juga bisa bertualang menyusuri sungai.

Tempat Romantis romantis di Sulawesi Barat
Air terjun yang merupakan salah satu tempat wisata romantis di daerah Sulawesi Barat ini berlokasi di Desa Kunyi, Kecamatan Areapi, Kabupaten Polewali Mandar. Akses menuju ke lokasi agak sulit karena tidak ada kendaraan umum yang menuju ke sana dan juga tidak ada penunjuk arah. Jadi sebaiknya Anda menyewa mobil di Poliwali. Dari Polewali Anda menempuh perjalanan sekitar 8 km menuju Kantor Desa Kunyi di Polewali. Selanjutnya untuk menuju ke lokasi ajaklah penduduk Desa Kunyi untuk memandu perjalanan Anda.

Pertama, Anda akan menuju ke Sungai Limbong Sitodo. Perjalanan seru pun dimulai dari sini. Bertualang menyusuri sungai yang masih sangat alami di tengah alam nan indah di mana di sekitar sungai banyak tumbuh beraneka ragam pepohonan. Anda akan melalui Desa Mandar dan berkunjung ke desa tradisional yang masih memegang tradisi adatnya, antara lain seni budaya dan keberadaan rumah-rumah panggungnya. Desa ini juga kaya dengan sumber daya tumbuhan terutama sayuran, buah-buahan, dan pohon kakao. Melihat suasana asri di desa tersebut terasa ingin tinggal lebih lama namun perjalanan harus terus dilanjutkan hingga ke bagian hulu sungai, yaitu ke Air Terjun Indo Ranuang.

Air terjun Indo Ranuang
Saat tiba di lokasi, Anda bisa melihat keindahan Air Terjun Indo Ranuang yang begitu memukau. Air terjun tersebut bersusun-susun dengan ketinggian yang bervariasi, antara 10 m, 40 m hingga 100 m. Melihat jernihnya air sebagian besar pengunjung selalu ingin menceburkan diri untuk mandi atau sekedar bermain air saja. Kesejukan air pegunungan pun segera membasahi sekujur tubuh dan menyusup hingga ke tulang.
Apabila ingin merasakan sensasi yang lebih indah dan romantis, Anda bisa mencoba untuk naik ke atas. Pemandangan dari atas akan jauh lebih indah di mana Anda bisa menyaksikan panorama persawahan hijau yang menghampar luas serta deretan bukit yang subur di kejauhan. Selain itu Anda juga akan melihat pemandangan Kota Poliwali dan Teluk Mandar.

Apabila Anda memiliki hobi fotografi, Anda bisa mengambil momen-momen indah nan romantis dari petualangan Anda kali ini. Bertualang menyusuri Sungai Limbong Sitodo menuju Air Terjun Indo Ranuang benar-benar merupakan perjalanan wisata yang seru dan mengasyikkan!
Penginapan terdekat ada di Kota Polewali. Namun belum ada penginapan berbintang di kota ini. Hotel Melati di jalan Ahmad Yani Poros dan Hotel Bumi Raya bisa menjadi acuan Anda saat mencari hotel.

Baca juga :
Pasif Income Di bekasi
Gudang murah di dadap
rumah dijual Modernland tangerang

Tags: , , , , ,

Related to Air Terjun Indo Ranuang Tempat Wisata Romantis di Daerah Sulawesi Barat